Cara memakai dan Merawat Lipo battery
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- Franky
- Senior Airman
- Posts: 144
- Joined: 13 Mar 2007, 11:13
- Location: Jakarta
- Contact:
- Budiman
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1894
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
chandra wrote:Budiman wrote:Wind Raider wrote:Jangan ditusuk pak .. berbahaya ... Kalau udah gembung yah di buang aja . Daripada resiko .
Misalnya Anda charge lagi ; gasnya keluar lewat lubang tersebut . Gas tsb gampang terbakar .
Saya pernah buka bat lipo ; isinya seperti lembaran 2 tipis dan elektrolit memang mirip gel .
Baterai Lipo yang murmer kebanyakan specsnya meragukan . Lagipula dari mana kita tahu itu benar atau tidak ..Lipo , imho, adalah produk yang belum sempurna tapi anehnya sudah boleh beredar .
p.s:
Ada yang pernah pakai Lipo lebih dari 6 bulan gak dengan kondisi yang masih bagus ?? Kalau ada tolong kasih cara maintainnya .
Pak Wind,
Maaf sebelumnya..cara spt yg saya sampaikan, memang tidak dianjurkan..tapi bagaimanapun gas ini harus dikeluarkan..apapun caranya
Sedangkan utk membuang battery ato ga nya..kita serahkan kepada pilot masing2..kita semua sudah tau seberapa besar bahaya dan harga utk sebuah LiPo..
Yang bisa kita lakukan saat ini hanya utk merawat life time battery LiPo..
mengingat harga battery yg tidak murah juga..konsekwensi kayaknya ya..hehehehe
Design fisik pd battery LiPo ini,sangat tidak memenuhi syarat utk ukuran sebuah battery yg wajar...menurut saya pribadi..
Karena tiap cell nya tidak memiliki access utk membuang gas..sedangkan gas akan selalu dihasilkan selama battery dikonsumsi(charging dan discharging)...
Pengalaman saya selama ini, dlm menggunakan LiPo...bisa mencapai lebih dr 6 bulan...maintain tetap sama spt yg dilakukan oleh Mas Oddie, hanya dalam pemakaian,saya tidak pernah terbang dengan memakai mode idle-up dan tdk perna mengaktifkan governor mode pd ESC..saya tetap bertahan dengan mode normal...
Alasan saya:
Pada heli electric...penggunaan mode idle-up dan governor pd ESC
menuntut stabilitas power yg hampir konstan dr pitch blade negatif sampe pitch blade positif...hal ini mengakibatkan battery terkuras lebi banyak dr pd mode normal.
Lalu..setting up pd throttle curve dan pitch curve pd Tx..selalu merujuk pd buku manual heli nya...pitch selalu menjadi beban bagi motor..yg konsekwensinya mengarah pd ESC dan akhirnya ke battery..
Di sini penggunaan pitch gauge sangat berarti...sehingga kita tau seberapa besar nilai pitch pd pitch curve kita...semakin besar pitch,maka konsumsi battery akan besar juga..itu sudah rumusan..
Seperti kasus yg terjadi pd Mas Odie..saya kira wajar sajalah dengan motor Align 3550KV,lebih banyak membutuhkan power...krn saya sudah alami sendiri...kebetulan saya pake 3550KV dan 3220KV...
Pada motor 3220KV..konsumsi powernya tidak sebanyak motor 3550KV..
Terus penentuan pinion gear pd motor..ini juga menentukan..jangan sampe kita salah menentukan pinion gear yg akan mengakibatkan motor malah terbebani lebi banyak..dan mengarah ke battery lagi..
Memang,banyak pilot yg lebi suka dengan mode idle-up dan motor 3550 KV...saya sendiri jg lebi suka 3550KV...dan idle-up lebi asyik dlm flight performance..
Tapi kayaknya konsekwensinya akan tetap kembali pada itu2 juga...
Demikian dari saya..mohon maaf kalo ada yg salah..ini sekedar membagi pengalaman saja![]()
salam,
budi
Halo Pak Budi,
Saya juga punya lipo yang mengembung 3 cell 1300 mah dan 3 cell 620 mah.
kalo ditusuk pake jarum , cell yang ditengah ditusuk juga ngak ?
dan setelah ditusuk lubangnya ditutup pake apa ?
apakah setelah kempes bisa mengembung lagi.
saya masih ragu, lebih aman yang mana ,terus pake lipo dalam kondisi mengembung atau lipo dikempesin dulu dengan cara ditusuk kemudian dipake lagi.
sebab lipo mau dibuang sayang baru beli 1 bulan.![]()
Thanks
chandra
Alo Pak Candra,
Sampe dengan saat ini, cell dr battery Li-Po saya yg menggembung hanya yg letaknya di pinggir2 aja...belum perna terjadi yg di tengah...
