Page 4 of 5
Posted: 29 Nov 2007, 09:54
by MrDoms
iwan21 wrote:Kalo udah punya charger Lipo , kenapa enggak pake charger Lipo aja ?, hati 2 dg sembarang charger karena ini batere Lithum-Ion dg bungkus metal (kalo meledug bisa jadi granat...emang mau ?).,
Saya pake batere ini utk pesawat mini slow dg berat dibawah 200 gr, motor brushless ex cdrom, kuat 5 menit terbang...lumayan
nah ini dia tuh... biar jangan jadi granat..
perlu info pencerahan nih.. bagaimana model rangkaianya untuk bikin seri batre HP ini, karena saya lihat ada 3 kutub keluaran batre HP (positif, negatf, dan yang satu lagi saya tidak gerti itu untuk apa)... jadi bagai mana meng arrange batre ini jadi seri (menghubungkan kutub-kutubnya). Trus kalau bisa arrangementnya bisa dibuatkan hubungan ke balance charger... tambahan, apakah berlu bungkus metalnya dibuka? biar effek granatnya minimal??
saya mau tanya suhu... batre HP itu bisa ngeluarin berapa C standardnya (kontinus)?
Posted: 29 Nov 2007, 12:35
by Pitra Ratulangi
fikri wrote:apa kabar pak pitra? posisi dimana neh pak..
kalo nge charge nya gimana caranya pak?
ngecars saya pake adaptor 10,8 vdc 100ma... di chargs semalaman besoknya daya capai 12,7 volt di display RC
tapi kalau mau cepat pake charger imax B5 dengan settingan jenis baterai LIPO CHARGER pada posisi 11,1 volt ..0,5 A...paling lama 10 menit dayanya capai 12,7 volt.
Posted: 29 Nov 2007, 13:19
by iwan21
Mr. Dom's wrote:nah ini dia tuh... biar jangan jadi granat..
perlu info pencerahan nih.. bagaimana model rangkaianya untuk bikin seri batre HP ini, karena saya lihat ada 3 kutub keluaran batre HP (positif, negatf, dan yang satu lagi saya tidak gerti itu untuk apa)... jadi bagai mana meng arrange batre ini jadi seri (menghubungkan kutub-kutubnya). Trus kalau bisa arrangementnya bisa dibuatkan hubungan ke balance charger... tambahan, apakah berlu bungkus metalnya dibuka? biar effek granatnya minimal??
saya mau tanya suhu... batre HP itu bisa ngeluarin berapa C standardnya (kontinus)?
Om Doms, bisa buka catatan pelajaran mengenai home made batere di semester genap tahun lalu ( he he hehe..

, jangan2 waktu itu om Doms lagi mangkir masuk kelas ?????).
disini :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?t=44
Untuk Discharge ratenya, rata2 maksimal 5C aja, cukup buat motor2 kecil dg konsumsi dibawah 4 ampere
Posted: 29 Nov 2007, 13:35
by MrDoms
iwan21 wrote:buka catatan pelajaran mengenai home made batere di semester genap tahun lalu ( he he hehe..

, jangan2 waktu itu om Doms lagi mangkir masuk kelas ?????).
oupss...... harusnya kuliah baek-baek malah pacaran mlulu... hahahaha maaf pak suhu dosen...
Posted: 29 Nov 2007, 14:05
by chandra
Pitra Ratulangi wrote:fikri wrote:apa kabar pak pitra? posisi dimana neh pak..
kalo nge charge nya gimana caranya pak?
ngecars saya pake adaptor 10,8 vdc 100ma... di chargs semalaman besoknya daya capai 12,7 volt di display RC
tapi kalau mau cepat pake charger imax B5 dengan settingan jenis baterai LIPO CHARGER pada posisi 11,1 volt ..0,5 A...paling lama 10 menit dayanya capai 12,7 volt.
Hallo Pak Pitra Ratulangi,
untuk TX saya biasa pake nicad , saya charge penuh paling hanya bisa maksimal 11 volt , apakah kalau tx tsb di ganti dengan baterei lippo 12,7 volt ngak bikin rusak TX karena ketinggian voltase ?
salam,
chandra
Posted: 29 Nov 2007, 16:35
by Pitra Ratulangi
chandra wrote:Pitra Ratulangi wrote:fikri wrote:apa kabar pak pitra? posisi dimana neh pak..
kalo nge charge nya gimana caranya pak?
ngecars saya pake adaptor 10,8 vdc 100ma... di chargs semalaman besoknya daya capai 12,7 volt di display RC
tapi kalau mau cepat pake charger imax B5 dengan settingan jenis baterai LIPO CHARGER pada posisi 11,1 volt ..0,5 A...paling lama 10 menit dayanya capai 12,7 volt.
