Page 1 of 3

Keanehan pada saat nge-charge Li-Po

Posted: 27 Feb 2008, 20:38
by adipur
Saya bbrp hari yg lalu ngecharge LiPo 2170 mAh setelah dipake nih.
Sesuai petunjuk rekan2 disini, maksimal dikasih arus 1C saja, lebih bagus lagi kalo dibawah itu.

Nah... akhirnya saya charge dgn 1200mAh, dengan asumsi ngecharge lebih lama, tapi batre diharapkan lebih awet.
Masalahnya, begitu charger nge cut, kok voltasenya cuman 3,9 volt ya? gak bisa sampe 4,2V?
Saya penasaran, trus saya pake lagi batrenya, kemudian di charge dgn 600mAh, ternyata hasilnya sama saja, cuman max 3,9 volt. Sampai sini saya berasumsi batre saya sudah nge-drop. Pasrah deh ](*,)

Nah... tadi malam saya mau maen, saya charge lagi tuh. Cuma karena pengen cepat maen, saya charge di 2100mAh.
Surprise, ternyata voltase akhirnya 4,2 Volt !!!

Ada yg bisa jelasin fenomena ini? Fyi, Charger saya T15 dengan balancer T6B.
Keanehan lain, di display chargernya kok tertulis arus yg masuk sebanyak 2060mAh ya? Padahal kan kalo LiPo dipakai sampai hampir habis seharusnya rusak? Voltase pd saat mulai nge-charge sktr 3,6 - 3,7 volt

Posted: 27 Feb 2008, 21:08
by Ravenchan
bang adipur.. salam kenal ravenchan.. biasanya batere lippo untuk amannya dan awetnya di cas maksimum 1/2 C saja bang. voltase saat mulai dicas 3.6-3,7 V adalah wajar bang. Mungkin settingan di charger T15.

Yang saya pakai B5 dan sy charge maksimum dengan arus 1/2 C hingga saat full selalu didapat 4.2 V masing-masing selnya.

Mungnkin ada settingan maksimum Voltase untuk lippo pada T15. Ayo teman-teman yang pakai tahmazo silahkan beri pencerahan..

Posted: 27 Feb 2008, 21:36
by Yudha
Aneh ya, setau saya T15 tidak bisa di set voltase maksimalnya, normalnya cut off di 4,2 volt /cell.

Kemungkinan t15 anda bermasalah coba di tes ngecas lipo tersebut dengan t15 teman, atau bisa juga t6b nya yang error, saya pake t30 dan t6b kalo ngecas batre 2 sell displaynya suka aneh..masak per cell nya 3,9 tapi voltase keseluruhan sudah terbaca 8,4 setelah ganti pake v balance semua jadi beres :D

Posted: 27 Feb 2008, 21:48
by adipur
Tadinya emang saya mau beli v-balancer, tapi katanya gak bisa keliatan tegangan per cellnya kalo pake T15.
Kalo pake T6B kan ada kabel lagi utk ngebaca tegangan per cell.

Btw, Pak Yudha, kalo pake T30 and v-balancer bisa kelihatan tegangan per cellnya gak?

Trus, di display yg menyatakan jumlah arus yg masuk, kok bisa sampe 2060 ya? Padahal kapasitas batre 2170. Teorinya kan ini berarti batre hampir kosong, padahal voltase waktu mulai nge-charge 3,6-3,7 volt. Seharusnya paling keisi sktr 1200-1500 lah, wong cuman dipake 5-6 menit hover doank kok.

Apa karena ada arus yg dibuang waktu nge-balance tiap cell? Yg kepikiran oleh saya sementara ini sih T15 ngasih arus ke T6B, cuman karena cell belum balance maka dibuang kelebihannya. Bener gak asumsinya?

Tapi kalo emang benar begitu, gimana kita tahu persisnya brp arus yg benar2 masuk ke batre ya?

Bingung nih... ](*,) ](*,) ](*,)

Posted: 27 Feb 2008, 21:56
by su-31
Ravenchan wrote:...batere lippo untuk amannya dan awetnya di cas maksimum 1/2 C saja bang...


Halo bung Ravenchan, salam kenal nih.

Numpang tanya ya (mungkin sedikit oot kah).., jadi kalo orang main electric dengan Lipo gitu, misal yg 2000an mA...
Berapa lama (dan aman) kalo quick charge di lapangan ??

Saya mau bandingin kalo kita main Nitro, habis fuel...refuel, start...
...sambil santai bisa kira2 15 menit..., mau cepet/buru2 5 menit juga bisa.
Jadi kalo electric mau cepet, harus punya paling tidak 3 batere.., kalo perlu chargernya 2 unit.
Kita terbang, sembari nge charge batere cadangan nya.., gitu ya..??

Posted: 27 Feb 2008, 22:05
by kucing
untung saya ndak suka yg cepet2x.... :-# :-#

menurut saya kemungkinan baterynya sudah krg bagus, kebetulan saya juga pake T15 dan T6B...selama ini saya ngecharge kalau batery 1000mah saya charge dgn 750mah, kalau dilapangan malah suka 1:1.....batery sdh 1 thn lebih aman2x aja dan msh baik... O:) O:)

kadang2x kalau sdh tidak balance(terlalu jauh bedanya) t15 suka cutoff sendiri.

