Page 6 of 8

Posted: 25 May 2008, 20:52
by MrDoms
Ravenchan wrote:om Doms.. antara kertas kraft dan kertas semen.. manakah yang lebih bagus ?


itu sama sebenarnya... kertas kraft itu bahan dasarnya tidak sampai ke proses pemutihan, makanya kertasnya coklat. Jadi sifat kayunya (kaku) masih dominan... lebih bagus yang dijual di gramedia atau ditoko buku yang biasa dipakai orang untuk membungkus paket. Kalau beli ditoko bangunan trus semennya buat apa om... hehehehehe...

Posted: 08 Sep 2008, 09:26
by iwan21
Mr. Dom's wrote:wah saya lupa kalau pesawat grage 1 itu buatan om GM... ampooon om... hehehe..

kalau pakai kertas kraft saya jamin tambah sip om.... malah nggak perlu spar atau rangka jadi akan lebih ringan dan nggak usah takut lagi kalau om latif yang handlaunch hehehehe....


Saya coba praktekin ini metodenya bang Dom's, walau belom pake kertas kraft tapi masih pake kertas sampul buku yg warna coklat
bahan2 :
1. Styrofoam ukuran 60x40x2 cm selembar , dipotong dua jadi ukuran 20x60 cm
2. selembar kertas sampul buku
3. lem putih Fox

alat bantu :
1. kuas utk oles lem putih
2. semprotan air

hasilnya ?
Image

betul2 mantap walau tanpa spar, kaku dan kuat, dan juga cuma ketambahan berat 20 gr dari styrofoam aslinya...(sebelom dipotong beratnya 48 gr, setelah jadi sayap lengkap beratnya menjadi 67gr..
:-({|= )

Posted: 08 Sep 2008, 11:19
by jedx
iwan21 wrote:hasilnya ?
Image

betul2 mantap walau tanpa spar, kaku dan kuat, dan juga cuma ketambahan berat 20 gr dari styrofoam aslinya...(sebelom dipotong beratnya 48 gr, setelah jadi sayap lengkap beratnya menjadi 67gr..
:-({|= )


itu sayap mo buat pesawat apa suhu ?

Posted: 08 Sep 2008, 11:51
by coyo
klo teknik ini diterapkan juga buat fuselage gimana ya?

Posted: 08 Sep 2008, 12:39
by MrDoms
dijamin om... apa lagi kalau pake kertas yang 80 gsm (gram per square meter) ke atas... tahan buanting kagak perlu spar...

Posted: 08 Sep 2008, 12:46
by atari7up
Mr. Dom's wrote:dijamin om... apa lagi kalau pake kertas yang 80 gsm (gram per square meter) ke atas... tahan buanting kagak perlu spar...


@ Om Dom's,....
Mantaf Tenan....kok gak di bawa pulang kampung kemaren om???
coba bawa...pasti tak sandera...hahhahahh

@ Om Coyo,..
Bener Om..saya dah liat langsung pesawat mustang om dom's yg di bawa ke medan kmrn...bener2 keras...jungkir balik pun gak pp

Posted: 08 Sep 2008, 13:17
by iwan21
jedx wrote:itu sayap mo buat pesawat apa suhu ?


Blom tau... =P~ , cuman habis Tarawehsemalem iseng aja motong2 dan lem2 .
Disimpen aja dulu buat setelah lebaran

Posted: 08 Sep 2008, 13:18
by iwan21
coyo wrote:klo teknik ini diterapkan juga buat fuselage gimana ya?


kalo utk fuse saya cenderung masih pake kertas singkong/tisu jepun, yg lebih tipis om, hasilnya juga lumayan keras

Posted: 08 Sep 2008, 15:30
by coyo
klo kertas singkong = tisu jepun ato beda? klo kertas singkong sy tau, klo tisu jepun katanya beli di gramedia tp gak tau wujudnya seperti apa

Posted: 08 Sep 2008, 15:38
by iwan21
coyo wrote:klo kertas singkong = tisu jepun ato beda? klo kertas singkong sy tau, klo tisu jepun katanya beli di gramedia tp gak tau wujudnya seperti apa


Beda tipis, tisu jepun lebih putih warnanya tapi seratnya ya sama aja