Page 9 of 14
Posted: 23 Sep 2007, 21:51
by Bambang Suroto
Kasiannya lagi bung Farhan waktu pra PON di Sangatta narik F3J kalah cepat dengan pesawatnya.. kasihan deh.. selalu teringat.. karena bung Farhan sangat sibuk sekali sampai2 gantungan batery..
____________________________________
Ada niat ada usaha...terbanglah pesawatku
Posted: 24 Sep 2007, 03:06
by sudjai sarmo
Rencananya sih mau ganti Glider yang saya bawa ke Sangatta tempo hari dengan Optimae2500 bikinan Bandung Aeromodelling, kalau dana di FASI ada mungkin mau beli yang ARF tetapi kalau dananya cupet malah saya minta dibelikan Balsa dan plantnya saja untukkemudian dibikin sendiri. Kalau menurut Pak Bambang bagaimana tentang Optimae2500 ini, apakah recomendate atau ada pilihan lain?.
Posted: 25 Sep 2007, 21:02
by Bambang Suroto
Pak Sudja'i yang penting model F3J masuk dalam karakteristik.
Karakteristik model F3J
a. Luas Maximum sayap dan stabilo tidak lebih dari………….. 150 dm2
b. Panjang bentangan sayap tidak lebih panjang dari………….254 cm
c. Berat model tidak lebih berat dari ……..........……………………5000 gram
d. Diameter ujung depan badan tidak lebih kecil dari …..…….7,5 mm
e. Bidang kemudi atau fungsi kendali radio pada model yang diijinkan hanyalah Rudder-Elevator atau V-Tail.
Penerbangan
a. Waktu persiapan 4 menit.
b. Waktu kerja selama 6 menit (Proses penarikan hingga pendaratan pesawat harus dilakukan dalam rentang “waktu kerja†tersebut).
c. Model yang masih terbang setelah “waktu kerja†berakhir harus segera mendarat ditempat yang sudah ditentukan.
KESIMPULAN : Pesawat yang jenis F3J dengan merek dan buatan siapa aja bagus yang penting BANYAK JAM TERBANG SANG PILOT dan sungguh2 dalam latihan.
____________________________________
Ada niat ada usaha...terbanglah pesawatku
Posted: 26 Sep 2007, 05:48
by sudjai sarmo
Terima kasih pak Bambang atas informasinya. Karena di Glider ini saya termasuk pemula maka sehabis lebaran ini akan saya intensifkan untuk latihan dengan Glider yang tempo hari saya bawa ke Sangatta.
Posted: 04 Oct 2007, 22:45
by Oedien
wah... jadi rindu waktu saka dirgantara dulu nih.. di lanud samsudin noor..taon 90-91...rasanya pembentukan pertama kali.
thanks P bambang infonya..... di rewind kembali nih hobby yang sudah lama vacum + 10 taon..
Posted: 05 Oct 2007, 10:58
by andre77
Mas Oedien apa kabar nih??
Posted: 05 Oct 2007, 14:51
by sudjai sarmo
Saka Dirgantara Kalsel dibentuk tahun 1972an digawangi oleh Kapten Katamso, tahun 1973 saya ikut gabung dengan pesawat ControlLine berbahan bakar Ether minyak tanah dan castor oil. Kenangan tempo doeloe.
Posted: 14 Oct 2007, 22:34
by Oedien
alhamdulillah bae mas andre.
heheheee..... ternyata saya baru lahir p' ja'i.
berarti masa sebelum saya, saka dirgantara sempat vacum...
Sempat dulu ikut latihan di lapangan syamsudin, bila penerbangan sudah sepi ( jam 4 sore).
kemudian pindah lokasi di seberang lapangan racing mau menuju mandiangin, main control line.
bahan bakarnya methanol + castrol oil.
Posted: 15 Oct 2007, 02:12
by sudjai sarmo
Waktu itu punya Engine Diesel saja sudah lumayan, kalau Engine Glow waktu itu harganya masih sangat mahal dan belum terjangkau oleh kemampuan kami.
Posted: 16 Oct 2007, 09:44
by NF
untungnya (untung lagi) ada modeler yg kreatif untuk produksi mesin (BOMA dan TS) yang di buat oleh om Tjong Sutanto dari sby......