Posted: 27 Feb 2008, 22:12
by Ravenchan
hahaha.. ini nih.. senior engine yang lagi lirik elektrik.. btw penggunaan batere lippo sepertinya sama aja dengan engine.. tergantung mau digeber full throtel berapa lama.. kalo di engine yang abis kan minyaknya.. kalo di elektrik ya arus batere dischargenya.. jadi kesimpulannya makin besar mah batere sebanding dengan dengan berapa cc minyak fuel yang diisi ke tanki engine..

Cepat habisnya? sama aja om.. sebanding dengan cara kita bermain dan throtel yang di naik turunkan..

kalo soal quick charge saya gak gitu ngerti om.. hanya saja pengecasan saya lakukan di rumah sebelum ke lapangan dengan arus 1/2C saja maksimal demi keawetan si batere..
itupun harus 3 jam baru full.. tergantung mah batere juga..

satu kekurangan si elektrik adalah tergantung dengan C batere.. makin besar Cnya makin adem ayem tuh panas baterenya walaupun digeber full throtel lebih lama.. kalo Cnya kecil.. siap2 deh cut off di udara kalo full throtel terlalu lama..

Posted: 27 Feb 2008, 22:14
by Yudha
adipur wrote:Tadinya emang saya mau beli v-balancer, tapi katanya gak bisa keliatan tegangan per cellnya kalo pake T15.
Kalo pake T6B kan ada kabel lagi utk ngebaca tegangan per cell.

Btw, Pak Yudha, kalo pake T30 and v-balancer bisa kelihatan tegangan per cellnya gak?
Ngga bisa om cuman tegangan keseluruhannya aja ynag keliatan sama display di v balance

Trus, di display yg menyatakan jumlah arus yg masuk, kok bisa sampe 2060 ya? Padahal kapasitas batre 2170. Teorinya kan ini berarti batre hampir kosong, padahal voltase waktu mulai nge-charge 3,6-3,7 volt. Seharusnya paling keisi sktr 1200-1500 lah, wong cuman dipake 5-6 menit hover doank kok.
Nah itu saya curiganya t15 anda error

Apa karena ada arus yg dibuang waktu nge-balance tiap cell? Yg kepikiran oleh saya sementara ini sih T15 ngasih arus ke T6B, cuman karena cell belum balance maka dibuang kelebihannya. Bener gak asumsinya?
Teori yang saya baca kalo t6b itu membalance sampe selisih 0,005 masing2 sell baru dia berhenti yang lebih tinggi voltasenya diturunkan sampe sama

Tapi kalo emang benar begitu, gimana kita tahu persisnya brp arus yg benar2 masuk ke batre ya?
Nah kalo ini susah saya jawabnya :D

Bingung nih... ](*,) ](*,) ](*,)

Posted: 28 Feb 2008, 08:44
by iwan21
Pengalaman saya dg T-15 dan balancer ( Prolux, karena gak punya T6B hehehe) :

Charge batere kapasitas gede (diatas 1500 mah) dg Chargin current dibawah 1C, maka charger akan stop sebelum Lipo sampe peak voltagenya (jadi masih dibawah 4,2 volt/sel). maka utk peakingnya saya cabut balancer dan batere langsung dicharge ke T-15, hasilnya batera akan mencapai 4,2 volt/sel.

Untk kenapa kok batere 2170 mah bisa diisi sampe 2060 ma ? , nah utk batere yg selnya masih sehat katanya memang bisa dipake sampe 90 % kapasitas tanpa menurunkan tegangan persel dibawah 3,7 volt. Jadi jangan heran kalo habis dipake trus di charge isinya sampe hampir sebesar kapasitas baterenya tanpa batere tersebut rusak waktu dipake.

Kondisi hover bukan jaminan pake baterenya sedikit om, banyak faktor juga yg menentukan pemakaian batere itu boros apa irit..

Posted: 28 Feb 2008, 08:44
by MrDoms
halo saya mau ikutan diskusi nih... salam kenal semua....

Om Adipur: maaf saya nggak bisa komen banyak karena kurang paham sistem charger yang om punya. Kalau charger milik saya ada selector arusnya. Jadi untuk bermain <1 C saya akan pilih 0.5A, 1A, 1.5A, atau 2A tergantung batre saya. Kalau untuk batre 2200 mAh maksimal saya akan pilih 2A. Tapi saya biasanya untuk batre tersebut main di 1A dan paling sering di 0.5A. Setelah balanced dan cut off voltase sudah di 4.2V.

Sepertinya charger milik om Adipur mirip dengan pom bensin, mau isi berapa untuk batre yang kita punya. Misalnya batre 2170 mAh, kita isikan 1200 mAh ya tentu saja nggak full dianya... (maaf inilah pengertian saya).


Om Su; untuk elektrik power sistem kita mesti pertimbangkan punya batre 2-3 om untuk mengkalkulasi economis vs. engine vs. flight time vs. kepuasan.....
Untuk mengecharge dilapangan saya pakai aki mobil (pakai kabel yang panjaaaaannnngggg biar jauh dari mobil). terus om harus kuatkan iman... janganlah sampai tergoda.
Kalau pakai 1C untuk 2200 mAh kayaknya cuman 1 jam (nggak pernah catat - ketiduran dilapangan hahahaha) dengan catatan aki harus strong, mungkin suhu WR dan suhu Roji bisa menghitung charge timenya.