Page 1 of 2

Venus atau U Can Do

Posted: 20 Feb 2008, 21:29
by kresna
Untuk terbang santai dan bisa belajar manuver2 sederhana lebih direkomendasikan yang mana ya ...?
Kalau dikonversi ke elektrik direkomendasikan ngak?

Re: Venus atau U Can Do

Posted: 20 Feb 2008, 21:38
by AgoesAurelz
kresna wrote:Untuk terbang santai dan bisa belajar manuver2 sederhana lebih direkomendasikan yang mana ya ...?
Kalau dikonversi ke elektrik direkomendasikan ngak?


for 1st fixedwings saya recomen kelas Electric dulu om.... :)
Kalo engine lebih berat, walaupun power rata-rata lebih besar, tapi stall juga besar...

Posted: 20 Feb 2008, 21:45
by Yudha
Venus aja om, u can do badannya ngeflek

Re: Venus atau U Can Do

Posted: 20 Feb 2008, 21:47
by kresna
Augustinus Aurelius wrote:
for 1st fixedwings saya recomen kelas Electric dulu om.... :)
Kalo engine lebih berat, walaupun power rata-rata lebih besar, tapi stall juga besar...

Sebenarnya rencana ini bukan 1st nitro fixwings saya .... saya hanya ingin coba yang berbeda (GreatPlane).
Mungkin Om Augustinus punya pengalaman dg Venus atau u can do .... untuk terbang nyantai dg manuver2 ringan?

Re: Venus atau U Can Do

Posted: 20 Feb 2008, 22:14
by AgoesAurelz
kresna wrote:
Augustinus Aurelius wrote:
for 1st fixedwings saya recomen kelas Electric dulu om.... :)
Kalo engine lebih berat, walaupun power rata-rata lebih besar, tapi stall juga besar...

Sebenarnya rencana ini bukan 1st nitro fixwings saya .... saya hanya ingin coba yang berbeda (GreatPlane).
Mungkin Om Augustinus punya pengalaman dg Venus atau u can do .... untuk terbang nyantai dg manuver2 ringan?


Wah belom pernah om... neither Venus nor U Can Do....
...but i think, i Can Do both of them... hehehe...

Saya masih newbie di fixedwing om... dari suntuk di rotarywings ingin "nyeleweng" sebentar di fixedwing... ehh malah keterusan jadinya :)
Saya baru terbangin fixedwing kelas electric aja om, ternyata kok enak.... lebih santai, lebih fun... dan yg jelas... lebih clean...
Kalo nitro, tiap abis main harus mandi-kramas... karena seluruh badanku "full castor coated" hehehe....

Posted: 20 Feb 2008, 23:02
by Mukti
U Can Do ... kayaknya GP lebih OK deh, saya sendiri pake Groovy50 TWM ... kalau buat saya sih juga bagus2 aja yah... Gak pernah pakai yang lain sih....

Posted: 21 Feb 2008, 02:22
by su-31
Yep.., here we go...
Powered by Saito FA-110 GK
Pull-Pull Rudder.

Image

Karena saya punya U-Can-Do, jadi gak milih Venus.
Pernah nyoba Venus, rasanya Venus itu lebih presisi, ya buat Pattern/F3A lah kali.

Ini U-Can-Do saya sewaktu masih di sini (sekarang dah ke Amerika, karena ditaksir).
Itu yg pertama keluar (U-Can-Do 60)..katanya spec buat engine 60.
Ya saya pakai OS .61 FX, rasanya power ngepas...
Terus ganti sama Saito FA-110GK Four Stroke.., lumayan bisa hover pass2an.
Ahirnya pasang Webra 120 (!!!), baru kemudian ditaksir dan dibawa ke Amrik.


Ini dia My dynamic Duo...

Image

Jadi, 2 pesawat ini yg bersejarah dan sangat berkesan buat saya.
Saya masih simpen yg baru (NIB).., dan kenyataan nya yg Magic itu sekarang malah ndak ada jual.
Ndak tau apa U-Can-Do 60 masih ada.., yg sy tau belakangan ada yg Giant dan yg 40 (kecilan).
Ya bersejarah karena 2 pesawat ini lah pertama kali saya bisa Hover.
Magic pertama kali bisa nyondol rudder ke tanah...dan U-Can-Do pertama kali bisa Torque-Roll.

Selain U-Can-Do ini, saya belum pernah bisa Torque-Roll lagi dgn pesawat lain.
Terutama kalo belly menghadap kita.., konsentrasi susah, bingung/disoriented.
Nah, karena U-Can-Do saya itu (dgn Webra 120), masuk Torque Roll nya pelan...
...maka cukup waktu untuk koreksi, dan ahirnya bisa berlanjut Torque-Roll, Canopy balik lagi hadap kita.
Magic contohnya, torque-roll nya cepet, begitu belly hadap ke saya, ya kalo ndak crash, buru2 pull out lah.
Setelah dapet setting yg paling enak dengan Engine Webra 120 tsb, U-Can-Do saya ditaksir temen...
Saya dapet yg baru in box.., ya eman2 lah tidur sama Magic nya juga...

Demikian lah...
Yg saya rasa.., U-Can-Do itu pelan...(males).., jadi enak lah buat Fun macem2.
Nurut.., Forgiving, Gentle Stall...dan yg .60 ini gede lho.., 165cm Wingspan, hampir 2 x Magic.
Dan yg 60 ini, badan nya kuat, & sama sekali ndak Flex.
Landing gear nya tipis memang.., tapi eh kok kuat nahan Webra 120 kalo hard landing !.
Apa yg bang Yudha maksud Flex itu yg 40 atau yg mana ya ?
Memang fuselage nya panjang.., pipih keatas.., tapi itu juga yg bikin dia bagus Knife Edge nya.
...banyak yg udah convert ke electric.

Anggep aja review singkat, silahken pilih.
Venus juga enak sih.., tapi ndak sejinak U-Can-Do.
Bukan Racun sembarang racun.., beli U-Can-Do dan YS FZ-110.., awas jangan tergoda iman...

Salam kenal...

Posted: 21 Feb 2008, 05:34
by kresna
Ha ha ha .... om Wisnu .... saya jadinya bukan penasaran dg U Can Do (karena reviewnya sudah jelas) ... sekarang malah penasaran dg YS FZ-110 ..... ???

Re: Venus atau U Can Do

Posted: 21 Feb 2008, 05:40
by kresna
Augustinus Aurelius wrote:
Saya masih newbie di fixedwing om... dari suntuk di rotarywings ingin "nyeleweng" sebentar di fixedwing... ehh malah keterusan jadinya :)
Saya baru terbangin fixedwing kelas electric aja om, ternyata kok enak.... lebih santai, lebih fun... dan yg jelas... lebih clean...

Betul .... saya dulunya juga hanya main heli (ngak kenal pswt) .... tetapi setelah coba pswt, apalagi setelah kenal keluarga "wayang" .... sampai2 hapir 6 bulan saya ngak sentuh yang namanya heli .... luar bisa-murah-meriah-minimalis realistis .... kalau main heli terus dan crash ... ndek arak kepeng ....

Posted: 21 Feb 2008, 08:51
by MrDoms
:-s membaca ulasan jadi kalah mental ngelawan limbo vs. om su-31, bukan takut ama pesawatnya loh... tapi takut ama orangnya... hehehehe

bagian akhir dari ulasan seperti yang saya duga....
su-31 wrote:Bukan Racun sembarang racun.., beli U-Can-Do dan YS FZ-110.., awas jangan tergoda iman...


waspadalah... waspadalah....!!!