Kabar gembira : Lipo generasi baru LiFePo4
- coyo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1494
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
- AgoesAurelz
- Major
- Posts: 3576
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
- eja
- Technical Sergeant
- Posts: 683
- Joined: 17 Dec 2007, 22:33
- Location: cibubur
- Contact:
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Untuk charger lama yg masih bisa apa saja sy kurang tahu,tapi prinsipnya batt pospat
bisa dicharge dgn charger lipo yg cut off nya bisa disetel,sebab lipo cut offnya 4,2v/sel
sedangkan pospat butuh cut off 3,6v/ selnya...
saya sendiri punyanya charger lama yaitu triton yg stlh sy cek untuk lipo bisa dipilih cut off nya
pada 3,6 v/sel... jadi akan sy coba dgn charger lama ini dl.
untuk charger lain sy tdk tahu bisa di set atau tdk...
untuk charger2 baru yg memang sdh bisa pospat, yg mesti di perhatikan adalah daya dr charger tsb
sebab sy lihat byk charger yg bisa pospat tapi dayanya rata2 masih 50watt jadi arus charge max
paling banter 5 A atau kurang malah , jadi kalau ada yg berencana beli charger yg bisa pospat, sekalian pilih yg
punya daya 180 atau 200 watt sekalian, jadi laju pengisiannya bisa sampai 10A ,sehingga
ngechargenya bisa 15 menit sj dah penuh.... (saran yg sok tahu ini krn sampai saat ini batt maupun charger kususnya sy sendiri belum punya...
)
Malah karena batt pospat ini bandel sekali/bisa dikasarin, beberapa rekan bali yg main heli 450, saya lihat ada beberapa
yg ngecharge langsung dari aki kering 7A tanpa charger!
Ini bisa dilakukan kata mereka karena mrk gunakan kabel dari aki ke batt yg agak panjang (sekitar 2-3mtr sy lihat)
sedemikin hingga arus yg masuk ke batt pospatnya sekitar 5 A , dan voltase batt mrk monitor terus dgn volt meter,setelah mencapai 3,6v/sel (lebih pun sampai max 4,2v/sel nggak apa2 kata mrk karena batt ini bandel skl.) mrk stop pengisian ....
dan terbang dgn senyum2 karena mrk bisa terbang seharian kontinyus hanya dgn 1pack batt sj...
Sepertinya rekan2 yg senang DIY bisa mendesaign kan rangkaian cut off otomatisnya ya?? krn kasihan mrk yg ngechrge dng cara ini,sy lihat melototin volt meter terus...
bisa dicharge dgn charger lipo yg cut off nya bisa disetel,sebab lipo cut offnya 4,2v/sel
sedangkan pospat butuh cut off 3,6v/ selnya...
saya sendiri punyanya charger lama yaitu triton yg stlh sy cek untuk lipo bisa dipilih cut off nya
pada 3,6 v/sel... jadi akan sy coba dgn charger lama ini dl.
untuk charger lain sy tdk tahu bisa di set atau tdk...
untuk charger2 baru yg memang sdh bisa pospat, yg mesti di perhatikan adalah daya dr charger tsb
sebab sy lihat byk charger yg bisa pospat tapi dayanya rata2 masih 50watt jadi arus charge max
paling banter 5 A atau kurang malah , jadi kalau ada yg berencana beli charger yg bisa pospat, sekalian pilih yg
punya daya 180 atau 200 watt sekalian, jadi laju pengisiannya bisa sampai 10A ,sehingga
ngechargenya bisa 15 menit sj dah penuh.... (saran yg sok tahu ini krn sampai saat ini batt maupun charger kususnya sy sendiri belum punya...

Malah karena batt pospat ini bandel sekali/bisa dikasarin, beberapa rekan bali yg main heli 450, saya lihat ada beberapa
yg ngecharge langsung dari aki kering 7A tanpa charger!
