Page 4 of 5
Posted: 16 Dec 2007, 19:45
by AgoesAurelz
Roy_95 wrote:gila penjelasannya detail banget om... malah ada yang tidak sempat saya baca... heheh
Kalo Om kita ini suru ngajarin ke beginner cara-cara invert hover aja.. hehehe...

Posted: 16 Dec 2007, 20:11
by Adrian
jelas bgt penjelasanya. .......
Siapa ya yg udah bisa figure 8 pake df4?? Mau dong tips n trick n caranya.....
-_-
Posted: 16 Dec 2007, 20:14
by rpramusinto
hmm.. topik yg sangat menarik pak...

bravo... btw kalo boleh saya ada sedikit tips untuk orientasi bermain dgn dunia R/C. semua R/C model memang memiliki kesulitan dalam hal orientasi, nah agar mudah untuk kita bisa mem baca orientasi/ arah menghadap/ heading pada model salah satu cara yg saya terapkan adalah:
1. Selalu ingat dalam pikiran anda bahwa anda seakan-akan berada didalam cockpit heli/plane, jadi usahakan anda jgn hanya melihat model berdasarkan arah bergeraknya model terhadap kita. melainkan arah gerak terhadap heading model itu sendiri. simpel nya, andai heli anda side in kekiri, dan heli itu Maju, jgn melihat gerakan heli sebagai "bergerak ke kiri" tetapi anda harus merasakan nya sebagai "MAJU" terhadap heli itu sendiri kurang lebih begitu.
2. cara kedua ialah selalu mengingat salah satu sisi dari pada model, ini bisa juga diakali dgn memberi tanda (cat/sticker/label) yg dapat memudahkan kita mengartikan bahwa "tanda" itu adalah sebelah kiri atau kanan dari pada model. jadi apabila heli Nose-in kita ttp dapat berpegang teguh bahwa sisi yg kita beri tanda adalah "kiri" keep in mind selalu tanda itu.
secara keseluruhan saya lebih prefer cara yg pertama, buat saya ini lebih mudah. intinya dalam masalah belajar ORIENTASI. sangat tidak dianjurkan MENGHAPAL gerakan jempol. akan tetapi lebih banyaklah melihat arah model kita bergerak terhadap dirinya sendiri (BUKAN KITA). jadi masalah orientasi adalah masalah reflex dan bukan sesuatu yg harus dihapal. mungkin ini juga mengapa simulator "REFLEX XTR" dinamakan REFLEX. hehehehe
mudah2an membantu kawan2 semua.. mohon ditambahkan bila ada yg kurang..
SALAM AEROMODELLING...

Posted: 16 Dec 2007, 20:30
by kula
rpramusinto wrote:hmm.. topik yg sangat menarik pak...

bravo... btw kalo boleh saya ada sedikit tips untuk orientasi bermain dgn dunia R/C. semua R/C model memang memiliki kesulitan dalam hal orientasi, nah agar mudah untuk kita bisa mem baca orientasi/ arah menghadap/ heading pada model salah satu cara yg saya terapkan adalah:
1. Selalu ingat dalam pikiran anda bahwa anda seakan-akan berada didalam cockpit heli/plane, jadi usahakan anda jgn hanya melihat model berdasarkan arah bergeraknya model terhadap kita. melainkan arah gerak terhadap heading model itu sendiri. simpel nya, andai heli anda side in kekiri, dan heli itu Maju, jgn melihat gerakan heli sebagai "bergerak ke kiri" tetapi anda harus merasakan nya sebagai "MAJU" terhadap heli itu sendiri kurang lebih begitu.
2. cara kedua ialah selalu mengingat salah satu sisi dari pada model, ini bisa juga diakali dgn memberi tanda (cat/sticker/label) yg dapat memudahkan kita mengartikan bahwa "tanda" itu adalah sebelah kiri atau kanan dari pada model. jadi apabila heli Nose-in kita ttp dapat berpegang teguh bahwa sisi yg kita beri tanda adalah "kiri" keep in mind selalu tanda itu.
secara keseluruhan saya lebih prefer cara yg pertama, buat saya ini lebih mudah. intinya dalam masalah belajar ORIENTASI. sangat tidak dianjurkan MENGHAPAL gerakan jempol. akan tetapi lebih banyaklah melihat arah model kita bergerak terhadap dirinya sendiri (BUKAN KITA). jadi masalah orientasi adalah masalah reflex dan bukan sesuatu yg harus dihapal. mungkin ini juga mengapa simulator "REFLEX XTR" dinamakan REFLEX. hehehehe
mudah2an membantu kawan2 semua.. mohon ditambahkan bila ada yg kurang..
SALAM AEROMODELLING...

