Teman-teman suhu yang terhormat,
Dalam pembicaraan dilapangan,sering dibicarakan, mesin Gasoline lebih hemat daripada mesin Nitro.
Seberapa hemat?
Bersama ini saya coba hitung seberapa hemat antara terbang Gasoline vs Nitro.
Adapun perhitungannya adalah sebagai berikut:
DLE 55 cc 2 Stroke Gasoline:
DLE 55 cc, 10 menit terbang dengan 19 manuver yg sama dan angin hampir 0 pada pagi hari, konsumsi bahan bakarnya = 250 cc.
Pertamax 1L = Rp. 9.000
Oli Motul 800 Line Road Racing 1L = Rp. 330.000. 1 cc = Rp. 330.000/1.000 = Rp. 330. Mix ratio 30:1, maka butuh 33 cc x Rp. 330 = Rp. Rp. 10.890
Pertamax 1L + Oli Motul 800 Line Road Racing 33 cc = Rp. 9.000 + Rp. 10.890 = Rp. 19.890
1 kali terbang = 250 cc = ΒΌ x Rp. 19.890 = Rp. 4.973 atau dibulatkan Rp. 5.000
6 kali terbang (60 menit di udara/terbang) = 6 x Rp. 5.000 = Rp. 30.000
OS140RX 2 Stroke Nitro:
Kalau OS140RX (kira" 23 cc), 10 menit terbang dengan 19 manuver yang sama dan angin hampir 0 pada pagi hari, konsumsi bahan bakarnya = 250 cc juga
Cool Power 15%, 1 galon = 3,78L = Rp. 800.000
Fuel Cool Power 1 cc = Rp. 800.000/3.780 cc = Rp. 211.64/cc dibulatkan menjadi Rp. 212/cc
1 kali terbang = 250 cc = 250 x Rp 212 = Rp. 53.000
6 kali terbang (60 menit di udara/terbang) = 6 x Rp. 53.000 = Rp. 318.000
Kesimpulan:
Gasoline 55 cc vs Nitro 23 cc beda kira" 10 kali lebih hemat Gasoline dibandingkan Nitro, padahal kapasitas mesin Nitro 1/2 kali lebih kecil dari Gasoline
Boros Nitro
Hemat Gasoline
Gasoline juara
Tinggal bandingkan dengan baterei 10s 45c 5000 mAh merk Gen Ace, harganya Rp. 3.400.000. Kalau bisa di-charge sampai dengan 680 kali dan baru rusak batereinya, sama hematnya dengan Gasoline, kalau bisa di-charge hanya 65 kali dan baterei sudah rusak, maka sama borosnya dengan Nitro (hitungan kasar seperti tukang daging dipasar

)
Kita lihat nanti , baru main Electric Power
Tolong koreksi kalau ada yang salah, kurang tepat atau jika ada tambahan informasi lain.
Semoga bermanfaat
Salam aeromodelling