Page 1 of 2

terbang dengan Bomber 4 Engines dan WD

Posted: 17 Apr 2007, 13:14
by flytosky
halo...
perkenalkan nama saya Irvan. dulu dah pernah join waktu disitus lama, tapi lama ga login, jadi dihapus deh.

btw, saya dah lamaaa banget suka ma pesawat remote, tapi gak pernah ketemu pesawat yang bener bener 'cucok'. dulu pernah liat Accipiter Badius (glider ya ini kalo ga salah?) di Citraland, tapi ga berani beli gara2 mahal untuk gw waktu itu.

ijinkan gw ceritain pengalaman pertama gw maen Aeromodelling ya.

3 tahun lalu, gw beli pesawat remote bomber, nitip sepupu gw di pontianak. pas dateng, set dah! 4 mesin!!! pas diperhatiin, cuman 2 channel. dalam hati gw merutuk, pantes murah nih pesawat. ternyata pesawat odong odong. rakit rakit, lumayan juga penampilannya. sangar. oke, pagi pagi jam 6 ke Airport Nanga Pinoh untuk uji coba. pas di ROG, belok kekiri mulu. wah, alamat celaka ini. ambil obeng kembang, ulik sana ulik sini, puter sana puter sini. oke, beres. dicoba lagi. eh...kekanan sekarang. nahlho. cape otak atik, ya udahlah., hajar aja. gw paksain take off. rolling ga lama, tuh pesawat belok kekiri lagi. gw paksain imbang kekanan, tetap ga bisa. ya udah paksain lagi. hasilnya, airborne dengan sayap kiri menyambar tanah dan terguling guling kayak kambing guling. pas di periksa...main landing gear sebelah kiri patah. landing gear kanan masih utuh. sialnya, ga ada pengganti buat strut landing gear.

dengan lemes...gw pulang ke rumah membawa pesawat yang terkapar tak berdaya itu. sorenya, bokap gw iseng pake handlaunch di depan rumah. tuh pesawat dilempar sekuat tenaga dengan full throttle. buset dah! kayak apollo!!! dan tiba tiba, stall turn (selamat! anda berhasil melakukan manuver stall turn pada maiden flight anda) tanpa bisa di recovery. dengan muka yang pasrah, mimik yang ngeri melihat peristiwa dahsyat itu terjadi, itu pesawat menghujam bumi bagai panah dewa cupid salah sasaran. hasilnya, fuselage patah jadi dua. makin nestapalah gw...mau nangis, ga bisa. mau ngomong , ga bisa...ya sudah direlakan saja. malamnya gw mencoba memperbaiki pesawat itu dengan lem gila. ternyata...oh memang ternyata pesawat itu sudah almarhum. begitu lem itu menyentuh permukaan foam, tuh foam langsung mencair.

hiks...hiks....
sampe akhirnya, akhir maret kemarin, gw berencana melepas joystick saitek X52 gw yang akhirnya dilirik sama boss KNV, pak Hadi. gw ajakin barter dengan WD, dan beliau setuju. barang langsung dikirim 2 hari setelah pembicaraan, dan tiba 2 hari setelah pengiriman. begitu bongkar, dengan wajah sumringah dan ho*ny, tuh pesawat langsung dirakit sana rakit sini. pas mau dicobain, lho...lho...charger mana??? telpon bos hadi, eh ternyata kelupaan. ](*,) ]
cari akal, beli satu adapter odong odong 1200mAH, minta teman otak atik dikit. kurang dari 1 jam, tuh charger dah ready. langsung pulang dan charge tuh baterai yang mirip kolor ijo.

sorenya....gw masih ga terlalu berani terbangin, secara belajar terbang di FMS masih kacau. temen temen pada manas manasin. ya udah, cabut lagi ke airport pinoh yang sejak tahun 1994 udah jarang dipake, alhasil kalo sore berubah tempat jadi ajang jogging n santai.
begitu sampe sana, dipelotoin sama beberapa orang, bahkan ada yang dengan sengak bilang, "huh, paling ga bisa terbang!" gw cuekin aja, secara gw pribadi juga ga yakin yakin gw bisa mengontrol dengan baik.

pasang sayap, cek kondisi baterai, cek sana sini, ok, siap diluncurkan. coba rolling pelan pelan...tangan dan kaki gemetaran....ehh...tuh pesawat belok ke kanan. gw otak atik dikit dibagian clevis n trim. sama aja hasilnya. tuh orang sengak tadi makin girang "tuh kan, pesawat gitu ga mungkin terbang".

