Page 1 of 3

<ask>about exhaust system...

Posted: 20 Oct 2008, 20:24
by eidri
dear rekan-rekan grage....

saya ada pertanyaan...
selama ini saya sering denger rumor yang mengatakan bahwa apabila buffle (yang bentuknya kaya kerucut itu didalem knalpot) dilepas akan menambah speed......
tapi saya masih bingung karena yang saya tau untuk mesin-mesin kategori 2stroke masih membutuhkan back pressure untuk membantu mendorong pistonny kembali dari TMA ke TMB...
sedangkan menurut pengamatan saya, kalau melepas buffle justru aliran buangny menjadi terlalu los, sehingga back pressure yang kembli ke dalam ruang bakar menjadi lebih kecil...

hal ini lain dengan knalpot mesin-mesin 4 stroke yang memiliki torsi lebih besar dimana back pressure menjadi hal yang tidak perlu terlalu dikhawatirkan...
sehingga kita tinggal menyesuaikan ukuran diameter knalpot dengan saluran buang mesin dan kemudian dicari mana ukuran yang paling optimum....

tapi sebenernya saya percaya hal itu...namun saya lebih percaya lagi kalau dibalik speed/rpm yang nambah pasti ada yang dikorbanin (entah itu torsi atau apalah...)

jadi pertanyaanny apakah benar speed/rpm bisa meningkat dengan melepas buffle...????

thanx...


regards..

eidri



ps:
sebenernya sabtu ini mao saya coba seh....pake OS 46 AX...
wah kalo bener bisa nambah rpm......lumayan banget tuh....
suaranya juga pasti jadi lebih sangar kan...hehehehe..... \:D/ \:D/

Posted: 21 Oct 2008, 00:34
by beta_james
Salam kenal dulu Om Eidri............

Secara teori saya tdk bisa menjelaskannya Om......tetapi secara praktek memang benar bahwa apabila dibuka secara keseluruhan ( Mufflernya ) maka akan menambah tenaga........akan tetapi beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. suara akan semakin besar/berisik
2. fuel akan lebih boros karena cenderung lebih reach......
3. tekanan ke tenki bahan bakar berkurang jadi presurenya dari tengki kebahan bakan juga berkurang......jd hal ini yang paling perlu diperhatikan Om Eidri.....
karena mesin rentan untuk lebih cepat matinya.......

Posted: 21 Oct 2008, 02:05
by su-31
beta_james wrote:...secara praktek memang benar bahwa apabila dibuka secara keseluruhan ( Mufflernya ) maka akan menambah tenaga.......


Idem et Tutwuri handayani...,

Coba ambil tachometer, ukur peaknya ketika cone nya dicopot dan terpasang.
Jelas lebih tinggi ketika dilepas.

Bahkan jelas tertera pada instruction manual OS FX Series, Hal.11.
..yg menyatakan bahwa Standard muffler dengan Cone Baffle nya itu: "Reduces power to some degree" (kutipan asli).
Namun sayang OS pun ndak menjelasken dimanualnya, mengenai teorinya kenapa.

Demikian kiranya bung Eidri, dan terimalah Salam Perkenalan dari saya...
Mari kita berharap ada Engine Guru disini yg sudi bagi2 ilmu & menjelasken.

Salam,

Posted: 21 Oct 2008, 06:22
by Ary
Sy juga pernah baca tp dah lupa dimana , Engine OS tsb kondisi optimalnya adalah dgn muffler tanpa baffle,

namun karena engine tsb banyak dipasarkan ke negara2 yg lapangan rc nya ketat dalam pengawasan masalah level keributan
suara, maka pd muffler engine tsb ditambahkan baffle berbentuk cone tsb, yg berfungsi mereduksi level suara knalpot dgn
kompensasi menurunnya tenaga engine ....

Jadi untuk kita yg lapangannya tdk ada pengawasan level suara, bolehlah baffle tsb dilepas untuk mengembalikannya ke
kondisi optimal serta mendapatkan tenaga maksimal dari engine tsb...... namun tentunya level suara muffler jg akan meningkat...

Posted: 21 Oct 2008, 08:13
by rpramusinto
Ary wrote:Sy juga pernah baca tp dah lupa dimana , Engine OS tsb kondisi optimalnya adalah dgn muffler tanpa baffle,

namun karena engine tsb banyak dipasarkan ke negara2 yg lapangan rc nya ketat dalam pengawasan masalah level keributan
suara, maka pd muffler engine tsb ditambahkan baffle berbentuk cone tsb, yg berfungsi mereduksi level suara knalpot dgn
kompensasi menurunnya tenaga engine ....

