Lapangan Pusat Pelatihan Multifungsi Polri *Cikeas-Bogor*

Moderators: dedy_r450, fajar, nedi

Post Reply
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

om fajarrrrr.....................,jangan di terbangin dulu itu sayap..., arah 'flute'nya salah, harusnya dari tip to tip , ndak dari LE to TE....,ntar bisa folding tuh sayap.......
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

NF wrote:om fajarrrrr.....................,jangan di terbangin dulu itu sayap..., arah 'flute'nya salah, harusnya dari tip to tip , ndak dari LE to TE....,ntar bisa folding tuh sayap.......


Betul kata pakde N/F....kalo coro engak bisa pake metode folded gitu om Fajar (ini hanya berlaku utk bahan polyfoam doang om) ,kalo pake coro mestinya sisi bawah searah span/spanwise, sisi atas chordwise arah flutenya..baru oke bin kuat...
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1796
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Post by beta_james »

Maaf Om Rodji dan Pak Dhe.........." Betul kata pakde N/F....kalo coro engak bisa pake metode folded gitu om Fajar (ini hanya berlaku utk bahan polyfoam doang om) ,kalo pake coro mestinya sisi bawah searah span/spanwise, sisi atas chordwise arah flutenya..baru oke bin kuat..." maksudnya begimana Om dan Pak Dhe saya kurang jelas........

Mohon pencerahannya yach..............Makasih...............
User avatar
eidri
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1580
Joined: 16 Apr 2007, 21:32
Location: Mt.Kiara - Kuala Lumpur
Contact:

Post by eidri »

mungkin maksudny kalo diliat dari atas, bagian atas fluteny horizontal sedangkan bagian bawah arah fluteny vertikal....kali....hehehe....logikany seh gt...biar gak gpg nglipet...hehehe...
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

NF wrote:om fajarrrrr.....................,jangan di terbangin dulu itu sayap..., arah 'flute'nya salah, harusnya dari tip to tip , ndak dari LE to TE....,ntar bisa folding tuh sayap.......



ampooonn.... beribu-ribu ampooonn.... mbah suhu pak D.... kan sayap nya udah siap mbah, biar aja diterbangin ama om Fajar sekalian buat experiment.... kalau saya lihat sayapnya oke banget tuh bentuknya perfect .... lagian kalau bikin yang baru berdasarkan arah flutenya... cape deeee...... hehehe

kalau di WD jadi liar ya... wajar om dehidralnya dikit trus airfoilnya simetris lagi... rudernya nggak sanggup karena wing berat dan tidak punya aileron...

Tapi jurus spadtodebone, menghalalkan metoda om Fajar ini... (kelemahan cuman aileronnya nggak ada, kayaknya lupa bikin udah sempat dilem semua... :lmao: )

Jadi kalau saya sih akan mencoba ekperiment dulu.... kalau gagal, saya akan tambahin aileronnya, kalau gagal lagi... baru bikin sayap baru....
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1468
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Tanjung Balai Karimun, Kepri.

Post by fajar »

NF wrote:om fajarrrrr.....................,jangan di terbangin dulu itu sayap..., arah 'flute'nya salah, harusnya dari tip to tip , ndak dari LE to TE....,ntar bisa folding tuh sayap.......


:ack: :ack: :ack: :ack: :ack:

waaah gmana doonk oom nf?? mana saya baru buat sayap serupa lagi neech cuman lebih kecil.... tapi koq pas aku lihat di thread coroplast ala SPAD kalo dilihat alur flutenya dah sesuai tuuch oom.... untuk aileron memang sengaja belum aku pasang koq liat dulu karakteristik terbangnya.....

semalam aku dah buat lagi tapi bingung konsepnya bronco atau pesawat biasa yaaa?? ada yang bisa kasih masukan dan saran???

sekalian mau nanya nich kalo sayap dah beres dibikin perlu ditimbang gak??? (sorry pertanyaan newbie)

Image

Image

Image

perbandingan dengan sayap yang sebelumnya

Image

_________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
User avatar
NF
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 7145
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

kalo gicu............., mhh..., oke dah , daripada mubazir....test saja dulu lah, tapi jangan buat aerobatik yang berat (loop,inverted,roll,spin ?) takutnya kalo ngejatuhin penonton saja, keep safe lah....
btw ,om fajar sudah mulai nyandu buat sendiri nih..............racunnya pasti sudah cocok....hahahaha
User avatar
fajar
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1468
Joined: 01 Feb 2008, 19:26
Location: Tanjung Balai Karimun, Kepri.

Post by fajar »

NF wrote:kalo gicu............., mhh..., oke dah , daripada mubazir....test saja dulu lah, tapi jangan buat aerobatik yang berat (loop,inverted,roll,spin ?) takutnya kalo ngejatuhin penonton saja, keep safe lah....
btw ,om fajar sudah mulai nyandu buat sendiri nih..............racunnya pasti sudah cocok....hahahaha


itu semua juga khan karena oom nf yang selalu membuat racun itu semakin mendarah daging dengan "kiriman-kirimannnya" hehehehe makasih ya oom NF

_________________
*memang dunia aeromodelling adalah dunia yang penuh racun dan candu sehingga menimbulkan efek "nagih" bagi para penggemarnya
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 13591
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

beta_james wrote:Maaf Om Rodji dan Pak Dhe.........." Betul kata pakde N/F....kalo coro engak bisa pake metode folded gitu om Fajar (ini hanya berlaku utk bahan polyfoam doang om) ,kalo pake coro mestinya sisi bawah searah span/spanwise, sisi atas chordwise arah flutenya..baru oke bin kuat..." maksudnya begimana Om dan Pak Dhe saya kurang jelas........

Mohon pencerahannya yach..............Makasih...............


Begini om B/J maksudnya :

Image
User avatar
MrDoms
Captain
Captain
Posts: 3196
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

lengkap dengan gambarnya.... mantap suhu...

semoga maidennya sukses... sayap dah dua... tinggal melakukan eksperiment berikut dobel wing... ala AA
Post Reply

Return to “CIBINONG - SENTUL - CIKEAS - BOGOR”