Page 1 of 4
Raptor : Mainmast & Spinde wajib ganti setiap Crash?
Posted: 31 Oct 2007, 07:46
by AgoesAurelz
Raptor kesayanganku abis Crash kemarin sore, penyebab utama jelas human error karena pilotnya geblex!... wah sedih banget... ngga terlalu parah sih rusaknya, Tailboom, flybar, blade semua kena sedikit, blade funkey saya ujungnya rusak tapi ngga sampe patah... Waktu saya periksa kayaknya main mast seperti masih lurus-lurus saja... saya penasaran masih mau pakai lagi atau tidak, akhirnya daripada bingung saya telp temen senior, dia bilang "kalo heli jatuh sampe bladenya rusak pasti mainmast & spindel kena!".. walaupun sedikit sekali bengkoknya (nyaris lurus).. Kesalahan para begginer biasanya cuma mengganti blade dan tailboom aja, sedang mainmast dan spindle tidak diganti.. Walaupun setelah direpair dan di coba hovering kelihatan seperti tidak ada keanehan, tapi heli akan bergetar kalo diterbangkan fullspeed... makin bengkok di bagian mainmast maka getaran akan makin hebat... akibatnya bearing rotor bisa kena, dan bila getarannya hebat, dan terus dipaksain... sangat mungkin heli akan "pecah" diudara... wah serem juga pikir saya... Bagaimana pendapat para senior disini..?
Posted: 31 Oct 2007, 08:53
by sudjai sarmo
Pengalaman saya sih crash seringan apapun kalau mainbladenya kena spindlenya juga pasti bengkok walaupun sedikit dan tetap harus diganti yang baru kalau tidak mau bergetar fuselagenya.
Posted: 31 Oct 2007, 09:02
by rpramusinto
menurut saya, karena memang HELICOPTER menuntut ke presisian spare part untuk mendukung terbangnya agar lebih SAFE dan mudah dikontrol. lebih baik memang kita mengganti part apabila sehabis crash. dalam hal ini main shaft dan spindle. jika anda crash sampai rotor head/blade mengenai ground/ apa lagi pecah, bisa dipastikan shaft sudah tidak lurus. walau kasat mata ttp mulus. tp demi SAFETY dan keamanan terbang. mending ganti pak. daripada malah crash lagi gara2 pecah di udara??
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
apalagi ini heli nitro.. wuiihh bahaya,...

Posted: 31 Oct 2007, 09:07
by ucha
Biar pasti coba dibuka dulu aja pak. Digelinding di atas kaca. Atau kalau gak mau repot coba distart Idle aja, getar atau nggak.
Kalau ternyata spindle dan mainshaft gak bengkok, coba cek balance main bladenya.
Pengalaman tergoblok saya (jadi malu nih ceritainnya), Spindle dan Main shaft yakin gak kenapa2, blade juga yakin gak tracking dan sudah balance, tapi begitu blade mutar helinya getar kaya kesetrum. Akhirnya seharian saya gak jadi terbang Trex600. Begitu udah mau pulang baru ketahuan kalo ternyata saya masang bladenya kebalik leading edgenya. Halah.. pantes aja. Hwaahahahaaa.... Kesal dan malu..
Posted: 31 Oct 2007, 10:05
by Tralala
Kalau mau presisi dan maburnya enak, jangan mengetoc magic sendiri main mash dan spindle.
untuk terbang biasa sih nggak terlihat kejanggalannya tapi klo dah kita ajak jungkir balik terasa nggak enak helinya.
Heli setelah Crash, lebih baiknya harus setting ulang dan jangan memakai settingan lama seperti Pitch dan angle swash-nya.....juga lainnya.....
Posted: 31 Oct 2007, 10:17
by x wing
SETUJU.... harus di ganti part nya.. 0, sekian mili bengkok aja dah ga' enak terbang nya

Posted: 31 Oct 2007, 10:41
by dion
wah emang kalo di heli ngga hati2 boros juga yah.... hikxz... kalo pesawat masi bisa tambal sulam.
Posted: 31 Oct 2007, 11:37
by AgoesAurelz
sangat informatif masukan dari om-om semua... memang mainan kita ini menuntut segi presisi yg tinggi..
dan juga.... menuntut jajan spareparts yg tinggi....
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Posted: 31 Oct 2007, 14:10
by Syafik
Memang bener judul yang dibuat pak Agus... kebanyakan crash yang sering ganti ya... antara 2 itu, spindle dan mainmast... ini untuk crash ringan lho, kalau crash berat tidak bisa dibayangkan...

Posted: 01 Nov 2007, 01:11
by ferry
Setuju!!......
