Page 4 of 5
Posted: 12 May 2008, 22:09
by robert
Augustinus Aurelius wrote:robert wrote:berlawanan pak
bank left : stik aileron ke kiri, rudder kekanan.
bank right: stik aileron ke kanan, rudder ke kiri.
semakin tajam berbelok, semakin banyak counter ruddernya.
ini juga berfungsi supaya nose pesawat tidak drop waktu berbelok
Ohhh my God... pantesan sy selalu stall...
selama ini ruder saya selalu ikut arah gerakan aileron...
Makanya saya tuh trauma sama stallspin, terutama bila terbang dgn pesawat scale..
Btw, kalo gerakan rudder berlawanan apa beloknya ngga susah ya pak... kayaknya manuver beloknya bakalan besar dan "berat" gitu?
pemasalahannya pak.. berapa banyak rudder yang di terapkan pada input aileron. kita harus main feeling disini.
manuver belok nya nga akan besar. mau kecil juga bisa.... makin banyak aileron ya ruddernya makin banyak juga.
belok juga nga susah. coba aja belajar dulu dari pesawat trainer. paling parah kalo belum biasa ekor pesawat seperti akan meloncat ke atas pada waktu input rudder di lepas..
tapi nanti kalo dah pass feelingnya... waoo beloknya bakal smooth...nose pesawat juga nga akan down.. jadi beloknya bisa tetap level. (hehehe emang biasanya pemain rc heli lebih gape pak main rudder)
Posted: 12 May 2008, 22:19
by AgoesAurelz
robert wrote:Augustinus Aurelius wrote:robert wrote:berlawanan pak
bank left : stik aileron ke kiri, rudder kekanan.
bank right: stik aileron ke kanan, rudder ke kiri.
semakin tajam berbelok, semakin banyak counter ruddernya.
ini juga berfungsi supaya nose pesawat tidak drop waktu berbelok
Ohhh my God... pantesan sy selalu stall...
selama ini ruder saya selalu ikut arah gerakan aileron...
Makanya saya tuh trauma sama stallspin, terutama bila terbang dgn pesawat scale..
Btw, kalo gerakan rudder berlawanan apa beloknya ngga susah ya pak... kayaknya manuver beloknya bakalan besar dan "berat" gitu?
pemasalahannya pak.. berapa banyak rudder yang di terapkan pada input aileron. kita harus main feeling disini.
manuver belok nya nga akan besar. mau kecil juga bisa.... makin banyak aileron ya ruddernya makin banyak juga.
belok juga nga susah. coba aja belajar dulu dari pesawat trainer. paling parah kalo belum biasa ekor pesawat seperti akan meloncat ke atas pada waktu input rudder di lepas..
tapi nanti kalo dah pass feelingnya... waoo beloknya bakal smooth...nose pesawat juga nga akan down.. jadi beloknya bisa tetap level. (hehehe emang biasanya pemain rc heli lebih gape pak main rudder)
hehehe... mirip dgn nyetir heli ya pak... kirain kalo pswt beda, eh ternyata sama juga...

Posted: 12 May 2008, 22:20
by robert
hehehe... terbangin nya nga stress koq pak, anggap aja bawa pesawat rc biasa. dulu saya juga gemetaran terbanginnya... begitu terbang.. waooo.. kepuasan tersendiri pak.. justru lebih mudah, pesawat maiden flight yang paling di takutin kan trimmingnya sudah benar atau belum.
namun pesawat scale mayoritas semuanya 0 trimming pak, yang penting teliti, sudut2 aileron, elevator rudder, flap, CG benar dan itu sudah di cantumkan di manual book, tinggal ikutin aja..
Posted: 12 May 2008, 22:34
by robert
Lanjutt..............................A1
Perhatikan detail nya... usahakan dapatkan pesawat sedetail mungkin
jadi kita lebih mudah nanti dalam melakukan detailing dan penyempurnaan
pada waktu perakitannya
perhatikan titik rivet pada body pesawat.
rivet pada sayap dan perhatikan weathering nya