panas, gw nekad + penasaran, gw counter dengan menekan stik agak kekiri. berhasil. full throttle...pesawat langsung airborne sambil goyang ngebor. tuh orang langsung diem. coba muter bentar...bisa...pertama kali liat, nih pesawat kenceng amat....eh....ga lama, tuh pesawat lost control. langsung nyungsep ke sisi landasan yang berumput. anak anak kecil langsung berebutan mengambil tuh pesawat. ternyata antena TX lupa gw extended sampe full. pas diliat, tuh pesawat kondisinya baek aja, cuman rada penyok dibagian fuselage, karena jatuh dengan nose duluan. cek rudder, cek elevator, cek props, semua berfungsi dengan baik. sip, coba dilaunch lagi. ROG dengan stick counter ke kiri lagi...kali ini terbang dengan mulus...wuih....tangan dan kaki makin parah goyangannya serasa diterpa angin puting beliung. tuh anak anak ngejar ngejar tuh pesawat.

karena masih baruuu sekali nerbangin pesawat RC, gw belum berani terbang lama lama, soalnya masih berasa liar dan susah ngendaliin. gw pelan pelan turunin...throttle closed, final dikoreksi dikit dikit. begitu mau menyentuh landasan, langsung flare dikit...landing....gubraks! bounce tinggi juga sambil meluncur deras. orang orang yang duduk di ujung langsung pada ngacir kayak ngeliat kebo ngamuk ala spanyol. akhirnya tuh pesawat landing di landasan rumput alias nyungsep. asli gemetaran maeninnya....begitu landing....rasanya nikmaaat banget....

sorry ya, no pic dan laen sebagainya. gw ga punya digicam maupun hp berkamera seh....

Posted: 17 Apr 2007, 13:23
by jedx
seru juga ceritanya...
hahahaha...

Posted: 17 Apr 2007, 13:48
by iwan21
Ha ha ha ha ,,hi hi hi hi hi, saya sampe ngakak baca cerita om Ivan ini ...hi hi hi ih...

Posted: 17 Apr 2007, 15:15
by Abi Ghiffa
Mirip2 sama cerita pertama saya dengan WD, malah saya lebih nekat maiden flight bersamaan dengan orang main bola di lapangan,..kurang semeter kepala pemain bola mau dihajar,.untuk doi berkelit ala bruce lee jadi terhidar dari nose WD gue hahahahahahah,..Seru!

Posted: 18 Apr 2007, 15:05
by justinus
Ceritanya menegangkan kayak malam pertama \:D/

Posted: 18 Apr 2007, 20:04
by tomee
saya jg dulu pertama maen WD di lapangan bola, dikerubungin bocah2...trus ada yg nanya, "kapalnya bikin sendiri ya bang?" trus pas mo landing bablas masuk ke gawang, bocah2 itu langsung pada teriak "goooooolll"
abis itu besoknya maen pagi2 banget sebelom bocah2 pada rame....

Posted: 22 May 2007, 09:20
by sandiarta
kisah WD emang gak ada habisnya....
gemetaran main WD sudah sering tuch....hahahhahha....
untung ada suhu Supri, suhu Roji dan suhu-suhu lain di MGT, gemetaran jadi berkurang jauuuuhhhh....

Posted: 23 May 2007, 09:00
by flytosky
kalau saya, adanya suhu yang panas sekali... :) sampe hari ini masih berasa gemetaran sih kalau terlalu banyak yang menonton...takut nabrak orang....kadang kita ga bisa perkirakan apa yang bakal terjadi dengan pesawat itu...

pak Sandi WD nya sudah diganti dengan brushless? coba diganti pak....tar jadi sombong WD nya jadi ga mau turun turun....hehehehe

Posted: 23 May 2007, 12:45
by Mukti
flytosky wrote:kalau saya, adanya suhu yang panas sekali... :) sampe hari ini masih berasa gemetaran sih kalau terlalu banyak yang menonton...takut nabrak orang....kadang kita ga bisa perkirakan apa yang bakal terjadi dengan pesawat itu...

pak Sandi WD nya sudah diganti dengan brushless? coba diganti pak....tar jadi sombong WD nya jadi ga mau turun turun....hehehehe
Ha..ha..ha WD memang paling berjasa buat banyak orang, WD saya udah 2 tahun, udah babak belur dan kalau dilihat tongkrongannya udah kayak pesawat pulang perang Irak dapet Purple Heart tapi masih jadi andalan. Kalau ke lapangan pasti WD ini aku bawa, lha kadang2 pesawat yang lain udah pada invalid ini WD pasti masih bisa mengudara dengan gagahnya....

Posted: 12 Oct 2007, 17:45
by sudjai sarmo
WD memang patut mendapatka Puple Heart karena amat sangat berjasa bagi RC Pilots. Sekarang kalau nerbangkan WD masih bisa sambil ngobrol dengan teman tetapi waktu pertama nerbangkan dulu jangankan sambil ngobrol, dengan konsentrasi penuh ke WD saja lutut gemetaran.