NEO TGF 0712 TRAINER

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

Post Reply
User avatar
joko
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 942
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

iwan21 wrote:Loh kok posisi motor jadi berubah om ?, di gambar sebelumnya motor dibawah dan masuk ke nose cowl , kalo yg ini motor ada diluar ?, apa supaya dapet pendinginan udara gitu ??? :-k ..atau nose gear kependekan buat prop jadi motor dibalik gitu ??? :-k


Yang di maksud Suhu Iwan foto ini...


Image

saya pikir ini yang disebut Ilusi optic....jangankan P Iwan yg melihat melalui foto,...saya sendiri kecolongan...saya pikir motor bakal tenggelam di dalam cowling, gak taunya setelah dipasang front top cover dia nongol sekian milimeter...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Oh iya ya....terlalu serius sampe kena illusi optik he heh ehe..trims atas penjelasannya..
User avatar
Redblur
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4324
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

wah keren...
andai aku bisa buat ini whekekek..........
User avatar
joko
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 942
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

Image

Plane komplit siap untuk terbang....

Spesifikasi:

Fuselage: 70 cm
Wing Span : 115 cm
Berat total : 610 gram
Motor GWS S 400 with gear box Type D
Propeler : 10 x 80
Batt : NimH 7 cell 1000mAH
User avatar
joko
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 942
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

Skenarionya performa terbangnya akan dikomparasi dg sayap K/F, dg model takik diatas dg luas area sayap yg sama, chord 21 cm dan span 115 cm, dihedral 5 derajat...

Image

Image
User avatar
joko
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 942
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

FLIGHT REPORT


Hari minggu kemarin maiden flight terbang solo,.....

1. Sayap K/F

Yg pertama di Maiden kan adalah sayap K/F (berat 60gr) di bandingkan sayap konvensional flat bottom (warna biru) yg beratnya 2 x lipatnya /120 gr. Hand launch pswt susah nanjak,....namun sempet landing darurat dg selamat...berkali-kali sampai 4 kali...saya pikir ini dikarenakan batere kurang charging time nya....

2. Sayap flat bottom

Dg penuh keraguan saya lepas sayap K/F dan diganti dg sayap flat bottom,...coba saya terbangkan pswt,...hand launch...pelan tapi pasti Pesawat nanjak ........OYE !!! \:D/ \:D/ terbang berputar-putar,...sambil berpikir, lho kok bisa? dg power batere yg sudah berkurang (dipaki percobaaan pertama utk sayap K/F) malah lebih enakan sayap ini (flat bottom) beratnya padahal gak ketulungan...

Image


REPORT:

1. Flight duration : 17 minutes
2. Trottle optimum: 2/3 trottle

Note : mohon maaf, foto diatas terlalu kecil untuk diamati, karena maklum aja,...saya foto sendiri itu pswtnya dalam posisi Hand Off,..jadi gak berani low pass pada saat eksposi...
susahnya terbang solo,....gak ada yg bisa motretin... #-o #-o

Kesimpulan :
1. Mungkinkan sayap K/F dg takik diatas itu kecil daya angkatnya?
2. Sayap flat bottom yg saya desain memang type airfoil punya Punuk yg gak lazim (gede banget !!),...mungkinkah daya angkatnya semakin besar...

Mohon komentarnya dari para suhu...

Trims.
User avatar
joko
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 942
Joined: 24 Jan 2007, 12:52
Location: Depok

Post by joko »

REVIEW LANJUTAN :

1. WASH OUT

Kali ini saya akan membahas fenomena tip stall, yg akan diantisipasi dg diberikannya wash out di tip trailling edge sayap,...

Image


Hasilnya cukup menggembirakan dibandingkan performa terbang TGF seri sebelumnya yg tdk diberikan "wash Out",...
Pada saat motor cut off, pswt gliding dg baik,..tdk terlalu dive secara radikal (menukik tajam)...

PS: TGF Seri III ini saya dedikasikan untuk Suhu Darwin dan Suhu Iwan atas idenya yg cemerlang dg mengaplikasikan "The Magnifico Impra board 3 mm" untuk tulangan fuselage TGF 0712....


2. MOTOR MOUNT

Desain motor mount terbaru yg saya aplikasikan buat TGF seri III ini, adalah yg terbaik yg pernah saya buat...hal ini saya buktikan setelah maiden flight minggu kemarin, saya pulang ke rumah membawa pesawat dalam keadaan utuh terutama area nose-nya....he...he...he.. \:D/ \:D/ \:D/

Bukannya pilotnya yg jago,...4 kali take off 4 kali landing,..semuanya tidak ada yg sempurna landingnya...nyungsep pohon singkong 2 kali,...
tanah 2 kali , dg sudut kurang lebih 30 dan 60 derajat,....nose-nya gak masalah sama sekali...


Sekian reviewnya.....terima kasih...
User avatar
Redblur
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 4324
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

WAH..
kapan2 buatin dong hehe
User avatar
nedi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1163
Joined: 30 Mar 2007, 17:51
Location: Cibinong, BOGOR
Contact:

Post by nedi »

wah sukses ya om joko.............

kapan nerbangin lagi....... nanti saya temani.....

kebetulan lokasi om joko dekat dengan saya.
User avatar
ajo.naim
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 372
Joined: 07 Mar 2007, 13:58
Location: Palembang / Pekanbaru
Contact:

Post by ajo.naim »

Om Joko,
Wash out itu dibagian mana ya ?
Kalau yg seperti rib untuk penutup ujung wing disebut apa?
Post Reply

Return to “Foamy”