Kabar gembira : Lipo generasi baru LiFePo4

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Pak ary saya masih belum paham kenapa batt dg volatge yg rendah itu harus dikompensasi dg motor ber-KV tingi ato dg gigi rasio yg lebih tinggi dg target RPM lebih tinggi? Apa dg KV ato gigi rasio tinggi votase yg dibutuhkan lebih rendah dari motor dg KV rendah atau gigi rasio rendah?
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Kalo penangkapan saya sih, hitung2an RPM/headspeed dg motor ber kv tinggi dengan voltase yang lebh rendah akan didapatkan RPM mungkin bisa sama dengan motor yang kv sedang dan volt tinggi.... jadi headspeed masih bagus....

hitung2an headspeed kan memang dipengaruhi oleh voltase dikalikan dengan rpm dibagi gear rasio...
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

@SSG ... @Syafik ,Benar skl ....
Kita ambil contoh heli trex 450 yg sy punya..
motor standar 3200KV 200watt, lipo 3s , main gear 150T,pinion 13T, blade standar..
Nah ini sdh terbang standar dgn enak,krn memang ini kombinasi dari pabrik yg cukup optimal untuk semua komponen diatas.

nah jika kemudian batt nya sy ganti dgn 3 sel life yg mana voltage 3sel under loadnya yg 8.4V (lebih kecil dr lipo 3sel yg voltage under loadnya 10V), maka untuk mengkompensasi turunnya rotor head rpm akibat beda voltase batt,maka
untuk contoh heli diatas bisa dilakukan dgn ganti motor 3800KV atau ganti pinion 15T ..begitu kira2..
sehingga rpm rotor head bisa kembali normal dan otomatis peforma heli bisa kembali seperti dgn lipo 3 sel....atau lebih..
User avatar
Abi Ghiffa
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 2494
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Intinya menyeimbangkan dengan settingan recomended gitu kalo tangkapan saya,..kalo itung-itungan aku males, mending pake motocalc sajah :D
User avatar
hadi
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 298
Joined: 22 Jan 2007, 07:49
Location: Bogor,Balikpapan
Contact:

Post by hadi »

betul..
User avatar
toto
Colonel
Colonel
Posts: 6656
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

Ary wrote:@SSG ... @Syafik ,Benar skl ....
Kita ambil contoh heli trex 450 yg sy punya..
motor standar 3200KV 200watt, lipo 3s , main gear 150T,pinion 13T, blade standar..
Nah ini sdh terbang standar dgn enak,krn memang ini kombinasi dari pabrik yg cukup optimal untuk semua komponen diatas.

nah jika kemudian batt nya sy ganti dgn 3 sel life yg mana voltage 3sel under loadnya yg 8.4V (lebih kecil dr lipo 3sel yg voltage under loadnya 10V), maka untuk mengkompensasi turunnya rotor head rpm akibat beda voltase batt,maka
untuk contoh heli diatas bisa dilakukan dgn ganti motor 3800KV atau ganti pinion 15T ..begitu kira2..
sehingga rpm rotor head bisa kembali normal dan otomatis peforma heli bisa kembali seperti dgn lipo 3 sel....atau lebih..


Tapi apabila motor disuruh muter dibawah rekomendasi catu tegangannya apa enggak cepet jadi panas ya .... :-k :-k :-k

Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya .... :bow: :bow: :bow:
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

klo menurut sy justru malah lebih dingin, karena putarannya juga pasti jadi lebih rendah.
klo di kasih tegangan yg lebih inggi baru jadi cepet panas bahkan klo ketinggian bisa gosong
User avatar
jedx
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1350
Joined: 17 Jan 2007, 16:34
Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
Contact:

Post by jedx »

coyo wrote:klo menurut sy justru malah lebih dingin, karena putarannya juga pasti jadi lebih rendah.
klo di kasih tegangan yg lebih inggi baru jadi cepet panas bahkan klo ketinggian bisa gosong


maksudnya gini ya apa gak om :
- nilai impedance motor (Zm) atau mudahnya Resistansi motor (R[sub]m[/sub]) tetap.
- I=V/R[sub]m[/sub] , jadi kalo V nnya tinggi I nya makin gede karena R[sub]m[/sub]-nya tetep...
I lebih besar lebih panas karena , daya = I[sup]2[/sup]*R

RPM = Kv*V, untuk Kv tetap dan V rendah, RPM rendah...dan sebaliknya..
untuk RPM yang tetap, jika V lebih rendah maka Kv lebih ditinggiin atau main gear ratio
User avatar
coyo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1494
Joined: 17 Jan 2007, 17:00
Location: Kota Jababeka, Cikarang
Contact:

Post by coyo »

asal masih pake gear yg sama, motor pastinya akan lebih dingin tapi tentu saja RPM juga akan turun.
tapi klo gearnya beda bisa jadi lebih panas. klo RPM dibuat tetap (ganti gear), berarti dayanya (W) tetap.
W=V*I
Jadi klo tegangan V lebih rendah, supaya daya W tetap maka arus I akan lebih besar. Klo arus lebih besar pasti motor akan lebih panas.
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Saya rasa untuk panas motor tdk akan byk berubah ,karena kita menaikkan kv motor atau
mengganti gear dgn tujuan mengembalikan rpm/beban, tetap dalam batas daya normal motor tsb....
Post Reply

Return to “Battery & Charger”