Cara Discharge Battery

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Kalau di menu discharge ada petunjuk "volt" apakah itu menunjukkan voltase persel atau voltase keseluruhan seumpama kita discharge 8 sel nicd. Kalau memang itu dihitung persel berarti kita harus set 8 volt untuk 8 sel nicd/nimh.

Berapa ampere yang dibutuhkan untuk discharge, featurenya antara 0,1 sampai 1,0A
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Kalau saya biasanya Lipo langsung charge aja...
kalau nicd / nimh batt untuk TX & RX, biasanya nunggu sampe abis baru charge ulang, kalau masih belum habis, untuk meyakinkan isi lagi aja tanpa discharge... memang sih di nicd & nimh bisa menimbulkan memory effect, tapi harganya juga ga terlalu mahal... malah terakhir2 untuk batt RX saya lebih suka pake alkaline, utk pesawat bisa tahan lama... setelah low batt langsung buang ganti baru, lebih terjamin...
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Klo saya biasanya discharge batt NiMH SANYO 2700mah pake alat utk discharge yg biasa dipake tamiya. Lumayan buat yg chargernya gak ada fasilitas utk discharge. Harganya juga murah yg biasa sekira 40rban, klo yg merk TAMIYA 95rb.
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Franky wrote:Kalau saya biasanya Lipo langsung charge aja...
kalau nicd / nimh batt untuk TX & RX, biasanya nunggu sampe abis baru charge ulang, kalau masih belum habis, untuk meyakinkan isi lagi aja tanpa discharge... memang sih di nicd & nimh bisa menimbulkan memory effect, tapi harganya juga ga terlalu mahal...


Ya itulah yang bikin bat nicd atau nimh cepet berkurang powernya... bukan hitungan murah atau tidaknya harga nicd/nimh tapi lebih untuk menstabilkan daya tahan battery yang kita punya... soalnya alirannya menganut minimalis realistis, sangat disayangkan battery bawaan TX ikut aus

Apakah memang Nicd/Nimh tidak bisa menyimpan tenaga untuk waktu yang agak lama, misal saya sudah full charge hari selasa... hari sabtu dipake... eehhh... ternyata battery langsung drop, beda dg lipo full charge dibiarkan dalam waktu seminggu masih g berkurang... apakah batteeryku yang kondisinya dah tidak sehat ? dan gimanakah untuk memaintenance nya...
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

sevenslidegrills wrote:Klo saya biasanya discharge batt NiMH SANYO 2700mah pake alat utk discharge yg biasa dipake tamiya. Lumayan buat yg chargernya gak ada fasilitas utk discharge. Harganya juga murah yg biasa sekira 40rban, klo yg merk TAMIYA 95rb.


Wah beli dimana ya kok bisa murah gitu... trus bisa discharge sampe berapa sell maksimalnya
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

iya sih lebih baik kalo dijalankan prosedur charge n discharge, walaupun chargernya ada fasilitas itu, kadang suka males aja... ](*,) Nicd / Nimh yg udah ga bisa simpan tenaga itu mungkin udah rusak mas, punya saya nicd dan nimh biasa di charge pada hari biasa, weekend dibawa ke lap masih ok... tapi pernah mengalami juga yg tiba2 drop ditinggal 2-3 hari, padahal sama sekali belum digunakan...
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Makanya saya pingin bertanya kepada para ahli dan suhu disini... masalahnya sabtu kemarin saya mengalami masalah di heli engine saya, tapi untungnya para senior2 di magic sby langsung sigap membantu...

nicd rx saya full charge hari selasa... malam sabtunya dicek masih 5,0volt asumsi saya arus segitu pasti masih sangat layak untuk terbang... esoknya heli di start setelah posisi stik throtle diposisi tengah (mesin sudah mengerang keras tp blm lift)... eh tiba2 heli nggak bs dikontrol alias tx nggak hubungan dg rx #-o #-o mau mematikan nggak berani, blade muter kenceng... takut. akhirnya senior sigap dg rescuenya... ternyata setelah dicek battery habis, untung blm posisi terbang... bener kondisi battery jangan disepelekan deh, hikmah banget... lebih bagus memang melakukan charge sebelum flight, betul seperti itu nggak ya prosedurnya...? tolong pencerahannya suhu2 [-o< [-o<
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Waduh ngeri tuh... dulu juga pernah ada pengalaman di pesawat pake konektor std WD, akhirnya lepas dan lost control nabrak genting rumah anggota AURI.... makanya untuk urusan batt RX mesti bener2 check n recheck, soalnya ga ada ampun lagi kalo sampai failure.
BTW gmn tuh cara senior2 dari magic matiin engine saat blade masih berputar keras? bole donk bagi2 ilmunya....
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Sayangnya gak sempat motretin... soalnya tegang banget
Pak Iwan Hanny di mobil boxnya siap 2 batang alumunium silinder panjang biasanya dipake untuk membentangkan payung, dipegang satu2 oleh 2 orang... satu orang megang helinya memastikan tidak berubah posisi, yang satunya lagi memutus paksa selang fuel dari fueltank... akhirnya... uh lega rasanya, langsung charge ulang nunggu satu jam an lah diselingi main buggy... ngedrift.... buat ngilangin stress.

Hampir dalam sehari 2 kejadian, nggak ah... kapok [-o< [-o<
User avatar
darma
Airman
Airman
Posts: 35
Joined: 13 Jul 2007, 13:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Post by darma »

Pak Syafik, setahu saya batere NiCd/NiMH self-discharge ratenya memang lebih tinggi dari LiPo, tapi itu juga waktunya berminggu-minggu...... kalo drop dalam waktu semalam sih kayaknya nggak mungkin kecuali kalo baterenya memang sudah sangat lemah.......
Post Reply

Return to “Battery & Charger”