Page 1 of 3

Pengaruh Bentuk Fuselage Terhadap Performa Pesawat

Posted: 30 Oct 2008, 09:13
by didin
Ini pertanyaan mendasar....mohon maaf bila berulang.
Apa pengaruh bentuk Fuselage terhadap performance pesawat?
Bagaimana cara menentukan bentuk fuselage yang sesuai dengan ukuran wing?

Demikian saja dan terima kasih banyak atas penjelasan dari para senior.

Salam,
didin

Re: Pengaruh Bentuk Fuselage Terhadap Performa Pesawat

Posted: 30 Oct 2008, 12:21
by AgoesAurelz
didin wrote:Ini pertanyaan mendasar....mohon maaf bila berulang.
Apa pengaruh bentuk Fuselage terhadap performance pesawat?
Bagaimana cara menentukan bentuk fuselage yang sesuai dengan ukuran wing?

Demikian saja dan terima kasih banyak atas penjelasan dari para senior.

Salam,
didin


setahu saya...
Bentuk fuselage ramping dan panjang lebih stabil bin mantap, stall lebih kecil pengaruhnya..
Bentuk fuselage buntek/gendut dan pendek... pengaruh stall lebih kerasa/besar...
Begitu juga bentuk dan ukuran sayap... makin panjang makin lelet tapi stabil... makin pendek makin lincah tapi kurang stabil..
Tapi untuk semua itu tetap ada yg namanya "KOMPROMI" sesuai petuah yg saya dapat dari suhu eyang SU-31...
Untuk penjelasan lebih lanjut.... saya persilahkan eyang dan para suhu2 aeromodelling... monggo... :bow:

Posted: 30 Oct 2008, 12:39
by Syafik
Saya belum berhak menjadwab pertanyaan yang saya anggap sangat sulit untuk dijawab, menunggu para ahli turun deh...

Posted: 30 Oct 2008, 14:20
by setyo antarikso
mungkin bentuk fuselage juga pengaruh ke aerodinamika kali ya. Kalo buat kesetimbangan CG bisa juga mestinya.

Bagaimnaa ini para suhu pencerahannya?

Re: Pengaruh Bentuk Fuselage Terhadap Performa Pesawat

Posted: 30 Oct 2008, 14:25
by Budi
didin wrote:Ini pertanyaan mendasar....mohon maaf bila berulang.
Apa pengaruh bentuk Fuselage terhadap performance pesawat?
Bagaimana cara menentukan bentuk fuselage yang sesuai dengan ukuran wing?

Demikian saja dan terima kasih banyak atas penjelasan dari para senior.

Salam,
didin


Kalo nggak salah.....bentuk fuselage sangat menentukan karakter pesawat.....berbeda bentuk akan mengakibatkan Coefficient Drag, lift Force berubah.

Posted: 30 Oct 2008, 14:37
by didin
Rangkuman sementara:
- Fuselage ramping .........stabil dan pengaruh stall kecil, berlaku sebaliknya
- Fuselage.......................mungkin ??? berpengaruh ke aerodinamika
- Fuselage.......................menentukan karakter...coefficient drag, lift force

Hhmmm..... :-k tambahan dari suhu lain..?

Posted: 30 Oct 2008, 14:55
by MrDoms
kalau dalam aeromodeling bentuk fuse hanya buat aerodinamis saja... tapi untuk pesawat beneran perlu dipertimbangkan dalam hal mengatasin perbedaan tekanan cabin dengan atmosfir luar jadi cenderung membulat...

Posted: 30 Oct 2008, 18:37
by didin
Dari beberapa sumber diinternet.....selalu yang dibahas ukuran wing span, panjang fuselage, AUW, dan Wing loading.
Apakah bentuk fuselage hanya mempengaruhi WL aja......? :-k :-k :-k :-k

Re: Pengaruh Bentuk Fuselage Terhadap Performa Pesawat

Posted: 31 Oct 2008, 02:41
by su-31
didin wrote:Dari beberapa sumber diinternet.....selalu yang dibahas ukuran wing span, panjang fuselage, AUW, dan Wing loading.
Apakah bentuk fuselage hanya mempengaruhi WL aja......? :-k :-k :-k :-k


naah, dari keterangan oom Pemula-1 ini...

Pemula 1 wrote:.....bentuk fuselage sangat menentukan karakter pesawat.....berbeda bentuk akan mengakibatkan Coefficient Drag, lift Force berubah.


Maka, perubahan bentuk Fuse.., tidak hanya mempengaruhi WL saja.
Drag berubah, lift berubah.., ya karakter berubah... O:)

Posted: 31 Oct 2008, 12:25
by Syafik
Makanya peswt pattern dg stabilitas tinggi seperti untuk F3A selalu fusenya panjang, bahkan ada yg lebh panjang dari wing nya... berarti pengaruh fuselage seperti penjelasannya om pemula1, kalau pswt acrobatik dan 3D lebih pendek fuse nya