Posted: 12 May 2008, 22:39
by flytosky
mohon maaf pak, berdasarkan pengalaman di dunia Microsoft Flight Simulator dan hasil cross check dengan beberapa teman pilot beneran, biasanya untuk bank (berbelok), rudder dan aileron harus searah biar dapat coordinated turn / balanced. namun ada juga pilot yang bilang rudder harus tetap center (dengan speed tertentu).
sedangkan untuk aileron - rudder berlawanan arah, itu fungsinya untuk dapat sideslip.
The sideslip also uses opposite aileron and rudder, In this case it is entered by lowering a wing and exactly enough opposite rudder so the airplane does not turn (maintaining the same heading), while adding airspeed as required.
In the slideslip condition, the airplane's longitudinal axis remains parallel to the original flightpath, but the airplane no longer flies straight along its original track. Now, the horizontal component of lift forces the airplane to move sideways toward the low wing.
A sideslip is also one of the methods used by pilots to execute a crosswind landing. In order to land crosswind using the sideslip method, the pilot puts the airplane into a sideslip toward the wind to maintain runway centerline position while maintaining heading on the centerline with the rudder, touching one main landing gear, followed by the second main gear, and finally the nose gear (or tail gear if employed). This allows the wheels to be constantly aligned with the track, thus avoiding any side load at touchdown.
A sailplane
A sailplane
The slideslip method for cross-wind landings is not suitable for long winged and low sitting aircraft such as sailplanes, where instead a crab angle (heading into the wind) is maintained until a moment before touchdown. However glider pilots regularly use side-slips to increase their rate of descent while landing, particularly in the case of older sailplanes not equipped with high drag devices (spoilers or flaps).
Posted: 12 May 2008, 22:59
by robert
riveting pada body
Main wheel. Scale model retract system
Main wheel
perhatikan kawat yang menyambung ke oleo, nanti akan berfungsi untuk menarik pintu roda
Ini tail wheel pesawat aslinya
Ini versi tail wheel modelnya
Mesin yang di pasang 120 SP RCV engine

Posted: 12 May 2008, 23:29
by robert
artikel itu benar pak, tidak salah, namun pada kenyataan dilapangan, kita sering menemukan. dimana posisi pesawat melakukan bank yang cukup tajam (baik karena kesalahan prosedur belok atau mau berbelok dengan sudut mendekati TIPS STALL. sehingga menyebabkan nose pesawat menurun/drop , salah satu yang kita lakukan ada melakukan counter pada rudder untuk menjaga agar nose pesawat tidak jatuh. apabila kita melakukan gerakan rudder yang searah dengan aileron pada posisi ini. maka yang terjadi adalah pesawat lebih menukik ke bawah dan pesawat akan kehilangan daya angkat dan stall pada salah satu sayap pesawat. (contoh gerakan ini salah satunya knife edge/ dan banyak modeller melakukan bank mendekati posisi knife egde, atau sharp turning)
namun apa bila melakukan long bank, dimana sudut kemiringan pesawat waktu berbelok tidak terlalu tajam, rudder yang searah dengan aileron akan membantu agar perbelokan tidak terlalu jauh, pada posisi long bank, biasa nya level speed lebih terjaga, atau turning bank pada low angle (5 degree) rudder searah akan membantu turning lebih tight.
rudder tetap center pada speed tertentu pada pesawat scale model, apabila speed yang terjadi mencukupi, maka rudder tidak perlu digunakan, dikarenakan pada waktu posisi bank selesai, pesawat belum drop karena tercover oleh engine. (namun kenyataannya kita sering berbelok tanpa tambah kecepatan....justru kebiasaan tambah kecepatan banyak dilakukan pemain rc heli tanpa mereka sadar)
Slide landing, pada posisi kita approcing ke runway dimana posisi angin crosswind. opposite rudder membantu agar nose pesawat searah pada angin /posisi nose head wind sehingga pesawat tidak kehilangan daya angkat. ketika pesawat sudah mendekati posisi final touch down. rudder akan dibalikan keposisi center, masuk prosedur FLare positions jadi pesawat akan lurus masuk dan smooth ke runway. (ini sering terjadi dalam melandingkan scale model di crosswind).
jadi ... perlukah rudder..... tergantung cara beloknya, dan equipment pesawat modelnya.. kalo pesawat itu memakai gyro dan dalam posisi AVCS/heading lock (pesawat beneran juga pake gyro) Gyro akan membaca posisi heading lock secara x/y axis dan bergerak secara automatis melakukan counter agar level fight dan heading terjaga, maka tips stall jarang terjadi.
(gyro bukan autopilot/ sering orang salah pada pesawat, autopilot beda dengan gyro)
jangan lupa matikan gyro pada waktu posisi approcing landing.
Posted: 12 May 2008, 23:42
by Syafik
Sangat komplit penjelasan mengenai scale plane... ilmu baru tentang scale... ternyata sedetil itu ya... mantap pak robert
Posted: 12 May 2008, 23:48
by robert
Finishing akhir dari A1
Cockpit

Posted: 13 May 2008, 09:20
by flytosky
thanks pak. penjelasannya sangat sangat lengkap dan layak di bookmark atau di sticky.
berhubung pak robert sudah masuk kesini, gimana kalau pak Robert juga posting foto foto Cessna 185 favorit sy? pak robert ada pesawat ini kan?