Ini berarti kalau kita punya gyro untuk Heli yang bisa mode AVCS bisa dipasang di pesawat ? Kebetulan saya punya 2 buah 1 JR G410 dan satu lagi e-sky, berarti bisa dipasang di ruder dengan posisi rotasi ruder, dan di elevator dengan arah rotasi elevation ?christoffel wrote:* pada mode normal, gyro hanya membuat kontrol jadi jinak. seperti pake dual rate or exponensial. jadi nggak banyak membantu. gerakan servo selalu proportional dg gerakan stick. bisa dicoba saat aircraft diam di landasan.
* pada mode AVCS, gerakan servo bisa tidak selalu proportional dg gerakan stick, karena gyro terus berusaha menyimpangkan servo sampai sumbu aircraft (sesuai dg sumbu gyro terpasang) berputar sesuai dg simpangan stick. jadi misalnya gyro dipasang pada elevator, dan stick elevator diam di tengah, kemudian karena suatu hal body pesawat berputar pada arah elevator (ini yg terjadi saat rolling pada posisi inverted, tanpa ada kompensasi elevator) maka gyro akan menggerakkan servo elevator untuk mengkoreksi sedemikian sehingga body jadi tidak berputar. ini yg kita harapkan supaya pesawat tidak descent tanpa harus kita berikan koreksi elevator ...
Untuk manuver Rolling Harrier sendiri saya sudah coba terus di Simulator, memang betul setelah slow roll lancar tinggal meningkatkan kecepatan roll nya, saya sudah mulai bisa untuk beberapa kali roll sebelum mata - jempol kiri - jempol kanan kehilangan sinkronisasi.