Page 1 of 2

Scaner my first plane crash, just 2 sesion flight

Posted: 16 Jan 2008, 21:30
by yuda
Pesawat perdanaku yg seharian di Breakin akhirnya minggu pagi brangkat ke bukit salak,
Sekitar jam 9pagi, scanerku take of dengan sempurna, dan bermanufer ria selama 15menit, kemudian lending dengan mulus..
Setelah mesin dingin scanner isi fuel and siap-siap takeof untuk yg ke dua, gimbal trotle di up and terbang deh.. setelah bermanufer ria dengan enak, tiba-tiba elevator tidak bisa digerakkan, padahal gimbal elevator sudah digerakkan naik turun dengan extrim,, dengan hati cemas & panik saya coba cooling down utk tetap konsen mengendalikan plane tanpa elevator,, tapi apa daya scaner malah bertambah jauh and fuel juga abis, akhirnya engine off and terjun bebas :D ..

Menunggu Hujan Reda
Image

Setelah di buru oleh tim investigasi ternyata scaner nyungsep dibelakang rumah orang, & nabrak ranting pohon terlebih dahulu, terlihat sobekan monocot nyantel di ranting..
Image

Tean pemburu AAC.. Hari, Yuda, Kris, David, Iwan, Sedang nyari engine yg hilang..
Image

Scaner sudah tidak berbentuk
Image
Image

Setelah dikumpulin..
Image

Posted: 16 Jan 2008, 21:44
by blitsz
turut prihatin om Yuda...

kenapa yah elev nya bisa macet?
kejadian serupa hari minggu kemaren juga di alami CLASSIC trainer Phoenix Model temen... (sepabrik ama SCANNER)..

aileronnya ga respon... setelah di cek ternyata dudukan servo nya copot... epoxy nya kurang kuat kayaknya.. cuman "untungnya" hardlanding ajah...

btw.. armadanya keren2 :D

Posted: 16 Jan 2008, 21:53
by Ravenchan
turut bersedih om Yuda.. kemungkinan adalah sambungan servo arm elevator ke pushrod elevator menjadi longgar. Mungkin ikatan nya kurang kuat apalagi sebelumnya dipakai untuk manuver2. Ini tipe low wing kan? saya pernah alami di trainer 40 saya adalah ikatan antara servo arm dengan pushrod rudder menjadi longgar setelah beberapa kali terbang.. hasilnya saat terbang di udara pesawat seperti berjoget kiri kanan di bagian ekornya.. setelah dilandingkan dan diperiksa ternyata baut pengikat servo arm ke pushrod longgar..

ada baiknya preflight check untuk setiap kali penerbangan..

Posted: 16 Jan 2008, 22:24
by yuda
@blitz: waduh ternyata ada temenya juga hehehe..
mungkin penyebabnya betul yang dikatakan om revenchan..
yg pasti ada yg tidak beres antara servo arm elevator ke pushrod elevator..

@revenchan: mungkin emang sudah takdirnya harus ganti escape om hehehe :D ..
soalnya saya cari escape ga'dapet trus ambil scaner..

Posted: 16 Jan 2008, 22:33
by Yudha
Turut prihatin om
Bener seperti kata ravenchan, sebaiknya lakukan dan biasakan preflight check sehari sebelum terbang demi keselamatan diri kita, orang lain dan property

Posted: 17 Jan 2008, 09:14
by yuda
Udah kewajiban sebelon terbang pasti saya cek dulu om, bahkan super2 cek malah.. Cuman yah mungkin emang udah takdirnya.. Kemaren escape saya baut nose gear udah dikasi lokted & dikencengin aja bisa lepas ndiri..

Posted: 17 Jan 2008, 11:04
by Syafik
Wah kok jadi berkeping2 gitu ya... ada yang bisa diselamatkan mas?

Posted: 17 Jan 2008, 11:10
by Eldean
jadi mesinnya sampai skarang masih berstatus hilang yah?? kayanya harus hunting ksitu nih..hehehe...

Posted: 17 Jan 2008, 14:07
by Satria
ckckckck....serem amat, hancur tuh pesawat, kayaknya bingung mo dibenerin nih ....

Posted: 17 Jan 2008, 18:59
by yuda
@syafik: Untungnya yg paling mahal selamat om, yaitu rx jr auto scan dual conv 9ch, selain itu 4servo juga selamat, hanya saja yg masih bisa dipake 3buah, 1nya rompol gearnya..

@eldean: sampe sabtu kemaren enggine dinyatakan hilang, yg ketemu cuman mufler doang :lol: , batre jr juga lenyap..

tapi minggu kemaren ada orang kampung sekitar bukit salak yg nawarin enggine 2nd, &saya lihat ternyata punyaku, mungkin maksudnya supaya ditebus,, tapi saya bilang ''ambil aja pak saya sudah punya yg baru'' eee malah dikasikan, cuman kondisinya sudah tdk layak pake..