Page 1 of 6

Cara Discharge Battery

Posted: 20 Aug 2007, 15:45
by Syafik
Mohon infonya?

Bilamanakah kita perlu untuk melakukan discharge pada battery NIMH dan NICD? Bagaimana dengan LIPO?

Bagaimanakah caranya proses discharge? apakah harus di charge dulu full terus di discharge atau bagaimana? Berapa voltase minimum yang harus diset pada saat kita discharge

Berapa kali standar kita melakukan cycle? apakah dimulai dari discharge>charge atau charge>discharge

Thanks banyak atas pencerahannya...

Posted: 20 Aug 2007, 18:09
by jedx
Lipo gak perlu didischarge kayaknya... CMIIW

Posted: 20 Aug 2007, 19:47
by e12ry
lipo kalo di cycle kayanya malah memperpendek umur lipo....

Posted: 20 Aug 2007, 21:17
by sudjai sarmo
Battery saya NiCd untuk Heli Raptor50 biasanya discharge saya lakukan sebulan sekali dan sebelum didischarge sampai 1Volt per Cell akan saya charge dulu sampai penuh baru di discharge.

Posted: 21 Aug 2007, 08:43
by Syafik
Kalau di menu discharge ada petunjuk "volt" apakah itu menunjukkan voltase persel atau voltase keseluruhan seumpama kita discharge 8 sel nicd. Kalau memang itu dihitung persel berarti kita harus set 8 volt untuk 8 sel nicd/nimh.

Berapa ampere yang dibutuhkan untuk discharge, featurenya antara 0,1 sampai 1,0A

Posted: 21 Aug 2007, 17:45
by Franky
Kalau saya biasanya Lipo langsung charge aja...
kalau nicd / nimh batt untuk TX & RX, biasanya nunggu sampe abis baru charge ulang, kalau masih belum habis, untuk meyakinkan isi lagi aja tanpa discharge... memang sih di nicd & nimh bisa menimbulkan memory effect, tapi harganya juga ga terlalu mahal... malah terakhir2 untuk batt RX saya lebih suka pake alkaline, utk pesawat bisa tahan lama... setelah low batt langsung buang ganti baru, lebih terjamin...

Posted: 21 Aug 2007, 22:35
by sevenslidegrills
Klo saya biasanya discharge batt NiMH SANYO 2700mah pake alat utk discharge yg biasa dipake tamiya. Lumayan buat yg chargernya gak ada fasilitas utk discharge. Harganya juga murah yg biasa sekira 40rban, klo yg merk TAMIYA 95rb.

Posted: 22 Aug 2007, 10:56
by Syafik
Franky wrote:Kalau saya biasanya Lipo langsung charge aja...
kalau nicd / nimh batt untuk TX & RX, biasanya nunggu sampe abis baru charge ulang, kalau masih belum habis, untuk meyakinkan isi lagi aja tanpa discharge... memang sih di nicd & nimh bisa menimbulkan memory effect, tapi harganya juga ga terlalu mahal...


Ya itulah yang bikin bat nicd atau nimh cepet berkurang powernya... bukan hitungan murah atau tidaknya harga nicd/nimh tapi lebih untuk menstabilkan daya tahan battery yang kita punya... soalnya alirannya menganut minimalis realistis, sangat disayangkan battery bawaan TX ikut aus

Apakah memang Nicd/Nimh tidak bisa menyimpan tenaga untuk waktu yang agak lama, misal saya sudah full charge hari selasa... hari sabtu dipake... eehhh... ternyata battery langsung drop, beda dg lipo full charge dibiarkan dalam waktu seminggu masih g berkurang... apakah batteeryku yang kondisinya dah tidak sehat ? dan gimanakah untuk memaintenance nya...

Posted: 22 Aug 2007, 10:58
by Syafik
sevenslidegrills wrote:Klo saya biasanya discharge batt NiMH SANYO 2700mah pake alat utk discharge yg biasa dipake tamiya. Lumayan buat yg chargernya gak ada fasilitas utk discharge. Harganya juga murah yg biasa sekira 40rban, klo yg merk TAMIYA 95rb.


Wah beli dimana ya kok bisa murah gitu... trus bisa discharge sampe berapa sell maksimalnya

Posted: 22 Aug 2007, 11:29
by Franky
iya sih lebih baik kalo dijalankan prosedur charge n discharge, walaupun chargernya ada fasilitas itu, kadang suka males aja... ](*,) Nicd / Nimh yg udah ga bisa simpan tenaga itu mungkin udah rusak mas, punya saya nicd dan nimh biasa di charge pada hari biasa, weekend dibawa ke lap masih ok... tapi pernah mengalami juga yg tiba2 drop ditinggal 2-3 hari, padahal sama sekali belum digunakan...