antonius bima wrote:..untuk 3 D airplane....apakah down and right trus 0 derajat atau dengan kata lain........
Aloo mas Bima,
Sekededar sharing pengalaman aja mas...
Engine thrust (Down & Right), gampangnya kan kita ikutin aja instruction manual, atau liat di plans kalau kita bangun kit.
Biasanya ada petunjuk untuk aerobatic settingnya berapa, untuk normal berapa...(ini saya nyebutnya, standard setting nya).
Saya selalu ngikutin itu untuk maiden flight, test first flight.
Asal bisa terbang baik2 aja (ndak liar atau aneh2) ya sudah.
Baru setelah bisa terbang normal gitu, tentuin deh mau apa, normal2 aja, 3D atau apa..., semua mesti ada komprominya toh.
Dan saya utik2/rubah2 sendiri, sudah ndak tau derajatnya berapa down berapa right.
Naah, untuk 3D, contohnya hover deh...(lha saya bisanya cuma hover)...
Saya ndak pernah bisa hover dengan ukuran standard nya.
Apalagi 0 derajat, itu jaminan ndak bisa hover (yg saya alami lho).
Jadi, harus, mutlak bin wajib ada right thrust, bahkan ekstrim menyimpang dari standard instruction manual.
Manual/standard bilang 2 derajat, saya kasi 4 bahkan 5, 6.
Dengan banyak right thrust gitu, hover nya jadi sangat stabil.., bisa demo hover hands off (beberapa detik aja hehe).
Tapi at the expense of.., sulit masuk torque roll.
Harus dibantu aileron yg saat vertical/hover gitu sudah ndak efektif.
Cuma tinggal rudder yg kalo over control malah jadi kayak goyang inul.
Terus saya kurangin right thrust...
eee, baru pull up vertikal mau hover dikit, dah langsung torque roll...
Bingung.., control reverse kalo belly menghadap saya.
Trus.., ya kompromilah mau yg kayak gimana.
Itu baru untuk manuver vertical hover gitu...
Yg lain banyak lagi.., pengaruhnya ke knife edge misalnya dll..
walaaah, yuk terbang aja deh...
Sebelum dimarahin momod, threadnya jadi mbahas 3D, balik ke laptop thrust line deh...
Kesimpulannya, pengalaman saya dilapangan, 3D (khususnya Vertical/hover), right thrust is a must.
Paling tidak, saya ndak bakal bisa hover kalau 0 right thrust.
Saya ngulang dikit.., mesti kompromi lah.
Contohnya, kebanyakan right thrust, hover bagus, manuver 3D lainnya jadi susah.
Sukhoi SU-31 saya itu cowl nya bunder, dengan ekstrim right thrust gitu, jadi jelek banget,
diliat dari atas pada bilang: kok mesinnya miring.
..wah gimana tuh...
Demikian sekedar sharing pengalaman dilapangan mengenai thrust line.
Salam,