Jadi untuk kita yg lapangannya tdk ada pengawasan level suara, bolehlah baffle tsb dilepas untuk mengembalikannya ke
kondisi optimal serta mendapatkan tenaga maksimal dari engine tsb...... namun tentunya level suara muffler jg akan meningkat...


Tepat sekali yg dikatakan Om ary, menurut saya Baffle awalnya diciptakan untuk mereduksi suara yg mana akan sedikit mengorbankan power.
dalam pengalaman sy dgn OS 55AX, memang terjadi peningkatan RPM dan POWER setelah melepas baffle.. tapi jelas bising jg meningkat. heheheh..
intinya kalo mau "lebih" lepas aja baffle nya.. cuma jgn lupa juga bbrp point yg dijelaskan oleh om james. \:D/

Posted: 21 Oct 2008, 10:17
by christoffel
- setuju sama om ary ....
- fuel akan sedikit lebih boros juga setuju, cuman bukan karena lebih rich (kan tinggal nyetel spuyernya), tapi karena memang powernya bertambah yg tentunya didapat dari fuel juga ...
- tekanan ke tanki juga nggak berkurang, in fact malah bertambah dan lebih stabil karena luasan output muffler kan tetap sama sedangkan tekanan dari gas buang bertambah banyak (karena power yg bertambah dari pembakaran fuel yg lebih banyak menyebabkan gas buang juga lebih banyak). Volume tabung juga bertambah karena sekat sudah dibuang (tadinya 2 tabung kecil2, jadi 1 tabung yg lebih besar), jadi seperti kalau pada pompa air yg pake tabung lebih besar ... tekanan ke tanki juga akan lebih stabil ...

mohon koreksi rekan2 kalau keliru ... he .. he ..

Posted: 21 Oct 2008, 10:30
by MrDoms
kok suhu christofel tau aja ya lagi ada pertanyaan.... langsung nongol... hehehe...

saya mau nebeng nanya ada nggak rekan2 yang punya teknik bikin mufler hom med... yang bisa membantu mengeluarkan power lebih baik tapi kompensasi kebisingan cukup oke...

kebetulan saya ada dapat pipa aluminum super ringan dia 3 cm panjang 25 cm

Posted: 21 Oct 2008, 10:38
by justinus
Sebenarnya, mengurangi kebisingan itu lah yang menyebabkan power berkurang. Semakin kita ingin mengurangi kebisingan, power akan berkurang. Dengan menghilangkan baffle, hambatan akan berkurang, sehingga tenaga seperti bertambah. Jadi sebenarnya, dengan melepas baffle, bukan tenaganya yang bertambah, tetapi hambatannya yang berkurang. Sekedar info.

Posted: 21 Oct 2008, 11:36
by eidri
dengan hambatan yang berkurang itu apakah ada salah aspek yang bakal bertambah selaen sekedar kebisingan semata...???

Posted: 21 Oct 2008, 11:42
by eidri
christoffel wrote:- setuju sama om ary ....
- fuel akan sedikit lebih boros juga setuju, cuman bukan karena lebih rich (kan tinggal nyetel spuyernya), tapi karena memang powernya bertambah yg tentunya didapat dari fuel juga ...
- tekanan ke tanki juga nggak berkurang, in fact malah bertambah dan lebih stabil karena luasan output muffler kan tetap sama sedangkan tekanan dari gas buang bertambah banyak (karena power yg bertambah dari pembakaran fuel yg lebih banyak menyebabkan gas buang juga lebih banyak). Volume tabung juga bertambah karena sekat sudah dibuang (tadinya 2 tabung kecil2, jadi 1 tabung yg lebih besar), jadi seperti kalau pada pompa air yg pake tabung lebih besar ... tekanan ke tanki juga akan lebih stabil ...

mohon koreksi rekan2 kalau keliru ... he .. he ..




tapi apakah penambahan powernya akan sebanding dengan bertambahnya luas tabungny...??karena apabila penambahan tengany gak sebanding dengan volume tabungny bukanny yang ada tenaga malah ngempos & tekanan ke tanki akan berkurang...??? :-k