Page 3 of 7
Posted: 07 May 2007, 15:29
by joko
iwan21 wrote:Loh kok posisi motor jadi berubah om ?, di gambar sebelumnya motor dibawah dan masuk ke nose cowl , kalo yg ini motor ada diluar ?, apa supaya dapet pendinginan udara gitu ???

..atau nose gear kependekan buat prop jadi motor dibalik gitu ???

Yang di maksud Suhu Iwan foto ini...
saya pikir ini yang disebut Ilusi optic....jangankan P Iwan yg melihat melalui foto,...saya sendiri kecolongan...saya pikir motor bakal tenggelam di dalam cowling, gak taunya setelah dipasang front top cover dia nongol sekian milimeter...
Posted: 07 May 2007, 15:33
by iwan21
Oh iya ya....terlalu serius sampe kena illusi optik he heh ehe..trims atas penjelasannya..
Posted: 07 May 2007, 15:39
by Redblur
wah keren...
andai aku bisa buat ini whekekek..........
Posted: 07 May 2007, 16:27
by joko
Plane komplit siap untuk terbang....
Spesifikasi:
Fuselage: 70 cm
Wing Span : 115 cm
Berat total : 610 gram
Motor GWS S 400 with gear box Type D
Propeler : 10 x 80
Batt : NimH 7 cell 1000mAH
Posted: 07 May 2007, 16:32
by joko
Skenarionya performa terbangnya akan dikomparasi dg sayap K/F, dg model takik diatas dg luas area sayap yg sama, chord 21 cm dan span 115 cm, dihedral 5 derajat...

Posted: 07 May 2007, 16:48
by joko
FLIGHT REPORT
Hari minggu kemarin maiden flight terbang solo,.....
1. Sayap K/F
Yg pertama di Maiden kan adalah sayap K/F (berat 60gr) di bandingkan sayap konvensional flat bottom (warna biru) yg beratnya 2 x lipatnya /120 gr. Hand launch pswt susah nanjak,....namun sempet landing darurat dg selamat...berkali-kali sampai 4 kali...saya pikir ini dikarenakan batere kurang charging time nya....
2. Sayap flat bottom
Dg penuh keraguan saya lepas sayap K/F dan diganti dg sayap flat bottom,...coba saya terbangkan pswt,...hand launch...pelan tapi pasti Pesawat nanjak ........OYE !!!

terbang berputar-putar,...sambil berpikir, lho kok bisa? dg power batere yg sudah berkurang (dipaki percobaaan pertama utk sayap K/F) malah lebih enakan sayap ini (flat bottom) beratnya padahal gak ketulungan...
REPORT:
1. Flight duration : 17 minutes
2. Trottle optimum: 2/3 trottle
Note : mohon maaf, foto diatas terlalu kecil untuk diamati, karena maklum aja,...saya foto sendiri itu pswtnya dalam posisi Hand Off,..jadi gak berani low pass pada saat eksposi...
susahnya terbang solo,....gak ada yg bisa motretin...
Kesimpulan :
1. Mungkinkan sayap K/F dg takik diatas itu kecil daya angkatnya?
2. Sayap flat bottom yg saya desain memang type airfoil punya Punuk yg gak lazim (gede banget !!),...mungkinkah daya angkatnya semakin besar...
Mohon komentarnya dari para suhu...
Trims.
Posted: 08 May 2007, 12:07
by joko
REVIEW LANJUTAN :
1. WASH OUT
Kali ini saya akan membahas fenomena tip stall, yg akan diantisipasi dg diberikannya wash out di tip trailling edge sayap,...
Hasilnya cukup menggembirakan dibandingkan performa terbang TGF seri sebelumnya yg tdk diberikan "wash Out",...
Pada saat motor cut off, pswt gliding dg baik,..tdk terlalu dive secara radikal (menukik tajam)...
PS: TGF Seri III ini saya dedikasikan untuk Suhu Darwin dan Suhu Iwan atas idenya yg cemerlang dg mengaplikasikan "The Magnifico Impra board 3 mm" untuk tulangan fuselage TGF 0712....
2. MOTOR MOUNT
Desain motor mount terbaru yg saya aplikasikan buat TGF seri III ini, adalah yg terbaik yg pernah saya buat...hal ini saya buktikan setelah maiden flight minggu kemarin, saya pulang ke rumah membawa pesawat dalam keadaan utuh terutama area nose-nya....he...he...he..
Bukannya pilotnya yg jago,...4 kali take off 4 kali landing,..semuanya tidak ada yg sempurna landingnya...nyungsep pohon singkong 2 kali,...
tanah 2 kali , dg sudut kurang lebih 30 dan 60 derajat,....nose-nya gak masalah sama sekali...
Sekian reviewnya.....terima kasih...
Posted: 08 May 2007, 12:56
by Redblur
WAH..
kapan2 buatin dong hehe
Posted: 08 May 2007, 14:37
by nedi
wah sukses ya om joko.............
kapan nerbangin lagi....... nanti saya temani.....
kebetulan lokasi om joko dekat dengan saya.
Posted: 08 May 2007, 16:30
by ajo.naim
Om Joko,
Wash out itu dibagian mana ya ?
Kalau yg seperti rib untuk penutup ujung wing disebut apa?