Page 1 of 4
[tanya] home build landing gear
Posted: 13 Mar 2008, 10:58
by flytosky
sy sering liat temen temen bikin pesawat home made lengkap dengan landing gearnya. kebetulan sy lagi mau buat nih, cuman mentok di landing gear aja. gimana caranya ya?
pesawat yang sy mau buat profile, dengan engine 46. mungkin ada yang bisa kasi masukan? thanks
Posted: 13 Mar 2008, 13:32
by NF
kalo untuk 'kaki' bisa pakai jeruji sepeda motor, untuk roda bisa beli ke LHS atau seperti om bing's..., buat sendiri pakai karet spon ati yang tebel ( 16 mm) dan 'as'nya pake isi bolpoin...
Posted: 13 Mar 2008, 15:55
by x wing
waduh om irfan; nitip "motor taril yang goceng" ke sodara yang di kota napah?
aku soal nya juga pake roda begituan murah siy

Posted: 13 Mar 2008, 17:10
by flytosky
lagi berusaha disiplin dalam pengeluaran nih om x-wing. hehehe...
pakde, pake ruji sepeda motor kuat ya untuk menahan landing yang agak keras? roda sih no problemo, udah ada soalnya.
Posted: 14 Mar 2008, 10:14
by seasickers
Bos Ivan kalo landing gear pake pelat aluminium tipis kan banyak yang juak tuh di toko bangunan, ato kawat yang agak kuat.
kalo roda bisa bikin dari telapak sandal om (he..he...he...) bukan sandal kulit tentunya
kalo mau ringan pake sandal gabus (sandal dari depron tebal itu loh...)
gmn bisa di nalar gak ya ide aku ini.......
Posted: 14 Mar 2008, 10:57
by christoffel
kalo untuk engine 46, nggak bisa pake jeruji, kurang kuat.
Saya biasanya pake kawat baja, 3mm untuk engine sampai 32, 4mm untuk engine sampai 50, 4mm dobel untuk engine 60 keatas.
Kawat baja biasanya ada dijual di toko hardware, kalo di surabaya ada di AJBS. Kalau nggak ada, bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi ...
kawat jeruji sepeda motor bisa untuk sampai engine 15. Dibawahnya ada jeruji becak, untuk pesawat foam kecil.
Posted: 14 Mar 2008, 11:37
by toto
christoffel wrote:kalo untuk engine 46, nggak bisa pake jeruji, kurang kuat.
Saya biasanya pake kawat baja, 3mm untuk engine sampai 32, 4mm untuk engine sampai 50, 4mm dobel untuk engine 60 keatas.
Kawat baja biasanya ada dijual di toko hardware, kalo di surabaya ada di AJBS. Kalau nggak ada, bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi ...
kawat jeruji sepeda motor bisa untuk sampai engine 15. Dibawahnya ada jeruji becak, untuk pesawat foam kecil.
Om Chris paling bisa mengusik orang jadi pengen tahu/belajar terus, hal ini dari cuplikan diatas "
............ bisa pake kawat beton, trus setelah di bentuk, dilakukan pengerasan / karbonisasi .......".
Pertanyaannya gimana tuh cara melakukan pengerasan/karbonisasi nya, apa dmaksudnya dibungkus pake kertas karbon yang untuk ngetik gituh ..... he ..... he .... (becanda 'on'), ayo dong penjelasannya terusin om jangan bikin penasaran dan gara2 penasaran bikin enggak bisa tidur biasanya yang nantinya berbuntut di kantor jadi ngantuk trus ketahuan boss lagi ketiduran dan trus ................ tahu aja deh akibatnya.
Ditunggu ya om, please .............
Teng kyu sebelumnya
Posted: 14 Mar 2008, 12:19
by christoffel
waduh ... om toto bisa aja ...
proses karbonisasi itu sebenarnya proses menambah kadar karbon pada besi supaya menjadi lebih keras, atau bahasa awamnya untuk bikin besi jadi baja, meskipun cuman sebatas lapisan luarnya aja.
Cara yg paling sederhana, adalah dengan memanaskan kawat secukupnya, lalu dicelupkan kedalam oli bekas pakai, dilakukan beberapa kali. Olinya harus bekas pakai, karena yg digunakan adalah endapan karbon pada oli bekas tadi. kalau oli baru, malah nggak ada endapan karbonnya.
Posted: 14 Mar 2008, 12:19
by christoffel
Cara yg lebih benar, cairan untuk pencelupannya harus cairan karbon ... itu bisa dibeli di toko alat2 bengkel / hardware ... namanya saya nggak tau, tapi biasanya saya cuman bilang untuk pengerasan, pelayannya udah tau. Biasanya digunakan orang bengkel untuk bikin keras produk mereka, misalnya untuk bikin palu dll ... Coba tanyain ke bengkel2 terdekat deh (bukan bengkel spd mtr lho pak ...)
Posted: 14 Mar 2008, 12:20
by christoffel
Teorinya sih, susunan atom besi murni akan membentuk konfigurasi tertentu (seperti kalau nyusun kelereng dalam box) yg dalam teknik bahan kita kenal sebagai HCC, BCC dll ...
Lalu dimasukkan impuritas karbon, yg mana ukuran atomnya lebih kecil dan lebih keras dari pada atom besi. atom karbon ini akan masuk / mengisi / mengganjal di sela2 atom besi sehingga konfigurasi atom keseluruhan jadi lebih padat.