Tips yg sangat membantu nich pak, thanks a lot..
Posted: 16 Dec 2007, 21:49
by AgoesAurelz
Tips lain bagi para beginner: Jangan sekali-kali hover dengan jarak 50 meter atau lebih, apalagi dalam posisi yg konstan dan jangka waktu yg cukup lama...
Cukup dgn hover 3 menit saja dalam posisi spt itu, saya jamin mata anda akan "terhipnotis" dan anda akan hilang orientasi... Jari-jari jempol akan bergerak tanpa koordinasi dgn otak bawah sadar.... dan... Crash!
Bagi pemula heli, memberi sticker atau cat eye (mata kucing) pada pantat heli (seperti di foto ini) akan sangat membantu!

Posted: 16 Dec 2007, 22:10
by pampie
Roy_95 wrote:gila penjelasannya detail banget om... malah ada yang tidak sempat saya baca... heheh
Ah pak Lurah, jadi pengen malu
pengennya sih cuman mau sharing soal training kit, eh malah moodnya pengen ngetik yang lain, soalnya sebagai pemula sempat setengah mati putus asa mau hover kagak bisa2 malah cenderung mau gantung Tx, eh taunya heli nya emang belum dielus2...
ternyata soal elus mengelus ini buanyak banget prosesi yang harus dilakukan, yang kalau gak diturutin sama aja bohong mau hover kagak bisa2... kecuali memang didampingi oleh trainer yang pro sejak awal...
Bayangin aja, begitu throttle naik, eh si heli malah mau ke belakang kaya' mau njomplang, rada nekat dikit eh malah dia mau guling ke kiri siapa yang gak stress hehehehehehe.. terpakasa cari2 artikel di internet selama 2 minggu baru ke ketemu ternyata emang helinya belum ikut fit n proper test.
sekarang asik banget hovernya, musuhnya cuman satu: angin

maklum budget buat hobby rada restricted kepakai buat sekolah anak aja

jadi ya mode minimalis saja dehhh...
The moral of the story : research research reresearch sebelum hover, atau waktu beli heli minta tolong toko buat bener settingannya, otherwise lupakan hover hehehehehe
Posted: 17 Dec 2007, 05:52
by sudjai sarmo
Main Heli memang sangat memacu adrenalin. Asal jangan sampai pipis dicelana saja.
Posted: 17 Dec 2007, 09:19
by AgoesAurelz
sudja'i sarmo wrote:Main Heli memang sangat memacu adrenalin. Asal jangan sampai pipis dicelana saja.
Tips lain: untuk menghindari hal diatas... jangan lupa pake pampers!!... hoahaha

Posted: 17 Dec 2007, 10:13
by Syafik
Terutama sebelum berangkat ke lapangan pipis dulu ya... wakakakaka
Posted: 17 Dec 2007, 12:49
by yoedhas
sudja'i sarmo wrote:Main Heli memang sangat memacu adrenalin. Asal jangan sampai pipis dicelana saja.
bener pak.. sangat sangat memicu adrenalin.. makanya di butuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi pula...
kalo orang lagi maen heli... jangan sekali2 di ajak ngobrol yah... hehehe
