Posted: 12 Mar 2007, 10:36
Kalau menurut saya, kelebihan mesin 2 tak adalah bisa bekerja dengan dua arah putaran, kalau mesin itu sudah dibreakin pada satu arah putaran kemudian kita mau gunakan dengan putaran kebalikanya itu hanya perlu kita hidupkan mesin beberapa menit agar connecting rod bearing dan cranksaft bearing menyesuaikan dengan arah putaran yang baru sedangkan piston dengan cylinder liner tidak perlu lagi karena pada putaran kemanapun gerakanya tetap sama yaitu hanya naik dan turun.
Mesin saya Magnum 0,52 bila dihidupkan idle malah kadang2 putaranya kebalik sendiri, tapi bila putaranya agak tinggi tak pernah terjadi, itu terjadi karena kompresinya masih sangat bagus, businya juga masih menyimpan panas dengan baik sehingga pada saat idle piston bergerak naik sebelum titik mati atas bahan bakar sudah terbakar sempurna sehingga tekanan yang dihasilkan pembakaran langsung menekan piston kebawah sebelum mencapai titik mati atas akibatnya putaran kebalik 180 derajat. Hal itu tidak akan menyebabkan kerusakan pada mesin kita.
Mesin saya Magnum 0,52 bila dihidupkan idle malah kadang2 putaranya kebalik sendiri, tapi bila putaranya agak tinggi tak pernah terjadi, itu terjadi karena kompresinya masih sangat bagus, businya juga masih menyimpan panas dengan baik sehingga pada saat idle piston bergerak naik sebelum titik mati atas bahan bakar sudah terbakar sempurna sehingga tekanan yang dihasilkan pembakaran langsung menekan piston kebawah sebelum mencapai titik mati atas akibatnya putaran kebalik 180 derajat. Hal itu tidak akan menyebabkan kerusakan pada mesin kita.