Hallo Pak Pitra Ratulangi,
untuk TX saya biasa pake nicad , saya charge penuh paling hanya bisa maksimal 11 volt , apakah kalau tx tsb di ganti dengan baterei lippo 12,7 volt ngak bikin rusak TX karena ketinggian voltase ?
salam,
chandra
Ya kayaknya tidak masalah karena nyatanya saya pake di RC saya Hitec Eclipse 7 CH sudah kurang lebih 5 bulan belum ada masalah...karena setahu saya untuk barang elektronik yang menggunakan power input 12 volt mempunyai kapasitas input maksimal 13,8 volt.... tapi kalau ragu2 di tes di RC pak Chandra mendingan jangan karena ini hanya berbagi info....gak tanggung jawab lho saya kalau ada trouble he..he..he...kan hasil experimen.
Posted: 29 Nov 2007, 16:50
by Pitra Ratulangi
Mr. Dom's wrote:iwan21 wrote:Kalo udah punya charger Lipo , kenapa enggak pake charger Lipo aja ?, hati 2 dg sembarang charger karena ini batere Lithum-Ion dg bungkus metal (kalo meledug bisa jadi granat...emang mau ?).,
Saya pake batere ini utk pesawat mini slow dg berat dibawah 200 gr, motor brushless ex cdrom, kuat 5 menit terbang...lumayan
nah ini dia tuh... biar jangan jadi granat..
perlu info pencerahan nih.. bagaimana model rangkaianya untuk bikin seri batre HP ini, karena saya lihat ada 3 kutub keluaran batre HP (positif, negatf, dan yang satu lagi saya tidak gerti itu untuk apa)... jadi bagai mana meng arrange batre ini jadi seri (menghubungkan kutub-kutubnya). Trus kalau bisa arrangementnya bisa dibuatkan hubungan ke balance charger... tambahan, apakah berlu bungkus metalnya dibuka? biar effek granatnya minimal??
saya mau tanya suhu... batre HP itu bisa ngeluarin berapa C standardnya (kontinus)?
Begini ceritanya..ceh ilee..di bat HP ada 3 kutup...yg di pake kutup yg berada di posisi terluar, kan di bat HP nya udah ada tanda mana positif dan negatifnya...kutup + bat ke 1 di hub ke kutup - bat ke 2, kutup + bat ke 2 di hub ke kutup - bat ke 3....akhirnya tersisa 2 kutup yaitu kutup - bat ke 1 dan kutup + bat ke 3...nah itulah sumber daya berkisar 10 s/d 12,7 volt....kalau mau lebih kuat silahkan di kali 2 dengan hubungan yg sama lalu di pertemukan ( paralel) kutup + dengan + , kutup - dengan - , pasti amperenya akan bertambah 2 kali lipat......selamat mencoba.
Posted: 29 Nov 2007, 16:59
by Pitra Ratulangi
sakti wrote:Tehnik rangkaian dan cara charge sert perawatannya dong Pak Pitra. Perlu discharge apa tidak ya? Perlu balancer atau tidak ya? kami tunggu informasi selanjutnya. Terimakasih sebelumnya.
selama ini sy tdk pernah melakukan discharge.....dan jika berminggu-minggu tidak digunakan ketika RC di ON volt nya tetap alias tidak ngedrop.. tidak turun atau naik ( sama dengan di HP )... ngecarsnya sy tdk pernah pake balancer setting...cukup pakai adaptor kalau waktu cukup....kalau buru2 pake setting Lipo Charger 11,1 Volt ..0,5 A....
Posted: 29 Nov 2007, 17:07
by Pitra Ratulangi
Mr. Dom's wrote:mantap sekali om... jadi kalau batre bawaan TX dah erorr cara ini tepat sekali sebagai alternatif.
Trus saya mau tau pak bagai mana cara ngecharge batrenya? Trus kalau boleh diulas dong tekniknya mulai dari awal (stepbystep), thanks
Mr.Dom's cara ngecarsnya sama seperti ngecars HP...pake jack yg disesuaikan dengan lobang jack yang ada di RC....atau peke jepitan aja...yang penting positifnya charger di ketemukan dengan kutup positifnya BAT HP dan negatif dengan negatif..info lain2nya silahkan baca sudah sy jelaskan pada balasan rekan-rekan yang lain.
Posted: 29 Nov 2007, 17:42
by bayukaze
nanya [lagi] Pak Pitra R, selama ini rangkaian trsebut telah teruji utk Rx pswt engine. apa pernah mncoba susunan batre trsbut utk jenis elektrik? misal WD/ cessna? apakah discharge rate-nya juga cukup tinggi &stabil?
thnks.
[ini sudah mulai melirik konter2 hape.., kqkqkq]