Engine anda bersin???

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

Post Reply
User avatar
BUdi Santoso
Posts: 4
Joined: 04 Jan 2008, 11:49
Location: Malang
Contact:

Engine anda bersin???

Post by BUdi Santoso »

Just share what we have done on my lovely LA.25
Keausan pada 'bush bearing' bagian depan [tepat di belakang propeler], menyebabkan kebocoran fuel melalui celah2 antara shaft dan bush bearing depan saat engine running.
Tanda tandanya, fuel akan cepat habis karena sebagian besar terbuang dan di kabutkan oleh putaran propeller.
Lebih lanjut, kabut bahan bakar ini akan ditebarkan ke seluruh body pesawat, terutama pada bagian canopy, leading edge sayap didekat body.
Lebih lanjut lagi body pewasat akan lengket kalo di pegang dan mudah kotor oleh debu yang dengan sangat mudah nempel karena body dilumuri fuel.
Performance engine jadi ngedrop, akan sangat terasa pada saat high rpm, high load karena pressure didalam crank case sebanding dengan load engine.

So kalo sudah begini, mau dibuang sayang karena compression ratio masih sangat bagus, ganti bush bearing sangat sulit karena presisi tinggi dan tidak semua tukang bubut punya ketrampilan mengganti bearing.

Cara mudahnya dan semua tukang bubut pasti bisa melakukan pekerjaan ini adalah sbb:

1. Lepaskan crank shaft dari engine, urutan2nya lihat manual masing2 manufacturer.
2. Bawa shaft ke bengkel bubut [sembarang/pingir jalan/ kaki lima] karena ongkosnya relatif murah [15 rb saja]
3. Mampir dulu ke toko spare part mobil/ motor untuk beli 'O' ring tebal 2mm, diameter sesuai dengan diameter shaft 'di belakang' propeller.
4. Kasih gambar [terlampir] dan shaft ke tukang bubut, tungggu 15 menit selesai.

Mudah mudahan bermafaat.

Salam

Waduh derek derek saya nggak bisa up load drawing/pictures nya. Gimana caranya ya?
Untuk sementara bila pingin gambar bisa tulis email ke budi.santoso@ftenergi.com
Post Reply

Return to “Engine”