engine 15 atau 25

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

paskal
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 76
Joined: 24 Jan 2007, 08:29
Location: jakarta selatan

Post by paskal »

Selamat pagi rekan2

terima kasih atas saran dan tanggapan dari mas Tommy :)
Eng OS 25 mas Tommy utk pesawat apa ?

Masih kurang 4 pertanyaan lagi neh... Mohon bantuannya dari para suhu2 utk membagkan pengalamanya :)

Terima kasih
User avatar
tomee
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 149
Joined: 23 Jan 2007, 16:40
Location: jakarta
Contact:

Post by tomee »

saya pake pesawat trainer...
maennya dimana om paskal? di JKT kan banyak tempat ngumpul pilot2 (cibubur, halim, alam sutera)...disitu pasti semua pertanyaannya bisa dijawab sekalian dipraktekin....
paskal
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 76
Joined: 24 Jan 2007, 08:29
Location: jakarta selatan

Post by paskal »

Mas Tomee maen nya dimana ?
Pesawat trainer nya bikin sendiri or beli ARF ?
If saya mau maen di cibubur, halim, or alam sutera apakah harus jadi member dulu ?

Thanks
User avatar
scratcher
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 309
Joined: 22 Jan 2007, 13:15
Location: Banten

Post by scratcher »

paskal wrote:Selamat sore om dan bapak semuanya

saya baru beli eng 25, saya perlu nasehat dari rekan2 sekalian
Ada beberapa pertanyaan mengenai hal ini, karena saya baru mau mulai dgn eng
1. Utk menyalakan eng ini apakah perlu starter elektrik ? Jika pakai tangan bisa egk ?
2. Saya dengar ada juga untuk menghidupkan eng dgn chiken stick. Itu apa seh ?
3. Pemanas busi saya punya utk rc boil bisa dipakai utk eng pesawat egk ?
4. Cara break in eng 25 bagaimana caranya ?
5. Bahan bakar utk eng 25 saat break in berapa dan saat terbang berapa % kadar nitro ya ?
6. apakah bisa Dengan eng 25 ini bisa angkat pesawat 1,5 kg - 2 kg ?
7. Jika menyalakan eng pakai stater elektrik apakah perlu beli spinner baling ?

Terima kasih :)


COba ya tak kasih masukan....
1. kalau engine baru apalagi masih pemula, sebaiknya pakai starter elektrik, biar ndak keringetan dan jari pedes, bahkan bisa tersayat propeler kalau ndak di amplas sisinya atau pakai kaos tangan...
starter cara manual untuk engine yg susah hidup juga bikin tekor batre.
2. kayak tongkat estafet, buat gantinya jari anda saat muter propeler waktu starter...
3. selama pakai cell/batre 1.2V, bisa..
4. Kalau beli baru, ikuti manualnya. kalau engine bekas,...ada nggak ya break in engine bekas...?
5. usahakan kalau pakai nitro konsisten, baik saat break in maupun normal running. Engine baru ndak usah pakai nitropun oke...
6. tergantung wing loading pswt tsb. untuk kelas 0.25 jenis trainer sepertinya berat segitu ndak masalah.
7. Paling enak emang pakai spinner, tapi spt yg dibilang Mas Tomee pun oye...

mudah2an membantu....
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Om Paskal kalo pesawat dah jadi gimana kalo minggu ini kita janjian ke Cibubur atau Alam Sutera barengan ?, Setau saya kalau masih pemula gak perlu jadi anggota dulu, main ya main ajah,..ntar kalo dah konsisten main di satu tempat, baru daftar jadi member,
Saya rasa pengurus Field setempat juga gak keberatan kalau cuma sekali dua kali kita terbang.

Kalau Deal kontek saya pak yach di : 081585064508

thanks...
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

O iya kalau mau starter dan break in engine, bisa dibuat pakai Bor Listrik pak, tinggal tempel karet di depannya, kalau gak mau susah, kerumah ajah sambil liat cara modif Bor Listrik jadi Starter ...
User avatar
Ratno
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 238
Joined: 18 Jan 2007, 18:31
Location: Bekasi - utara

Post by Ratno »

Abi Ghiffa wrote:O iya kalau mau starter dan break in engine, bisa dibuat pakai Bor Listrik pak, tinggal tempel karet di depannya, kalau gak mau susah, kerumah ajah sambil liat cara modif Bor Listrik jadi Starter ...


sy mau dong... Mas Abi bapak nya Ghiffa. modifnya...
sy lagi pingin juga nih... buat stater dari bor..... tapi klo lagi di pinggir sawah ,gimana..???? pan gak ada pln.truss yang ditempel karet apanya mas ?
selama ini sy pake stater tarik .. kaya mesin steam mobil.....kadang klo mesin lagi ngadat....tangan jadi pegel dan pegang remote jadi gemeterrrr..........
User avatar
seasickers
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 183
Joined: 23 Jan 2007, 13:50
Location: Semarang
Contact:

Post by seasickers »

Ratno wrote:... buat stater dari bor..... tapi klo lagi di pinggir
sawah ,gimana..???? pan gak ada pln.truss yang ditempel karet apanya mas ?
selama ini sy pake stater tarik .. kaya mesin steam mobil.....kadang klo mesin lagi ngadat....tangan jadi pegel dan pegang remote jadi g
emeterrrr..........


p
ake bor yang cordless om, kan gak pake kabel tapi pake batere....
tapi kalo di itung investasinya mendingan buat beli starter aja
langsung harganya hampir sama kok, tapi dah ketahuan gak pake modif-modifan lagi.
sy dulu jg mau buat dr bor listrik, tapi disaranin ama pakdhe nightfox begitu jdnya milih starter asli (ya iya lah orang malah dikasih ama pakdhe, dianter ke rumah lagi.....makasih pakdhe Nightfox).
coba om bandingin harga cordless drill merk menegah macam kenmaster ama glow starter di web hobby, kan tau bedanya.... ya gak?
paskal
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 76
Joined: 24 Jan 2007, 08:29
Location: jakarta selatan

Post by paskal »

Terima kasih atas masukan dari rekan2 semuanya

Ok Jika Sabtu or minggu tgl 5 or 6 Mei'07 aku cotact Pak Abi utk ke cibubur or alam sutera.

Oh iya rumah pak abi kan dekat saya kan.
Saya boleh mampir ke rumah pak Abi egk ? If boleh Alamatnya dong Pak.

Thanks
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Saya ada kasih nomer HP di atas tuch pak,.. kontek ajah ntar alamatnya japri saja.

Saya tunggu ya Om.
Post Reply

Return to “Engine”