Page 4 of 7

Posted: 26 Jul 2007, 00:58
by scoobyd00
saya juga pertama maen wd suka grogi karena ditonton orang banyak dan desing/bunyi full throttle yg bikin deg2an.... tapi lama2 bisa kok diajarin suhu2 disini.. kalo handlaunch tarik elevator maksimum sebentar aja (buat ngangkat), lupa dikurangin bisa2 loop.. koreksi sudut elevasi climbing (jng terlalu ekstreem).. belok juga sedikit aja mainin ruder, trus kalo dah lurus keposisi normal lagi (kayak nyetir mobil).. tujuan pertama: cari ketinggian dulu (full throttle jng lama2, batere cut off..). biasanya 2 menit sudah cukup tinggi kalo sudut climbing bagus dan full throttle.. selamat menikmati..

Posted: 26 Jul 2007, 10:11
by joko
Gito wrote:untuk para sesuhu yang di bandung yang bisa ngajarin dimana yahhh.... susah juga belajar otodidak abizzzzzz..... tapi jangan yang jauh2, kalo deket pasti saya datengin deh buwat minta ajarin terbang........ sekaliiiiiiii aja..... pengen liat WD ku bisa terbang ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,) ](*,)


Kayaknya kata saya sih, penyebabnya mungkin di motor brushed-nya...
Menurut Om Iwan, biasanya kalau motor brushed yg masih baru biasanya musti di intreyen dulu, karena masih belum sempurna performanya,..alhasil torsi yg dihasilkannyapun tidak maksimal,...kata beliau motor brushed yg baru musti di "breaking-in" juga kaya engine baru....kalau gak salah pake di ceburin di air segala sambil di running... betul begitu Om Iwan...???

Posted: 26 Jul 2007, 12:14
by NF
yup om joko, motor saya dulu juga di inreyen dlm air tapi pake air untuk isi aki (bukan yang zuur) dan voltnya pake yang rendah, asal motor putar stabil

Posted: 26 Jul 2007, 12:48
by iwan21
joko wrote:Kayaknya kata saya sih, penyebabnya mungkin di motor brushed-nya...
Menurut Om Iwan, biasanya kalau motor brushed yg masih baru biasanya musti di intreyen dulu, karena masih belum sempurna performanya,..alhasil torsi yg dihasilkannyapun tidak maksimal,...kata beliau motor brushed yg baru musti di "breaking-in" juga kaya engine baru....kalau gak salah pake di ceburin di air segala sambil di running... betul begitu Om Iwan...???



Sebebenernya tujuan inreyen dalem air ini supaya kedudukan sikat arang terhadap ring komutator jadi pas/melengkung sesuai bentuk komutator, gitu aja. Kalo udah duduknya pas kan arus yg ngalir ke rotor jadi maksimal, otomatis enggak ada rugi2 akibat loss contack di sikat arangnya/enggak panas.Muternya juga pake batere biasa/alkalin satu biji (1,5V) dah cukup yg penting muter.
Bisa juga sih saat baru dirun sbentar terus disemprot pake contact cleaner, tujuannya tetep sama agar kedudukan carbon brush terhadap commutator pas.

Posted: 26 Jul 2007, 15:32
by Redblur
coba di test power dulu

apoa kuat dorong motor nya????

Posted: 26 Jul 2007, 16:10
by bayukaze
Jd pingin nimbrung.
di Bandung kan enak? ada BA. dll.

coba cek dulu, radionya apa bisa merespon dengan baik pada jarak minimal 20 meter tanpa memanjangkan antena Tx (rasanya ini salah satu syarat safety). mainkan elevator&ruddernya apakah bisa merespon dengan proportional. WD saya dulu sering jatuh tiba2 ternyata karena Rx-nya tidak merespon ](*,) , setelah saya ganti pake radio Esky (pinjam HoneyBee) terbangnya jadi enak. bisa inverted pertama kali setelah ganti radio \:D/


mr.inkidz, yang rusak apa saja, seberapa parah?
skdr curhat nih.. fisik WD bisa di benerin semua kok (kecuali part elektriknya)
MainWing bisa disatukan pake lem gabus utk dekor, cukup kuat biarpun patah jadi 2 atau tiga.
FIN&STABILISER bisa dibikin pakai FOAMBOARD (ada di gramedia, berbagai warna), hinge-nya pake selotape/lakban bening
DUDUKAN SERVO (paling sering monyong kalau crash) bisa diakalin.
GEAR bisa di ganti dengan karet alas sepatu yang tebal, di toko karpet dia punya nickname: Spon ati / spon hati.

Untuk mencoba kekuatan angkat dan dorongan pesawat, saya punya pengalaman: pegang WD dalam posisi full throttle lalu coba di coba angkat-lepas, kalau dia pingin lepas dari tangan berarti cukup dorongan, cukup bisa terbang.
untuk melatih "feeling" tangan, coba tips ini: minta tolong teman naik motor kecepatan maks 10meter/detik (kecepatan optimum WD di FMS) atau sekitar 36 km/jam, trus kita duduk diboncengan sambil pegang WD off, dengan hati2 kita coba lepas-tangkap WD keatas, nah itulah ambang thrust-liftnya (menurut saya). hati2 nyobanya motornya pelan2 dulu, jangan sampai WD terbang beneran, kalau sampai dipungut pemulung kan berabe [-X

oia, kalau WING masih utuh, sebaiknya dilindungi pakai lakban bening biar lebih awet.

Posted: 26 Jul 2007, 16:17
by bayukaze
pegangnya WD dengan posisi tangan seolah2mau handlaunched.

Posted: 26 Jul 2007, 17:08
by Redblur
Cek CG deh

nanti nose heavy lagi

cara ngitung nya
semua di taruh ke tempatnya(batre juga)

pegang di tengah2 sayap(kiri kanan)
itu body miring depan ato blkng?

Posted: 26 Jul 2007, 23:19
by inkidz
ok pak bayu nanti saya coba benerin sendiri, saya mau skalian bl part heli di jkt, mknya skalian mau bl tail wing wd, maksih ats saran nya..,


@blur
saya mau cb pk lipo ah, biar ga terlalu nose heavy lg,walau dinamo sm esc msh std, mau buktiin jebol ato nga..
hehehe...

Posted: 27 Jul 2007, 07:37
by jedx
inkidz wrote:ok pak bayu nanti saya coba benerin sendiri, saya mau skalian bl part heli di jkt, mknya skalian mau bl tail wing wd, maksih ats saran nya..,


@blur
saya mau cb pk lipo ah, biar ga terlalu nose heavy lg,walau dinamo sm esc msh std, mau buktiin jebol ato nga..
hehehe...


kalo lipo 3S dengan yang lain2nya standard, kayaknya bakalan jebol deh.. hiks hiks.. tapi kalo mo nyoba juga gapapa...