Page 1 of 2

Untuk RC Plane, Warbird apa yang sering dimainkan yah ?

Posted: 22 Dec 2007, 09:48
by ersud
Dear rekan2, untuk warbird banyak sekali jenis2nya yang dijual oleh lhs, kira2 menurut rekan2 sekalian warbird apa yang sering dimainkan yah.

Thanks.

Posted: 22 Dec 2007, 13:08
by Redblur
yg sering adalah mustang !!

P51D MUSTANG

atau spitfire , atau warbird ducted seperti F18,BAE HAWK

Posted: 04 Jan 2008, 09:05
by bwijono
ada lagi....
Pesawat Zero, trus P-40 Warhawk, AT-Texan..

Posted: 05 Jan 2008, 08:29
by shaify
Redblur wrote:yg sering adalah mustang !!

P51D MUSTANG

atau spitfire , atau warbird ducted seperti F18,BAE HAWK


cocok deh...kalo yg ginian si blur jagonya neh....

Posted: 05 Jan 2008, 09:44
by jedx
homemade f16 foamy pusher prop..

Posted: 05 Jan 2008, 10:02
by flytosky
according to wikipedia, warbird itu khusus sebutan untuk pesawat militer baheula yang udah jarang tapi masih layak terbang. kata ini aslinya sebutan untuk pesawat pesawat tempur pada era WW2, cuman skr banyak disebut juga untuk pesawat militer jet-powered.

warbird R/C yang banyak beredar itu :
- P - 39 Airacobra (dari TWM ada tuh, sy pernah liat terbangnya, cakep n suaranya garang bener)
- P - 51 Mustang (rame banget nih pesawat. konon agak repot waktu take off)
- Spit Fire ( siapa yang punya? silahkan review nya)
- September Fury
- Sea Fury
- P - 40 Warhawk
- F8F BearCat
- F4U Corsair
- T6 Texan

Posted: 05 Jan 2008, 23:36
by Redblur
Saya Spitfire


Spitfire By GuangLi / China Production

Spitfire pesawat Perang dunia Punya nya Royal Air Force (Inggris)

enak pesawat buatan guangli,Lincah sampai kemarin Dog Fight dengan P51D mustang yg lalu Tabrakan di udara.........Hik2

Pesawat nya bisa manuver loop terus-terusan,Roll kurang gesit sih tapi cukup lah!!

pesawat ini Foam,Electric

dan Liar kalau lawan angin, dan angin yg saya maksud adalah Pohon ikut2 tiduran hehehe

Posted: 06 Jan 2008, 01:11
by hadi
Menurut pengalamanku, pesawat warbird maupun scale hanya enak di lihat, tapi ga enak di terbangin. Kenapa , ya kita kembali lagi ke pelajaran mengenai fluida.


Intinya, jika ada suatu pola/bidang bergerak di fluida (spt air dan udara ) akan terjadi dua hal, aliran laminar, dan turbulensi, yang tergantung pada Reynolds number(Re) -nya.

Re (non-dimensional ) = Kerapatan masa fluida( misal udara)/viskositas x air speed x wing chord (jarak leading - trailing edge sayap)

Kerapatan masa udara = 1.225
Viskositas udara (std) = 0.0000179 kg/m/detik

Jadi kl ada psw dg chord 1 m bergerak di udara dg 1 meter / detik :

Re = 1/225/1.79E+5 x1 x1 = 68459

ato

Re= 68459 x air speed x chord

Dari persamaan in ketahuan, psw gede (full size) dg wing lebar, dan kecepatan tinggi, Viskositas (konstanta) udara tidak dominan (yg dominan ya massa dan moment inersia psw tsb) , sedang pada psw model yang di 'skala'-kan , dg wing chord jauh lebih kecil dr psw full size, viskositas udara jd dominan. Makanya karakter psw scale bisa jadi beda jauh sama yg aslinya.

Ini contoh ilustrasinya (inget, yg bisa di scale-down cuma dimensi psw, kerapatan udara kan ga bisa...)
Image

Posted: 06 Jan 2008, 08:07
by flytosky
PANTESAN KENAPA WARHAWK GW TERBANGNYA ANCUR!!!! thanks pak hadi. berarti musti dibuat suatu ruangan yang udaranya di -scale down juga neh. bwahahaha.

tapi kenapa ini hanya berlaku di Warbird aja pak hadi? sementara Cap, Extra, Edge yang real nya juga bisa terbang bagus, yang scale nya juga bagus?

Posted: 07 Jan 2008, 07:37
by hadi
mungkin krn pada RC model psw aerobatic, baik pada airfoil, fuselage, stab/fin , desainnya udah memperhitungkan agar flow udara di daerah control surface terjaga laminar (sampai pd kecepatan tertentu), jadi tidak asal "scale down" dari dimensi aslinya.

Coba kalo P-40 nya di kasih airfoil simetris, sayap di taruh di tengah2 fuselage, trus jarak antara main wing dan stabiliser di jauhin, pasti tambah enak tuh terbangnya. hehe

Ayo dong rekan lain share ilmunya,