Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Post Reply
User avatar
sudjai sarmo
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 2597
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Untuk meminimalkan resiko crash bisa dicoba cara setting Heli ala saya sebagai berikut: setelah Heli kita setting Cyclicnya lalu kita lepas mainbladenya dan coba hidupkan mesinnya, naikkan head speednya pelan2 lalu gerakkan gimbal cyclic dan amati gerakan pedal flybar apakah sudah sesuai dengan perintah gimbal, kalau semuanya sudah sesuai lalu amati persis dari depan Heli, pada saat speed dinaikkan pedal flybar harus membentuk sudut 90 derajat terhadap mainshaft, bila belum 90 derajat bisa dikoreksi pakai trim. Demikian juga pada posisi samping harus sama 90 derajat juga. kalau sudah tinggal pasang kembali mainbladenya dan dicoba terbang.
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Selamat Siang Para Perwira AERO, boleh kah kami bergabung..... kami prajur 2

Begini Komandan.... ini kebetulan kami hanya prajurit jadi waktu ke pasar prumpung ada HELI R/C 6 Chanal ,ya terus kami beli al hasil baru satu kali terbang nabrak tiang Blade hancur, setelah itu tidak tahu harus bagaimana

Setelah Brosing gi GAERO FORUM apakah bisa para perwira penjelasannya disertai sket gambar

Terimakasih

Salam Hormat kami

Kopral Prada Teguh
User avatar
winner
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 123
Joined: 09 Nov 2007, 09:33
Location: BIAK-PAPUA

Post by winner »

Bravo ...Terimakasih pak, penjelasannya sangat2 membantu, kalo ada tuangkan lagi ya pak, Salam kenal....
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Selamat datang pak teguh, boleh tau helinya merek apa mungkin blade bisa didapat di hobbyshop yang ada
User avatar
Franky
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 144
Joined: 13 Mar 2007, 11:13
Location: Jakarta
Contact:

Post by Franky »

Bos Sinto, bedanya AVCS aktif dan tidak aktif pada saat terbang tuh dimana ya?
trus kalau TREX pake GY 401 dan servo digital, gua coba set GYRO Sens 0%, 25%, 50% dst koq kayanya ga ada efek ya?
kabel aux-2 tersambung... atau lebih baik Gyro sense di set 0% baik di mode-1 maupun di mode-2?
kan menu GYRO di X2 ada 3 (INH, Auto dan Rudder D/R), enaknya di set spt apa bos?
mohon pencerahannya nih...

rpramusinto wrote:Tambahan sedikit mas budi..

untuk menonaktifkan AVCS on/OFF pada bbrp gyro sedikit berbeda.. kalau pada FUTABA GY 240 ada dip switch kecil pada casing gyro yg mana memiliki posisi on/off. kita tinggal pilih saja mode yg kita mau.
Tetapi pada gyro yg memiliki remote gain (setting gain pada TX) AVCS mode dapat dipilih dgn cara sbb:
1. pada menu gyro sensitivity di TX apa bila nilainya 0% s/d 49% gyro pada posisi NORMAL MODE AVCS OFF.

2. nilai 50% Posisi Gyro off / bypass (pada mode ini kita melakukan setting rudder pitch yg diterangkan mas budi diatas)

3. nilai 51% s/d 100% gyro pada posisi AVCS (heading lock).

PS : AVCS = Angular Vector control system / Heading Lock 8-[
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Ok pak terimakasih dan salam kenal pak Syafik....Heli sy Walkera #36 ( bukan 36B), lebih geri lagi pak say pergi ke salah satu Hobby shop malah disuruh naruh ke akuarium he he he ,jadi malah putus asa saya pak.......tapi setelah saya baca forum semangat muncul lagi , Gitu Rek critane

Suwun
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

saya pernah punya heli seperti punya pak teguh, walkera #36, sebetulnya heli ini secara konstruktif bagus, tapi powernya kurang karena waktu itu punya saya masih pake motor brush dan rx mixer dg escnya, dan gyronya kurang enak/kurang lock jadi kalau dipake buat forward agak takut2 karena gak bisa anteng... coba kalau ganti gyro dg yang Heading Hold pasti enak terbangnya.

Untuk blade coba cari blade punya esky yang dipake untuk BCP, ukurannya sama
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Ok Pak akan saya coba.....terus terang kami masih buta tengtang GYRO, Gyro kurang Lock ,RX Mixer, angle picth dll ........Tolong jelasin donk pak atau perwira perwira di sini boleh kan

Suwun TES
User avatar
Syafik
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 7946
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

kalau menurut saya, yang vital di heli itu kalau tailnya penurut gak tolah-toleh pasti enak terbangnya... itu harus dikontrol gyro yang bagus yang punya spek heading hold (HH) atau head lock, klau gyronya kurang bisa membuat heli lock (diam) pasti jadi gak enak terbangnya belum lagi kita harus menyeimbangkan ciclic heli supaya anteng... jadi perlu gyro HH

RX mixer itu di satu rangkaian rx sudah termasuk esc atau fungsi lainnya misal gyro dll, jadi kontrolnya harus ada mixing antara fungsi2 tersebut

Pitch itu sudut kemiringan dari blade, semakin miring sudut blade maka akan banyak manghasilkan hembusan udara sehingga heli akan semakin terbang tinggi, itu biasanya fungsi kebanyakan di heli 6 chanel

Demikian pak
User avatar
Teguhes
trainee
trainee
Posts: 15
Joined: 16 Jan 2008, 16:44

Post by Teguhes »

Ok pak Syafik terima kasih banyak nich penjelasannya.... jadi agak MUDENG
Akan saya coba kira kira perlu biaya berapa pak biar Hely saya tidak terbuang cuma-cuma

Sekali lagi trimakasih infonya , oh ya pak boleh tahu bisa hub P syafik dimana ya

Salam
Post Reply

Return to “RC Heli : Beginner Corner”