Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- sudjai sarmo
- First Lieutenant
- Posts: 2597
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Untuk meminimalkan resiko crash bisa dicoba cara setting Heli ala saya sebagai berikut: setelah Heli kita setting Cyclicnya lalu kita lepas mainbladenya dan coba hidupkan mesinnya, naikkan head speednya pelan2 lalu gerakkan gimbal cyclic dan amati gerakan pedal flybar apakah sudah sesuai dengan perintah gimbal, kalau semuanya sudah sesuai lalu amati persis dari depan Heli, pada saat speed dinaikkan pedal flybar harus membentuk sudut 90 derajat terhadap mainshaft, bila belum 90 derajat bisa dikoreksi pakai trim. Demikian juga pada posisi samping harus sama 90 derajat juga. kalau sudah tinggal pasang kembali mainbladenya dan dicoba terbang.
- Teguhes
- trainee
- Posts: 15
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
Selamat Siang Para Perwira AERO, boleh kah kami bergabung..... kami prajur 2
Begini Komandan.... ini kebetulan kami hanya prajurit jadi waktu ke pasar prumpung ada HELI R/C 6 Chanal ,ya terus kami beli al hasil baru satu kali terbang nabrak tiang Blade hancur, setelah itu tidak tahu harus bagaimana
Setelah Brosing gi GAERO FORUM apakah bisa para perwira penjelasannya disertai sket gambar
Terimakasih
Salam Hormat kami
Kopral Prada Teguh
Begini Komandan.... ini kebetulan kami hanya prajurit jadi waktu ke pasar prumpung ada HELI R/C 6 Chanal ,ya terus kami beli al hasil baru satu kali terbang nabrak tiang Blade hancur, setelah itu tidak tahu harus bagaimana
Setelah Brosing gi GAERO FORUM apakah bisa para perwira penjelasannya disertai sket gambar
Terimakasih
Salam Hormat kami
Kopral Prada Teguh
- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- Franky
- Senior Airman
- Posts: 144
- Joined: 13 Mar 2007, 11:13
- Location: Jakarta
- Contact:
Bos Sinto, bedanya AVCS aktif dan tidak aktif pada saat terbang tuh dimana ya?
trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?
kabel aux-2 tersambung... atau lebih baik Gyro sense di set 0% baik di mode-1 maupun di mode-2?
kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?
mohon pencerahannya nih...
trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?
kabel aux-2 tersambung... atau lebih baik Gyro sense di set 0% baik di mode-1 maupun di mode-2?
kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?
mohon pencerahannya nih...
rpramusinto wrote:Tambahan sedikit mas budi..
untuk menonaktifkan AVCS on/OFF pada bbrp gyro sedikit berbeda.. kalau pada FUTABA GY 240 ada dip switch kecil pada casing gyro yg mana memiliki posisi on/off. kita tinggal pilih saja mode yg kita mau.
Tetapi pada gyro yg memiliki remote gain (setting gain pada TX) AVCS mode dapat dipilih dgn cara sbb:
1. pada menu gyro sensitivity di TX apa bila nilainya 0% s/d 49% gyro pada posisi NORMAL MODE AVCS OFF.
2. nilai 50% Posisi Gyro off / bypass (pada mode ini kita melakukan setting rudder pitch yg diterangkan mas budi diatas)
3. nilai 51% s/d 100% gyro pada posisi AVCS (heading lock).
PS : AVCS = Angular Vector control system / Heading Lock
- Teguhes
- trainee
- Posts: 15
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44
- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
saya pernah punya heli seperti punya pak teguh, walkera #36, sebetulnya heli ini secara konstruktif bagus, tapi powernya kurang karena waktu itu punya saya masih pake motor brush dan rx mixer dg escnya, dan gyronya kurang enak/kurang lock jadi kalau dipake buat forward agak takut2 karena gak bisa anteng... coba kalau ganti gyro dg yang Heading Hold pasti enak terbangnya.
Untuk blade coba cari blade punya esky yang dipake untuk BCP, ukurannya sama
Untuk blade coba cari blade punya esky yang dipake untuk BCP, ukurannya sama
- Syafik
- Brigadier General
- Posts: 7946
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
kalau menurut saya, yang vital di heli itu kalau tailnya penurut gak tolah-toleh pasti enak terbangnya... itu harus dikontrol gyro yang bagus yang punya spek heading hold (HH) atau head lock, klau gyronya kurang bisa membuat heli lock (diam) pasti jadi gak enak terbangnya belum lagi kita harus menyeimbangkan ciclic heli supaya anteng... jadi perlu gyro HH
RX mixer itu di satu rangkaian rx sudah termasuk esc atau fungsi lainnya misal gyro dll, jadi kontrolnya harus ada mixing antara fungsi2 tersebut
Pitch itu sudut kemiringan dari blade, semakin miring sudut blade maka akan banyak manghasilkan hembusan udara sehingga heli akan semakin terbang tinggi, itu biasanya fungsi kebanyakan di heli 6 chanel
Demikian pak
RX mixer itu di satu rangkaian rx sudah termasuk esc atau fungsi lainnya misal gyro dll, jadi kontrolnya harus ada mixing antara fungsi2 tersebut
Pitch itu sudut kemiringan dari blade, semakin miring sudut blade maka akan banyak manghasilkan hembusan udara sehingga heli akan semakin terbang tinggi, itu biasanya fungsi kebanyakan di heli 6 chanel
Demikian pak
- Teguhes
- trainee
- Posts: 15
- Joined: 16 Jan 2008, 16:44