Kabar gembira : Lipo generasi baru LiFePo4

Moderators: unding, ajo.naim

Post Reply
User avatar
toto
Colonel
Colonel
Posts: 6656
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

@coyo dan Ary, terima kasih atas pencerahannya ... ditunggu neh hasil percobaan dengan Life nya ....
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Image

Hari ini Life sy sdh datang ....
Kesan pertama .. cukup besar..
Ini sy tes tegangan nya terlihat nominalnya 1 sel nya 3.3 volt, lebih rendah dr lipo yg teg nominal per selnya 3.7 volt,
karena life ini datangnya bijian maka perlu kerja extra untuk merakitnya sesuai kebutuhan jumlah sel nya..
ini ada perbandingan fisiknya dgn batt size AA ..
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Besar juga ya ukurannya om. Berarti sama seperti yg saya liat di LHS, tapi waktu itu belum yakin kalo itu batt Life soalnya besar banget. Kira kalo buat heli 450 apa cukup ya om ary? Kalo pesawat sih gampang atur posisinya.
User avatar
Klinci
Airman
Airman
Posts: 40
Joined: 14 Jan 2008, 20:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Post by Klinci »

Ary wrote:untuk charger2 baru yg memang sdh bisa pospat, yg mesti di perhatikan adalah daya dr charger tsb
sebab sy lihat byk charger yg bisa pospat tapi dayanya rata2 masih 50watt jadi arus charge max
paling banter 5 A atau kurang malah , jadi kalau ada yg berencana beli charger yg bisa pospat, sekalian pilih yg
punya daya 180 atau 200 watt sekalian, jadi laju pengisiannya bisa sampai 10A ,sehingga
ngechargenya bisa 15 menit sj dah penuh....


Ikutan diskusi ya.. O:)

Saya tertarik dengan proses chargingnya, yang sangat cepat kalo dibandingkan rata2 LiPo saat ini yang hanya max 1C.
Tapi sebetulnya, aki kering yang sering kita bawa ke lapangan itu discharge ratenya bisa sama/lebih besar dari charge rate LiFe ini nggak ya?

Maksud saya, misalkan LiFe 2300mAh, kalo mau dicharge dalam 15 menit kan berarti butuh 9200mA. Dengan asumsi voltage chargin sekitar 4 Volt/cell -> 12 Volt u/ 3 cell, berart butuh daya 110Watt.
Nah.. apakah aki kering 7Ah yang biasa kita gunakan itu dapat mensuplai energi sebesar ini?

Ada yang punya info nggak? Berapa C sih discharge rate dan charging rate LeadAcid battery?

Trims
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

sevenslidegrills wrote:Besar juga ya ukurannya om. Berarti sama seperti yg saya liat di LHS, tapi waktu itu belum yakin kalo itu batt Life soalnya besar banget. Kira kalo buat heli 450 apa cukup ya om ary? Kalo pesawat sih gampang atur posisinya.


Di bali ada 3 orang yg pakai life ini untuk heli 450 nya, ditumpuk susun segitiga.... mereka juga ganti pinion dari 13t ke 15t...
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

@Klinci...

Setahu sy meskipun seandainya aki kering 7 amp mempunyai discharge rate rendah,tapi karena kapasitasnya yg besar (7amp) tentunya meskipun misalkan punya discharge rate 3C saja , sdh berarti 21 AMP kan? discharge rate pastinya saya tdk tahu ...
tapi melihat penggunaan aki model ini di lapangan untuk elektrik starter yg narik arus sekitar 15A dan aki ini digunakan juga pd beberapa sepeda motor untuk elektrik starternya, tentunya kemampuan arusnya cukup kuat untuk ngecharge Life...

rekan2 di bali yg ngecharge life langsung dari aki kering ini, sy lihat mendapatkan laju arus sampai 7 amp, justru yg menjadi masalah
bagi aki ini untuk ngecharge life bukan kemampuan discharge rate nya... tapi kapasitasnya yg terbatas 7 amp, jadi hanya bisa digunakan ngecharge life 2300 mA paling juga 3-4 kali saja... malah rekan bali yg pakai life dan bawa sepeda motor kelapangan ,ngecharge life nya dgn kondisi sepeda motor nyala mesin... karena takut aki motornya tekor kapasitasnya. .. O:)
User avatar
sevenslidegrills
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 1527
Joined: 03 Jul 2007, 00:33
Location: SBY-MDR
Contact:

Post by sevenslidegrills »

Thank pak ary infonya. Ditunggu hasil test batt lifenya.
Btw itu batt rencana mo dipasang untuk pesawat/heli elektrik ato cuma untuk batt RX pak?
User avatar
Klinci
Airman
Airman
Posts: 40
Joined: 14 Jan 2008, 20:51
Location: Jakarta Barat
Contact:

Post by Klinci »

Ary wrote:@Klinci...
tapi melihat penggunaan aki model ini di lapangan untuk elektrik starter yg narik arus sekitar 15A dan aki ini digunakan juga pd beberapa sepeda motor untuk elektrik starternya, tentunya kemampuan arusnya cukup kuat untuk ngecharge Life...


Hmm.. iya juga ya..

Kalo gitu, mending beli charger yang dayanya gede deh.. hehe.. biar siap buat generasi LiFe juga..
Konyol juga kan kalo udah pake LiFe tapi charginnya tetep 1C karena kemampuan daya chargernya nggak cukup..

Thanks infonya ya Pak Ary.
Kita tunggu review penggunaannya nih.. hehe
User avatar
Ary
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 1107
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

sevenslidegrills wrote:Thank pak ary infonya. Ditunggu hasil test batt lifenya.
Btw itu batt rencana mo dipasang untuk pesawat/heli elektrik ato cuma untuk batt RX pak?


Rencana sih life ini mau sy coba di pes dan heli 450 juga.... kalau untuk rx nggak lah kan jadi mahal sekali jatuhnya
life 2bj dan regulatornya ...
sedangkan untuk rx sementara ini sy tetap mengandalkan batt Nimh sanyo Eneloop saja...
User avatar
toto
Colonel
Colonel
Posts: 6656
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

Klinci wrote:
Ary wrote:@Klinci...
tapi melihat penggunaan aki model ini di lapangan untuk elektrik starter yg narik arus sekitar 15A dan aki ini digunakan juga pd beberapa sepeda motor untuk elektrik starternya, tentunya kemampuan arusnya cukup kuat untuk ngecharge Life...


Hmm.. iya juga ya..

Kalo gitu, mending beli charger yang dayanya gede deh.. hehe.. biar siap buat generasi LiFe juga..
Konyol juga kan kalo udah pake LiFe tapi charginnya tetep 1C karena kemampuan daya chargernya nggak cukup..

Thanks infonya ya Pak Ary.
Kita tunggu review penggunaannya nih.. hehe


Nah kira2 begitu kenapa belai charger yang curent nya gede ........ hi hi hi ........ mumpung belon telat mas mala silahkan merenung dulu biar enggak nyesel dikemudian hari ............. masalahnya charger itu barang modal ............ selamat merenung & mohon maaf lahir dan bathin ......
Post Reply

Return to “Battery & Charger”