Page 1 of 2
DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Posted: 07 Jul 2012, 13:20
by sudjai sarmo
DLE111 memakai sensor panas mesin dengan telemetri Aurora 9 pada saat mesin dingin penunjukan panasnya sama tetapi setelah mesin dihidupkan beberapa saat ternyata antara Cylinder 1 dan Cylinder 2 ada beda panas sekitar 20 derajat C lebih panas yang cylinder 1. Begitu juga semburan Olie bekas di Muffler lebih banyak di mesin 2. Padahal Karburator hanya sebuah untuk kedua silinder dan harusnya kan semburan olie pada knalpot harus sama. Saya belum tau apakah hanya DLE111 yang saya breakin ini saja ataukah semua DLE111 mempunyai masalah yang sama.
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Posted: 07 Jul 2012, 13:29
by christoffel
posisi engine nya menghadap mana om ?
dari pengalaman, saat engine dipasang dg knalpot menghadap samping, memang aliran bbm lebih lancar yg ke cylinder bawah daripada yg atas. otomatis suhu cylinder yg atas jadi lebih panas ...
kalau knalpot menghadap ke atas, engine agak sulit start, karena jadi gampang banjir.
alhasil sekarang saya putus kan kembali ke kodrat, knalpot menghadap bawah, dan nggak pernah rewel lagi. suhu cylinder juga sama ...
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Posted: 08 Jul 2012, 18:57
by Budi
dari pengalaman bersama eyang toto dan eyang wisnu a.k.a. Su-31....ini disebabkan karenatidak simetrisnya engine/intake dll.
cara mengakalinya, kalo nggak salah, cylinder yang lebih panas, diturunkan kompresinya dengan cara penambahan sims
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Posted: 08 Jul 2012, 19:13
by sudjai sarmo
Terima kasih Bung Budi, jalan pintas termudah memang perbandingan kompresi dikurangi pada silinder yang lebih panas, tetapi masalah utama disini kelihatannya adalah pasokan udara dan bahan bakar lebih banyak ke silinder yang agak dingin. Makanya saya akan coba dulu dengan meng utak atik Venturi nya dulu.
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Posted: 08 Jul 2012, 21:41
by DIMAS
sudjai sarmo wrote:Terima kasih Bung Budi, jalan pintas termudah memang perbandingan kompresi dikurangi pada silinder yang lebih panas, tetapi masalah utama disini kelihatannya adalah pasokan udara dan bahan bakar lebih banyak ke silinder yang agak dingin. Makanya saya akan coba dulu dengan meng utak atik Venturi nya dulu.
Kalo pengalaman saya, membrane kadang ga rapat sempurna karena permukaan dudukan membran ada sisa cetakan.
Akibatnya pasokan bahan bakar kurang.
Periksa dan sempurnakan, dan dites sebelum dipasang.
Salam...
Re: DLE 111 panas Cylinder Heads tidak sama. Apa penyebabnya ?
Posted: 17 Aug 2012, 13:59
by topankaltim
Ternyata masalah yang sama terjadi juga dengan DLE 111CC di sebulu ini Pakde DJai... knalpot kiri asapnya lebih sedikit dan lebih panas
solusinya apa ya yang di lakukan sama Pakde Djai?
mohon bantuannnya
