Page 1 of 2
APA PENYEBAB STALL....?
Posted: 10 Jun 2008, 19:43
by Tomtrojan
Saya punya 2 pesawat yang selalu terkena penyakit stall setiap terbang yaitu pswt phoenix (sapac) & pswt jet dragonfly (esky) dua2nya bermoncong lancip. Penyakit tersebut baru terjadi akhir2 ini (waktu barunya enggak pernah stall). Stall selalu terjadi setelah pswt bbrp menit mengudara tiba2 pesawat langsung meluncur kebumi dgn posisi tegak lurus moncong dibawah. Pd posisi dmkn saya coba utk recovery dng menarik stik elevator maximal tpi nggak pernah berhasil. Kira2 apa penyebabnya ya...? mungkin ada pencerahan dr para suhu aerodinamika...
Posted: 10 Jun 2008, 20:37
by flytosky
udah check signal range belom om? takutnya tx - rx nya bermasalah gara gara pernah crash.
Posted: 10 Jun 2008, 21:37
by beta_james
flytosky wrote:udah check signal range belom om? takutnya tx - rx nya bermasalah gara gara pernah crash.
Betul Om................klo masalah aerodinamika pesawat tersebut tidak akan terbang dulu dengan baik baru jatuh akan tetapi dia tidak dpt terbang....................Cek lagi Om...TX dan RXnya
Posted: 10 Jun 2008, 22:36
by DeVIN
Motor melemah, airspeed berkurang, posisi COG berubah (karena batere bergeser, beda waktu kit "baru"),dihedral sayap berubah akibat crash.......... pengalaman saya Om.
Salam.
Posted: 11 Jun 2008, 01:59
by unhunt
setubuh ...... eh setuju om....idem aja,,rechek ulang aja mendingan
Re: APA PENYEBAB STALL....?
Posted: 11 Jun 2008, 09:42
by AgoesAurelz
Tomtrojan wrote:Saya punya 2 pesawat yang selalu terkena penyakit stall setiap terbang yaitu pswt phoenix (sapac) & pswt jet dragonfly (esky) dua2nya bermoncong lancip. Penyakit tersebut baru terjadi akhir2 ini (waktu barunya enggak pernah stall). Stall selalu terjadi setelah pswt bbrp menit mengudara tiba2 pesawat langsung meluncur kebumi dgn posisi tegak lurus moncong dibawah. Pd posisi dmkn saya coba utk recovery dng menarik stik elevator maximal tpi nggak pernah berhasil. Kira2 apa penyebabnya ya...? mungkin ada pencerahan dr para suhu aerodinamika...
Maksudnya stall spin? meluncur tegak lurus sambil muter-2 kan pak?
Saya udah berapakali mengalami hal itu.. terutama bila terbang dgn pswt type low wings..
Selain kekurangan lift waktu manuver akibat low speed, bisa juga stall spin akibat CG-nya ngga dapet.
Coba deh dicheck CG-nya pak. Posisi, berat dari battery/motor/mesin yg berubah bisa jadi penyebabnya..
Setiap ganti battery/motor/mesin dan pasang accessories tambahan CG juga harus di check lagi.
Pesawat yg pernah jatuh dan repairnya tidak di balanced dgn sempurna juga bisa mempengaruhi stall pak..
intinya pesawat sebelum terbang harus benar-benar "balanced" kiri-kanan, muka-belakang..
Kapan kalo ke Lombok bawa pesawat ya pak.. kita maen bareng..

Posted: 11 Jun 2008, 18:18
by wonodikromo
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz
Posted: 11 Jun 2008, 18:18
by wonodikromo
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz
Posted: 11 Jun 2008, 18:18
by wonodikromo
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz
Posted: 11 Jun 2008, 18:18
by wonodikromo
Halo semua, ada berberapa sebab yg buat pesawat stall. Stall terjadi adakalanya waktu slow flight, stall waktu take off (berlepas) stall waktu final approach (landing), stall juga berlaku wakyu buat menuver seperti loop. Stall waktu slow flight terjadi kerena semulajadi nya pilot banyak mengunakan elevetor dan bila hampir stall langsung buka power (cfm stall) Stall waktu takeoff (berlepas) selalunya terjadi kerna CG yg kurang baik, belum cukup ROG speed sudah tarik elevator, motor yg kurang daya bila hampir hujung runway tidak close ppower tapi langsung tarik elevator ini semua penyebab stall. Stall waktu approach slalunya terjadi sama seperti slow flight, approach untuk pesawat model tidak boleh seperti 747 atau F18 depan lebih tinggi dari ekor. Pendapat saya lebih baik approach seperti B52 hujungnya rendah dari ekor untuk maintain speed terutama sedang angin kencang. Gaz