Ini bisa dilakukan kata mereka karena mrk gunakan kabel dari aki ke batt yg agak panjang (sekitar 2-3mtr sy lihat)
sedemikin hingga arus yg masuk ke batt pospatnya sekitar 5 A , dan voltase batt mrk monitor terus dgn volt meter,setelah mencapai 3,6v/sel (lebih pun sampai max 4,2v/sel nggak apa2 kata mrk karena batt ini bandel skl.) mrk stop pengisian ....

Sepertinya rekan2 yg senang DIY bisa mendesaign kan rangkaian cut off otomatisnya ya?? krn kasihan mrk yg ngechrge dng cara ini,sy lihat melototin volt meter terus...

- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Second Lieutenant
- Posts: 2494
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Augustinus Aurelius wrote:Abi Ghiffa wrote:Ary wrote:Masalah belinya , sy order dr hobbycity... atau ada yg tahu tempat lain ya ?
Sudah saya duga,.. sama om,..disana kok sumbernya.
Thx
Aku nitip beli sama om Ary or om Abi bisa ngga??
Terus kalo pake charger Tahmazo T-30 bisa ngga om?
Ke siapa saja bisa om,..tapi kita tunggu barangnya om ary dateng dulu buat tulis review disini,...
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Syafik wrote:Wah bener2 kabar gembira kalau begitu...
kalau untuk heli 450 harus perlu life berapa biji dan rangkaiannya di seri ya, kalau 1 sel 3,6v apa tidak kurang voltasenya untuk heli yang biasa butuh minim 11,1v
Benar Fik, untuk heli lipo 3sel , voltase under loadnya sekitar 10v sedangkan life 3sel 8.4v
jadi kalau dipakai langsung otomatis speed dr rotor head turun....
tapi dipakai langsung pun kalau sekedar terbang santai seperti rekan2 dibali sy lihat nggak masalah..
sy sendiri rencananya coba di pes formosa dl baru coba diheli ...
untuk di pes sy rencanakan memilih motor dgn KV yg lebih tinggi untuk mengkompensasi volt life yg lebih rendah tsb.
karena biasanya untuk setiap daya/ukuran motor yg sama,pabrikan mengeluarkan beberapa pilihan KV.
jadi meskipun life voltasenya lebih rendah,tp kita set dgn Arus yg lebih besar,sehingga dayanya bisa sama dgn jika
kita menggunakan lipo... namun meskipun daya sama,sy rasa system dgn life pasti terasa lebih powerfull
karena karakter discharge life yg flat tsb.....IMHO
Untuk heli, mengkompensasi voltage life yg lebih rendah agar rotor speed tetap, sepertinya bisa dgn mengganti rasio gear atau mengganti motor dgn KV yg lebih tinggi. namun sepertinya lebih mudah ganti gear ya Fik? tinggal ganti pinion yg sesuai gitu ya...
untuk pilihan ganti motor nanti sy coba dgn pendekatan sbb heli trex 450 sy motornya skrang 3200KV , 10/8.4= 1.19 jadi 3200x1.19=3800. jadi kalau mau gampang sy tinggal ganti motor dgn yg 3800KV begitu kira2,
IMHO.... atau ada cara lain ya?
- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
tertarik banget dg discharge yang flat ya, kira kalau tanda2 habis arusnya gimana apa langsung mati gitu aja ya... karena tidak ketahuan penurunan dayanya...
Untku mengkompensasi voltase buat heli yang kurang tinggi apa bisa ya dengan mengatur program di esc dengan voltase lebih biar tidak cutoff kalau voltase dibawah ambang batas... motor heli450 mungkin bisa menggunakan kv tinggi kaya scorpion yang 4200kv
Untku mengkompensasi voltase buat heli yang kurang tinggi apa bisa ya dengan mengatur program di esc dengan voltase lebih biar tidak cutoff kalau voltase dibawah ambang batas... motor heli450 mungkin bisa menggunakan kv tinggi kaya scorpion yang 4200kv
- sevenslidegrills
- Chief Master Sergeant
- Posts: 1527
- Joined: 03 Jul 2007, 00:33
- Location: SBY-MDR
- Contact:
Ary wrote:Syafik wrote:Wah bener2 kabar gembira kalau begitu...
