Page 1 of 5

[tanya] gimana lakukan roll tanpa descent?

Posted: 14 Jul 2007, 09:42
by flytosky
buat temen temen yang hobby acrobatics, pasti tau kalo kita melakukan roll (berguling) lebih dari 1x, pesawatnya pasti mau nyungsep mulu. gimana ya caranya tuh pesawat bisa melakukan roll tanpa kehilangan ketinggian? soalnya sy liat video joe nall, mereka bisa roll terus terusan tanpa kehilangan ketinggian. hebat sekali.

mohon ilmunya ya...thanks

Posted: 14 Jul 2007, 09:52
by Wind Raider
Setiap kali posisi invert ; jgn lupa stick elevatornya dihold ke atas dikit .
Pada kondisi normal ; kembalikan posisi stick ke netral atau down dikit .
Tentunya perlu latihan biar terbiasa . Dan yang penting powernya mesti mencukupi .

Posted: 14 Jul 2007, 10:01
by flytosky
bukan inverted fly suhu. tapi roll terus menerus gitu. sy udah pernah coba maenin tuh elevator, hasilnya menggal menggol tuh pesawat kayak suster ngesot. maunya nih pesawat roll terus dalam 1 garis lurus. apa karakteristik pesawat (low wing, high wing, middle wing) mempengaruhi?

Posted: 14 Jul 2007, 10:11
by Wind Raider
Dalam roll terus meneruskan kan ada: posisi inverted dan posisi normal .
Jadi selama roll ; stick elevator di gerakkan up-down menyesuaikan posisi pesawat agar tetap level . Jadi memang perlu latihan Van ... saya punya roll juga belum bisa bentuk garis yang bener2 lurus .

Pesawat yang cocok : Midwing .

Posted: 14 Jul 2007, 10:16
by Wind Raider
Ini ada link yang bagus buat gerakan aerobatik dasar axial rolls:.
http://www.bruce.ogilvy.clara.net/text/ ... o/a04.html

Posted: 14 Jul 2007, 14:33
by flytosky
wah...teteup menggal menggol pak. apalagi kalo roll nya lumayan cepet. :)

Posted: 14 Jul 2007, 18:52
by Redblur
emang pake pswt apa?

aku liat sih pesawat 3d yg lincah itu nga Decent...

Posted: 15 Jul 2007, 00:49
by nubli
kalo mau roll terus-terusan tanpa decent, memang benar seperti pak wind bilang.. elevatornya dimainin sentiasa, upright=up elevator (dikit aje), invert=down elevator,upright lagi=up elevator lagi... dan seterusnya.

pokoknya timing mesti perfect dan elevator inputnya perlu secukupnya... mesti dipractis seribu kali gitu haha..

kalo bisa, ato kalo mampu.. sebaiknya guna pesawat yang middle wing untuk kesan yang lebih baik, juga pesawa yang gede lagi bagus.. engine yang torquenya tinggi...

selamat mencoba

Posted: 16 Jul 2007, 08:27
by Dedy
Benar Pak Nubli.. saya rasa jenis mid wing lebih tepat untuk dapat roll dengan garis lurus karena wing dengan elevator segaris juga kan.. pak flytosky.. mungkin bisa di coba untuk ngeroll perhatikan arah anginnya.. lebih baik kita berlawanan arah angin dengan posisi 45 degree power jga harus sisakan. bila sudah yakin naikan trotnya sembari aileron ke kanan atau ke kiri. kalau posisi ketinggian kita terjaga apabila fail atau panik masih ada kesempatan untuk take control kembali..Nah bila mau jelas ending posisi after rol coba atur bukaan sudut aileronnya kecil sehingga roll bisa dengan lambat dan slow juga ketahuan ending roll posisi pesawatnya invert atau tidak..Demikian semoga membantu..

Posted: 15 Sep 2007, 12:07
by tn
sebenarnya yang susah di timing nya om Ivan..pada saat posisi pswt kita invert ato normal,posisi stik kita pun harus pas memadukan nya.jadi timing jempol dan peswat kita harus selaras.
latihannya harus giat banget tuh hehehehe...