Page 1 of 2

Kompas Minggu 7 Januari

Posted: 24 Jan 2007, 11:02
by Wind Raider
Kresna wrote:Hallo Semuanya,

Saya baca Kompas minggu (kompas minggu terbit selasa ... diPapua), ada ulasan Hobi Aeromodeling .......... saya lihat gambar2nya .... yang main banyak, heli/pesawat yg parkir juga banyak ......... seru juga (saya diBiak main sendirian)

Tapi waktu istri saya baca artikel "Aeromodeling, sebuah hobi mahal" ..... jadi ketahuan dah....... #-o :^o .............. :evillaugh:


Posted: 24 Jan 2007, 11:04
by Wind Raider
Iwan21 wrote:Ha ha ha, wah sebagai komparasi mestinya pak Kresna tunjukin kreasi temen2 disini yg dari gabus dan coro, murah meriah deh (body doang kan???), selembar coro/poly cuman 50 rb rups bisa jadi 2-3 pesawat elektrik kelas park flyer....jatuh ancur enggak akan nyesel ..malah pada ketawa2 kayak orang gokil hik hik hik... Radio dan asesoris bisa pindah2...


kresna wrote:Harusnya begitu, tapi sebenarnya sejak awal sudah lumayan aman ....... tentunya dg sedikit ngibul tentunya :^o
Tapi ibu kost terlanjur tau ada koleksi Raptor, Trex, dan pesawat traineer .40 ....... dan tentunya WD. #-o ..........Terutama Raptor dan pesawat engine ......... sama persis dg gambar yang ada diKompas ..... #-o
Terpaksa itu kompas minggu saya amankan .... bawa kekantor aja, dari pada nanti sore dapat tambahan ceramah........ malam ngak dikasi jatah dan diceramahin lagi .... #-o

Posted: 24 Jan 2007, 11:14
by Wind Raider
jedx wrote:Hahahahahahahaha.....


Iwan21 wrote:Tuh yg ketawa ngakak diatas salah satu contohnya.... :wwnn:


kresna wrote:
Iwan21 wrote:Tuh yg ketawa ngakak diatas salah satu contohnya.... :wwnn:


Kalo gitu saya ikutan ketawa ...... hua ha ha ha .....

Untuk raptor alasannya beli daripasar gelap, jadi dapat murah buanget .... (tapi kayaknya tetap ngak percaya) dan Bahan bakarnya sama dg mobil remot (yg ini kayaknya percaya, kebetulan saya juga main RC Car, buggy) ....
kalo Trex dan WD (karena elektrik) lebih gampang alasannya ....... ini elektrik, buatan cina jadi harganya murah cuman 350 ribu .... batreyna cuman 35 ribu ... dst (kayaknya agak percaya)
Kalo pesawat engine ........ juga agak gampang alasanya, karena saya tunjukin di internet hargan pesawatnya berkisar 600 rebu s/d 900 rebu (cukup percaya ..... padahal kan belum termasuk mesin dll)

......... hobby RC ini memang lebih racun dari racun yang paling beracun. ](*,)


reva wrote:Halooo pak AGung di Biak,
yg mejeng di kompas tgl 7 itu adalah teman aero dari Cibubur Aeromodelling Club....

kebetulan saya lagi starter Sceadu50 eh ada ama wartawannya main jepret aja, jadinya ya tampil di kompas tuh, harusnya ada foto waktu invertnya tuh... he3x... jadi Pak Agung dah tahu saya kan?... so sebaliknya pak agung berfoto diri dan dkk di biak sana, trus di post di forum ini..

btw, kalo saya gak pernah bohong ama istri makanya heli saya awet walaupun sering invertted dg RPM 2000an.... ha3x... cyman buntutnya istri trus ngajak ke mall, trus bilang kayaknya baju sebagus ini lebih murah dari Blade carbon helimu.... jadinya ya beliin deh....


salam,
REVA

Posted: 24 Jan 2007, 11:16
by Abi Ghiffa
Saya baca juga tuch,..Ada pak John, Pak Reva (master Simulator), dan kisah2 diantaranya yang paling seru adalah, bagaimana para Aeromodeller bermanuver menghadapi bini masing-masing karena merasa kehilangan waktu bersama mereka :D

Kalau gak salah Kompas tanggal 7 Januari tuch pak,..

Posted: 24 Jan 2007, 11:18
by Wind Raider
pilot_belajar wrote:alo Om Kresna..
ingat Om...semua barang terbang itu sangat sakral....krn tiap hari melawan kodrat...gravitasi bumi..wuakakakakak... :evillaugh:

salam,

budi


andre wrote:hehehe pak Krisna saya juga bilang sama istri kalo WD harganya 300rb itu aja udah ngomel2 istri saya apalagi kalo tahu yg sebenernya dan setiap pesen barang minta sama hobby shop yg kirim supaya gak di kasih nota biar kalo pas yg trima orang rumah gak pada kaget \:D/ \:D/


kresna wrote:
andre wrote:hehehe pak Krisna saya juga bilang sama istri kalo WD harganya 300rb itu aja udah ngomel2 istri saya apalagi kalo tahu yg sebenernya dan setiap pesen barang minta sama hobby shop yg kirim supaya gak di kasih nota biar kalo pas yg trima orang rumah gak pada kaget \:D/ \:D/


Hua ha ha ha ..... koq sama yaa..........
malah saya pesan ke teman2 kalo SMS jangan menyebut angka Rp......


tn wrote:
reva wrote:... ha3x... cyman buntutnya istri trus ngajak ke mall, trus bilang kayaknya baju sebagus ini lebih murah dari Blade carbon helimu.... jadinya ya beliin deh....


salam,
REVA


hahahahahahaha.....pengalaman saya ga beda jauh om Reva.sampai sekarang istri pasti bandingkan dg harga property saya ( ](*,) ).jadi ga bisa ngelak klo dia pingin apa2 =P~ #-o .
tapi kayaknya kita harus adil deh ya.....

Posted: 24 Jan 2007, 11:24
by Wind Raider
Fabian wrote:Untungnya istriku gak pernah rewel, jadi nggak pernah dibohongin..(soalnya kalo rewel pasti akan dibohongin juga ketimbang harus berhenti) :muach:
Salam,


ferry wrote:Andai aku bisa bohong ke istriku [-X .......mungkin jd orang yg merdeka...he..he....tapi setiap testimoni yg aku berikan untuk sebuah properti selalu aja googling di ktrnya.....terus cross check dgn situs2 online hobby shop bak seorang detective......jd daripada ngibul jg ketahuan mending terus terang......celakanya dia tau detail apa2 aja yg diperlukan untuk bisa suatu properti itu mabur.....dan menghitung total nilai propertiku untuk membandingkan apa2 yg dia mau saat pergi ke mall [-(


irsansaputra wrote:
kresna wrote:Hua ha ha ha ..... koq sama yaa..........
malah saya pesan ke teman2 kalo SMS jangan menyebut angka Rp......


Ha..ha... jadi ingat lagu "Bang SMS siapa ini Bang", nanti istri finally bilang "Mulai dari sekarang, HP aku yang pegang" ha..ha..ha.. :-#

Posted: 24 Jan 2007, 11:28
by Wind Raider
kresna wrote:
Mungkin temen-teman lain yg di jawa sudah pada sering ketemuan dan terbang bareng .... jadi sudah saling kenal (kenal nama dan kenal wajahnya).
Saya coba upload di Photobucket dan bisa diklik di www dibawah ini .......... paling tidak kalo saya pas kejawa siapa tau ada yang nyapa dan ngajak mampir minum kopi .......

salam,
Kresna-diBiak


Iwan21 wrote:Hiks hik hik hik,,,,saya kira pak Kresna yg pake kacamata selam di kiri...:-s ...untung ada keterangannya diatas...O:)


Image

Posted: 24 Jan 2007, 11:45
by Wind Raider
Wah ..... pasti pak Kressna banyak koleksi koteka ... cocok buat fuse micro plane .... hahahaha

Posted: 24 Jan 2007, 12:14
by Wind Raider
Abi Ghiffa wrote:Saya baca juga tuch,..Ada pak John, Pak Reva (master Simulator), dan kisah2 diantaranya yang paling seru adalah, bagaimana para Aeromodeller bermanuver menghadapi bini masing-masing karena merasa kehilangan waktu bersama mereka :D
Kalau gak salah Kompas tanggal 7 Januari tuch pak,..


Ini beritanya :
kompas.com 7 jan 2007 wrote:
"Aeromodelling"
Sebuah Hobi Mahal


Bagi sebagian orang, aeromodelling adalah hobi yang mahal. Bagaimana tidak? Satu pesawat atau helikopter yang siap terbang (ready to fly/RTF) harganya bisa mencapai Rp 6 juta. Sedangkan harga paling murah sekitar Rp 700.000, tergantung jenisnya. Itu baru bodinya saja. Belum harga untuk perlengkapan terbang, seperti radio control yang harganya berkisar Rp 4 juta-Rp 20 juta, bahan bakar, pompa bahan bakar, starter untuk menjalankan mesin, charger baterai, baterai, aki kering, dan pemanas busi.

Meski sudah punya perlengkapan terbang, pesawat atau helikopter rakitan belum bisa terbang kalau belum ditempeli mesin. Harga mesin, menurut Hilman Faisal, berkisar Rp 1,1 juta-Rp 2 juta. Hilman yang memiliki tiga pesawat dan tiga helikopter sampai habis Rp 60 juta-Rp 70 juta. Meski begitu, Hilman tidak merasa sayang karena dia benar-benar terobsesi menjadi pilot. "Saya pernah tes menjadi pilot, namun gagal di kesehatan," ungkap Hilman.

Sementara itu, John yang pernah bekerja di perusahaan maskapai penerbangan di Amerika, Continental Airlines, mengungkapkan, setelah menikah dan tidak terbang lagi, kini dia menemukan kembali dunianya. "Tetap bisa terbang dan tidak perlu pergi ke mana-mana hingga bisa bertemu keluarga setiap hari," tutur John. John mengaku lebih senang membeli pesawat dalam bentuk kit (terpotong- potong). Bagi John, merakit pesawat adalah tantangan tersendiri yang harus dikalahkan.

Untuk menambah ilmu tentang teknologi pesawat, para penggemar aeromodelling ini sering berkumpul di lapangan. Meski terbang cuma satu jam, John mengaku, di lapangan bisa sampai enam jam.

"Ya kita ngobrol-ngobrol dulu tentang pesawat," ujar John. (IND)

link: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0701 ... 193634.htm


Pilot Pun Harus Belajar Terbang

Lusiana Indriasari

"Aeromodelling" diam-diam masih menjadi permainan yang banyak digemari orang. Dulu permainan ini hanya menggunakan teknologi sederhana untuk menerbangkan pesawat. Sekarang, dengan teknologi "radio control", pesawat itu bisa dimanuver sedemikian rupa sampai ke tingkat ekstrem. Meski cuma mainan, untuk mengendalikan pesawat "aeromodelling" dibutuhkan keterampilan khusus. Bahkan, pilot benaran pun harus belajar terbang agar pesawatnya tidak jatuh.

Untuk bisa menerbangkan pesawat atau helikopter model memang tidak perlu menempuh pendidikan penerbangan. Meski begitu, pesawat atau helikopter model ini tidak bisa diterbangkan begitu saja. Bahkan, menurut John Freddy Batubara (34), yang pernah menjadi pilot pesawat Boeing 737 di Amerika, menjadi pilot pesawat model lebih sulit dibandingkan menjadi pilot benaran yang duduk di kokpit pesawat.

"Kalau kita duduk di kokpit, kita bisa langsung tahu arah kiri kanan. Kalau pesawat model kita mengendalikannya dari daratan. Ketika pesawat berhadapan dengan kita, arah kiri kanannya sudah lain. Kalau tidak konsentrasi bisa salah arah dan jatuh," tutur John.

Karena sulit, tak mengherankan bila aeromodelling lebih banyak digemari remaja dan orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Bahkan, permainan ini sebenarnya "terlarang" untuk anak-anak karena berbahaya. Baling-baling pesawat atau helikopter yang berputar dengan kecepatan tinggi bisa menyobek perut atau leher orang yang terkena.

Bahaya muncul ketika pesawat atau heli yang dikendalikan jarak jauh ini terbang di luar kendali. Kalau di sekitar landasan banyak orang yang menonton, dikhawatirkan pesawat itu bisa menabrak penonton. Oleh karena itu, sebelum terbang, sekitar landasan harus benar-benar bersih dari orang yang ingin menonton. "Jadi kalau ada pesawat nyasar, tidak menabrak orang lain," kata Asep Hilman (43), yang ikut bermain aeromodelling sejak dua tahun lalu dan bergabung dengan Cibubur Aeromodelling Club (CAC).

Simulator

Lama tidaknya belajar mengendalikan pesawat tergantung pada kecerdasan dari sang pilot. Bagi pemula, jangan coba-coba langsung terbang dengan pesawat atau helikopter model. Bisa-bisa kantong terkuras untuk memperbaiki pesawat yang jatuh.

"Kita harus belajar dulu dengan simulator selama beberapa bulan," tutur Reva Ali (36), karyawan swasta di perusahaan pabrikan kamera digital yang bergabung dengan CAC satu tahun lalu. Sebelum bisa terbang, Reva harus belajar simulator selama tiga bulan.

Asep pernah nekat menerbangkan pesawat tanpa belajar dengan menggunakan simulator terlebih dulu. Kontan saja pesawatnya langsung jatuh dan mengalami kerusakan mesin cukup serius. Untuk memperbaikinya, Asep harus merogoh kocek Rp 1 juta-Rp 2 juta. Setelah beberapa kali terbang dan jatuh, Asep baru kapok. Dia lalu membeli simulator dan belajar terbang dengan simulator.

Pengalaman serupa dialami Hilman Faisal (41), wiraswastawan di bidang IT yang sudah bergabung dengan CAC sejak satu tahun lalu. Hilman yang sejak kecil terobsesi menjadi pilot nekat membeli helikopter model dan langsung menerbangkannya di depan rumah. Hilman tidak tahu bahwa cara itu sangat membahayakan orang lain.

Helikopter Hilman langsung hancur menabrak pohon. "Untung tidak menabrak anak saya yang ketika itu menonton saya menerbangkan heli," ungkap Hilman. Untuk pesawat bersayap atau helikopter bermesin elektrik, ongkos perbaikannya lebih murah, yaitu Rp 100.000-Rp 500.000.

Karena menemui kesulitan belajar terbang, Hilman sempat membungkus helikopter yang dibelinya dan menyimpannya selama 2,5 tahun. Hilman kini memiliki tiga pesawat jenis trainer dengan ukuran berbeda dan tiga helikopter raptor.

Konflik

Menekuni hobi apa pun, kalau tidak bisa mengatur waktu, akan menimbulkan konflik dengan keluarga. Hal ini dialami para penggila aeromodelling. Hilman, misalnya, harus berhadapan dengan istri ketika dia terlalu sering mengutak-atik helikopter atau pesawatnya. "Saya bahkan sempat tidak bekerja selama satu minggu karena penasaran ingin merakit pesawat sendiri," tutur Hilman. Beruntung dia adalah pemilik tempat kerjanya. Untuk merakit helikopter atau pesawat dari nol memang membutuhkan waktu berhari-hari.

Hilman juga pernah berhadapan dengan istri ketika dia memarahi anaknya yang tidak sengaja menyenggol helikopter kesayangannya yang diletakkan di meja. "Kalau keluarga sudah protes, saya harus tahu diri dan mengurangi kegiatan merakit pesawat atau heli," tutur Hilman yang kini sudah bisa menyesuaikan jadwal mengantar istri dengan jadwal terbangnya.

John punya pengalaman lain. Dia mengaku bukan hanya terbang setiap akhir pekan (Sabtu-Minggu) saja, tetapi juga hari-hari biasa. Dalam satu minggu John mengaku bisa terbang 4-5 kali. Selain Sabtu-Minggu, John memang hanya menerbangkan pesawat atau heli modelnya di dekat rumah karena kebetulan ada lapangan kosong. Karena seringnya terbang, John tidak pernah menurunkan pesawat atau helikopternya dari mobil.

John yang pernah diprotes istri kini juga sudah bisa mengatur waktu dengan keluarganya. "Kuncinya adalah membagi waktu. Istri dan anak juga sudah sering saya ajak ke lapangan untuk terbang," tutur John. Jadi, jangan sampai keasyikan terbang, bisa-bisa istri di rumah marah-marah karena merasa diabaikan.

link: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0701 ... 193632.htm




Hik hik ... tenyata Kompas belum tahu ada aeromodelling minimalis realistis ....
:wink:

Posted: 24 Jan 2007, 12:59
by iwan21
Wind Raider wrote:[
Hik hik ... tenyata Kompas belum tahu ada aeromodelling minimalis realistis ....
:wink:


Tuulll. belum tau dia dg modal 50 rebu udah bisa bikin satu body pesawat....malah bisa jadi 2 body sekaligus.........