kalau untuk heli 450 harus perlu life berapa biji dan rangkaiannya di seri ya, kalau 1 sel 3,6v apa tidak kurang voltasenya untuk heli yang biasa butuh minim 11,1v
Benar Fik, untuk heli lipo 3sel , voltase under loadnya sekitar 10v sedangkan life 3sel 8.4v
jadi kalau dipakai langsung otomatis speed dr rotor head turun....
tapi dipakai langsung pun kalau sekedar terbang santai seperti rekan2 dibali sy lihat nggak masalah..
sy sendiri rencananya coba di pes formosa dl baru coba diheli ...
untuk di pes sy rencanakan memilih motor dgn KV yg lebih tinggi untuk mengkompensasi volt life yg lebih rendah tsb.
karena biasanya untuk setiap daya/ukuran motor yg sama,pabrikan mengeluarkan beberapa pilihan KV.
jadi meskipun life voltasenya lebih rendah,tp kita set dgn Arus yg lebih besar,sehingga dayanya bisa sama dgn jika
kita menggunakan lipo... namun meskipun daya sama,sy rasa system dgn life pasti terasa lebih powerfull
karena karakter discharge life yg flat tsb.....IMHO
Untuk heli, mengkompensasi voltage life yg lebih rendah agar rotor speed tetap, sepertinya bisa dgn mengganti rasio gear atau mengganti motor dgn KV yg lebih tinggi. namun sepertinya lebih mudah ganti gear ya Fik? tinggal ganti pinion yg sesuai gitu ya...
untuk pilihan ganti motor nanti sy coba dgn pendekatan sbb heli trex 450 sy motornya skrang 3200KV , 10/8.4= 1.19 jadi 3200x1.19=3800. jadi kalau mau gampang sy tinggal ganti motor dgn yg 3800KV begitu kira2,
IMHO.... atau ada cara lain ya?
Pak ary soal batt protection gimana kalo di setting yg low protection. Jadi ESC mendetect under volatge di 2.6V/cellnya, dan ESC akan reduce power. Baru setelah 2.3V/cell ESC akan men CUT OFF motor. Tapi sayangnya ESC ALIGN 35A terbaru cuma bisa high dan middle protection. Tapi klo esc yg laen mungkin masih bisa.
- Ary
- Senior Master Sergeant
- Posts: 1107
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
@Syafik :Wah benar Fik, motor scorpion dgn kv tinggi itu pilihan menarik juga untuk kompensasi,
tapi harganya apa tdk lebih mahal dari align yg 3800KV ya?
@SSG : Low voltage protection sepertinya nggak perlu perlu sekali , karena liFe dalam pemakaiannya bisa dikuras sampai habis spt nicad/nimh , jadi setting pada esc kita pilih opsi batt nicad/nimh ,jadi LVP nya off , , asal kemudian segera di charge lagi ,jgn dibiarkan kosong berhari-hari .. malah batt liFe ini senang jika baru selesai terbang dlm kondisi panas di charge lg segera,karena liFe tahanan dalamnya rendah jika sedang dlm keadaan panas.
sedangkan lipo jika masih panas langsung dicharge, sering jadi hamil....
tapi harganya apa tdk lebih mahal dari align yg 3800KV ya?
@SSG : Low voltage protection sepertinya nggak perlu perlu sekali , karena liFe dalam pemakaiannya bisa dikuras sampai habis spt nicad/nimh , jadi setting pada esc kita pilih opsi batt nicad/nimh ,jadi LVP nya off , , asal kemudian segera di charge lagi ,jgn dibiarkan kosong berhari-hari .. malah batt liFe ini senang jika baru selesai terbang dlm kondisi panas di charge lg segera,karena liFe tahanan dalamnya rendah jika sedang dlm keadaan panas.
sedangkan lipo jika masih panas langsung dicharge, sering jadi hamil....
