Page 4 of 4

Posted: 12 Mar 2007, 10:36
by sudjai sarmo
Kalau menurut saya, kelebihan mesin 2 tak adalah bisa bekerja dengan dua arah putaran, kalau mesin itu sudah dibreakin pada satu arah putaran kemudian kita mau gunakan dengan putaran kebalikanya itu hanya perlu kita hidupkan mesin beberapa menit agar connecting rod bearing dan cranksaft bearing menyesuaikan dengan arah putaran yang baru sedangkan piston dengan cylinder liner tidak perlu lagi karena pada putaran kemanapun gerakanya tetap sama yaitu hanya naik dan turun.
Mesin saya Magnum 0,52 bila dihidupkan idle malah kadang2 putaranya kebalik sendiri, tapi bila putaranya agak tinggi tak pernah terjadi, itu terjadi karena kompresinya masih sangat bagus, businya juga masih menyimpan panas dengan baik sehingga pada saat idle piston bergerak naik sebelum titik mati atas bahan bakar sudah terbakar sempurna sehingga tekanan yang dihasilkan pembakaran langsung menekan piston kebawah sebelum mencapai titik mati atas akibatnya putaran kebalik 180 derajat. Hal itu tidak akan menyebabkan kerusakan pada mesin kita.

Posted: 12 Mar 2007, 10:54
by nyonk
om ja'i, ... AVI STAR saya pake engine magnum 52, lari nya mantap kali....
tapi sering di pake.....engine nya berubah warna jadi agak coklt seperti kotor gitu..........
gimana cara bersihin nya ya om,........ kalo ada chemical pembersih nya,.... apa sih nama nya ?......
dan beli nya di mana ?

makasih banyak om ja'i sebelum nya.

Posted: 12 Mar 2007, 12:17
by sudjai sarmo
Ada yang bilang pakai pembersih keramik, tapi mesin saya juga banyak bercaknya. Kalau pakai air panas yang dicampur dengan sedikit soda api lalu dikuaskan dengan kuas kecil mungkin bisa membersihkan mesin kita, asal jangan kebanyakan soda apinya nanti malah habis mesin kita dimakan soda api.

Posted: 14 Mar 2007, 07:36
by scratcher
Pengalaman saya, biasanya untuk membersihkan mesin, saya godok pakai air + sabun rinso 1 sendok teh sampai mendidih sembari digosok pakai sikat gigi bekas, kerak2 langsung rontok.....
sehabis dicuci harus segera keringkan dan yakinkan tidak ada air didalam. semprot pakai WD40 untuk mengusir air, terus dilumasi after run oil kalau ada, atau bisa ngoplos sendiri oli mesin + minyak tanah =50%+50%. So far is OK....

pembersih engine

Posted: 14 Mar 2007, 13:51
by rpramusinto
Pak.. kalo pengalaman saya mbersihin engine, paling cepet dan praktis pake pembersih jamur kaca yg biasa dijual di supermarket ato indomaret dan sejenisnya. merk nya lupa.. macem2 dari yg 6000 perak sampe 30 rb perak. tp yg 6000 aja dah manteb kok.. biasanya kemasan botol kecil dan isi air nya warna merah, ada gambar kaca mobil. itu ampuh bgt. tinggl di kuaskan ke engine.. tunggu sebentar lalu bilas dgn air.. cling..cling.. langsung kilap.. tp jgn terlalu lama kuasinnya.. karena cairan ini sgt keras.. tp lebih lembut dibanding porcelain cleaner.. gitu... \:D/ mur mer kan? \:D/