Grage Aeromodelling

Komunitas Aeromodelling Nusantara
It is currently 05 Oct 2022, 00:26

All times are UTC + 7 hours




Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 
Author Message
 Post subject: Ban dari karet dan foam, keuntungan dan kerugian
PostPosted: 04 Mar 2022, 11:58 
Offline
Technical Sergeant
Technical Sergeant
User avatar

Joined: 02 Jul 2013, 19:38
Posts: 399
Teman-teman pecinta aeromodelling,

Di dalam dunia pesawat aeromodelling, kita mengenal landing gear.

Adapun tipe landing gear yang biasa kita temui dalam model pesawat RC adalah:
1. Tricycle Landing Gear atau biasa kita sebut nose gear
2. Taildragger atau biasa kita sebut tail gear

Nose gear biasa kita temukan di pesawat trainer

Tail gear biasa kita temukan di pesawat sport/pattern

Tapi nose gear dan tail gear lazim kita temukan diberbagai macam pesawat scale.

Kalau kita membeli kit dalam bentuk ARF, landing gear dan ban biasa sudah termasuk dalam kit ARF, dan biasanya diberikan ban terbuat dari foam/sponge, bukan terbuat dari karet.

Hampir semua kit ARF pasti memberikan ban foam. Mengapa?

Keuntungan:
1. Foam lebih ringan daripada karet
2. Foam lebih murah daripada karet
3. Foam lebih mudah slip daripada karet , sehingga dudukan landing tidak cepat rusak atau as road tidak cepat patah. Karet lebih rekat terutama terhadap runway aspal, sulit slip, sehingga dudukan landing gear dan as roda kerja berat. Direkomendasikan untuk pesawat besar sekelas gasoline 50 cc dengan berat rata-rata 8.25 kg atau diatasnya menggunakan ban foam. Punya pengalaman, ban foam diganti ban karet maksudnya biar awet, malah terlalu menggigit di aspal, sehingga as roda patah pada saat pesawat menikung terlalu tajam menghindari batas aspal dan rumput menahan berat pesawat 8.25 pada kecepatan mungkin 15 km/jam. Ban karet sulit slip, ban foam lebih mudah slip, sehingga tidak merusak dudukan landing gear atau as roda (ban foam lebih aman daripada ban karet berkaitan dengan dudukan landing gear dan as roda)

Kerugian:
1. Ban foam lebih cepat habis daripada karet
2. Ban foam lebih cepat lonjong atau pecah kalau pesawat diparkir lama dan ban langsung menempel ke lantai, tidak diganjal dudukan roda agar roda tidak menempel langsung ke lantai (apalagi kelas 50 cc 8.25 kg dan 100 cc 12.5 kg)

Mohon koreksi kalau ada yang kurang tepat atau tambahkan pengalaman teman-teman yang lain berkaitan dengan ban foam dan karet.

Semoga berguna

Salam aeromodelling


Top
 Profile  
 
Display posts from previous:  Sort by  
Post new topic Reply to topic  [ 1 post ] 

All times are UTC + 7 hours


Who is online

Users browsing this forum: Bing [Bot] and 2 guests


You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum

cron
Powered by phpBB © 2000, 2002, 2005, 2007 phpBB Group