Tapi kalo sampe terjadi penggembungan yg di tengah..yah..saya akui sangat riskan utk melakukan penusukan..lebi baik jangan de..
Utk cell yg saya tusuk..memang menghasilkan lubang..tapi sangat kecil sekali...biasanya tidak saya tutup.. dengan harapan gas yg terjadi bisa keluar dr lubang tsb...
Menurut anjuran dr pihak manufactur yg ada di belakang Li-Po..jangan perna menggunakan Li-Po yg menggembung..menurut saya ini logis,krn battery yg menggembung biasanya dapat meledak sewaktu-waktu..
Untuk lebih amannya...kalo sampean mendapati Li-Po yg menggembung, lebih baik diusahakan utk menunggu battery utk kembali langsing dan suhu battery telah dingin...battery di tiup pake kipas angin.. ga perlu masuk kulkas segala kalo saya kira...krn kuatirnya moisture yg timbul dr perubahan suhu dr suhu dalm kulkas ke suhu diluar kulkas..akan menimbulkan short circuit diantara cell2 nya..malah bikin pening ..
Kalo sampean mau nekat utk nusuk..tunggu battery sampe dingin...utk nusuknya juga cukup pd bagian kulit cell yg gembung..jangan sampe kebablasan lho ya..kalo sampean ragu2..jangan dilakukan..
Satu lagi,cara penusukan ini sebenarnya tidak dianjurkan..seperti yg sudah diutarakan oleh teman2 yg laen...
Lebih baik tetap mempertahankan cara charging yg benar..seperti menggunakan ballancer serta menggunakan charging current yg tidak over dan rutin melakukan voltage check pada tiap cell.. kalo didapati satu cell tidak ballance..bisa dilakukan charging pada satu cell yg tidak ballance tsb(tergantung dr charger sampean)...usahakan sampe tegangan pd cell ini sama dengan cell2 yg laen...
Mudah2an dapat membantu..
salam,
Budi
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- andre77
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1472
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- Budiman
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1894
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
@ redblur :
cara ngecheck per cell Li-Po,..kita perlu buat konektor 2 pin yg disambung ujung yg lain dengan dean connector...gambarnya menyusul de...dengan konector ini kita bisa check voltage dan charge per cell..
Battery 7,4V berapa mAH?..dengan menggunakan charger utk 11V...lalu charge currentnya berapa yg digunakan?..
Saya beri contoh...battery 22C, 11V 2200mAH...charge current yg akan digunakan cukup 1A aja...biar lama waktu chargenya...tapi yg penting selamet...
@andre77:
boleh..silahkan ...bawa batterynya..nanti saya kempesin..
salam,
budi
cara ngecheck per cell Li-Po,..kita perlu buat konektor 2 pin yg disambung ujung yg lain dengan dean connector...gambarnya menyusul de...dengan konector ini kita bisa check voltage dan charge per cell..
Battery 7,4V berapa mAH?..dengan menggunakan charger utk 11V...lalu charge currentnya berapa yg digunakan?..
Saya beri contoh...battery 22C, 11V 2200mAH...charge current yg akan digunakan cukup 1A aja...biar lama waktu chargenya...tapi yg penting selamet...
@andre77:
boleh..silahkan ...bawa batterynya..nanti saya kempesin..
salam,
budi
- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
Budiman wrote:
@andre77:
boleh..silahkan ...bawa batterynya..nanti saya kempesin..
salam,
budi
Liponya digugurkan... karena udah terlanjur bunting...

Pengalaman Redblur pernah tak alami, lipo 7,4 baru di charge pake wallcharge untuk lipo 3 sel... alhasil gak tau muasalnya batery itu sudah tercerai berai... alias meledak... untung nggak diketahui meledaknya, mungkin mbleduknya keras kali ya...




- chandra
- Airman First Class
- Posts: 92
- Joined: 26 Jul 2007, 17:52
- Location: JAWA TENGAH
- Redblur
- Lieutenant Colonel
- Posts: 4324
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact: