Haaa, ini oom..., Seperti yg saya rasakan...,
Dan common di semua Gasoline..., (katanya internet)
..kemudian keluhan dari Genk Indramayu tempohari waktu berkunjung kesana..,
Baca2 artikel di internet, dst...
Begini...
Setelah karburator di setel (on the ground).., hasilnya mantab, transisi bagus !
Trus kita terbang patroli, sopan.., kalem..., = tetep mantap setelan carby nya...
Eee gilirani terbang 3D, ato aerobatic2 sangar...pokoknya yg hi G.
...seperti juga sy liat P.Toto long approach (low throttle tentunya), terus overshoot gak jadi landing...
Itu selalu burble, batuk2, tersendat, ketika buka throttle.
Jadi sepertinya setelan di darat yg udah pas itu..., ketika terbang..., berubah jadi kayak RICH !
DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Moderator: sudjai sarmo
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
- Ary
- Master Sergeant
- Posts: 499
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
OOo untuk ekualisasi tekanan membran karburator ya suhu? masalah yg sering terjadi pada pes gasoline dgn cowling tertentu..... kalau nggak salah, .. wah cerdik juga ya triknya pakai bumbung jangkrik.... nggak kepikiran saya..
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Anu oom, Miyabi itu cantik menurut saya..., maka saya suka mandang2 wajahnya.
Cuma berhubung kontroversi dan setelah liat beritanya dia sudah dicekal & batal dateng...
Maka kita ahiri sampai disini pembahasan nya.
Balik ke LapTop DLE-30...
Kebetulan aja ini saya praktekin di DLE-30, tapi rupanya dipakai di engine2 gasoline lainnya.
Brebet2, tersendat, burble ini mungkin gak berlaku untuk gasoline engine "Land Use" kali ya ?
Seperti Zenoah yg banyak di Boat.., atau di Mobil2 Bugy.
Mungkin kalo di pesawat, ada perbedaan tekanan udara di Hi dan Low altitude.
Dan tambahan Kotak Jangkrik ini di DLE-30 ternyata lumayan sukses.
Setelah Carby disetel ulang dengan pemakaian kotak jangkrik ini, ternyata cukup sukses.
Cuma saat ini rasanya masih agak rich dikit (ini termasuk setelan di darat).
Yg jelas, ketika bolak balik "attempt to land" oleh P.Toto di Penggung itu...
Burble nya tidak separah spt sebelumnya yg bahkan tempohari jadi sempet Dead Stick !!!
Waktu itu saya diem2 gak bilang pake kotak jangkrik, takut gak suskses...
OK...
haa ini contoh tutup Float Diaphragm dari carby generic yg ada lobang Vent line nya.

Cuma berhubung kontroversi dan setelah liat beritanya dia sudah dicekal & batal dateng...
Maka kita ahiri sampai disini pembahasan nya.
Balik ke LapTop DLE-30...
Kebetulan aja ini saya praktekin di DLE-30, tapi rupanya dipakai di engine2 gasoline lainnya.
Brebet2, tersendat, burble ini mungkin gak berlaku untuk gasoline engine "Land Use" kali ya ?
Seperti Zenoah yg banyak di Boat.., atau di Mobil2 Bugy.
Mungkin kalo di pesawat, ada perbedaan tekanan udara di Hi dan Low altitude.
Dan tambahan Kotak Jangkrik ini di DLE-30 ternyata lumayan sukses.
Setelah Carby disetel ulang dengan pemakaian kotak jangkrik ini, ternyata cukup sukses.
Cuma saat ini rasanya masih agak rich dikit (ini termasuk setelan di darat).
Yg jelas, ketika bolak balik "attempt to land" oleh P.Toto di Penggung itu...
Burble nya tidak separah spt sebelumnya yg bahkan tempohari jadi sempet Dead Stick !!!
Waktu itu saya diem2 gak bilang pake kotak jangkrik, takut gak suskses...
OK...
haa ini contoh tutup Float Diaphragm dari carby generic yg ada lobang Vent line nya.

- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
...eits, ada my "Gasoline-Guru" Pak Bli Ary...
saya jadi malu oom, takut diketawain Pak Ary.
Lha wong ini dapet baca2 di Internet kok...
Tapi ndak apa2 ya, malah sekalian kita tunggu masukan/komen nya.
Ya ini di Internet itu bilangnya "Dead Air Box"..., orang2 MVVS itu bilangnya "Match Box", adalagi Balsa Box....
Versi Grage saya bilang "Kotak Jangkrik" aja deh...
Saya terusin, dari lobang Vent Line itu kita solder pipa kuningan yg biasa buat fuel tube itu lho...




Lha wong ini dapet baca2 di Internet kok...
Tapi ndak apa2 ya, malah sekalian kita tunggu masukan/komen nya.
Ya ini di Internet itu bilangnya "Dead Air Box"..., orang2 MVVS itu bilangnya "Match Box", adalagi Balsa Box....
Versi Grage saya bilang "Kotak Jangkrik" aja deh...
Saya terusin, dari lobang Vent Line itu kita solder pipa kuningan yg biasa buat fuel tube itu lho...

- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Iya jadi aslinya itu pake kotak balsa, kurang lebih sebesar Kotak Korek Api.
Dari balsa tipis bahkan ada yg ngasi Pin-Hole, supaya kotaknya bisa bernapas...
Jadi gak kotak mampet.
Ada juga yg pakai botol obat, ato bekas tabung Film, cuma selang masuknya tidak di lem rapat.
Mesti ada celah dikit, ya untuk napas nya itu.

Dari balsa tipis bahkan ada yg ngasi Pin-Hole, supaya kotaknya bisa bernapas...
Jadi gak kotak mampet.
Ada juga yg pakai botol obat, ato bekas tabung Film, cuma selang masuknya tidak di lem rapat.
Mesti ada celah dikit, ya untuk napas nya itu.

- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
lanjut...
Lha trus dari pipa kuningan itu, disambung selangnya yg kemudian masuk ke kotak jangrik itu...


Catatan, selang dari Vent Line ini gak mesti masuk ke Kotak Jangkrik, botol, balsa, dll berbentuk kotak.
Ada juga yg selangnya dimasukin aja ke fuselage melalui firewall, dibiarin ngelewer di dalem fuselage... ???
Ada yg kotak segi 4 disamping engine box

Pokoknya begitulah.., yg jelas Lobang VENT aslinya yg cuma lobang tok itu, kita sambung pipa dan selang lah..., terserah mau dimasukkin kemana.
Tp katanya gak boleh diluar fuselage menghadap depan (melawan airflow) ???
Kalo diluar fuselage ada yg disambung/bikin seperti "Pitot Tube" tapi lobangnya bukan diujung seperti umumnya "Pitot Tube",
kayak gini:

Kalo ini males ah.., ntar bicara teory Pitot.., Static, Dynamic Pressure.., bla bla bla...
Begitulah..., setelah itu baru Carburator setel ulang.., dan terbang deh...
Terus gimana P.Toto ???, Gimana rasanya Bolak/Balik overshoot ???
...maap kemarin itu pake Kotak Jangkrik diem2
Lha trus dari pipa kuningan itu, disambung selangnya yg kemudian masuk ke kotak jangrik itu...


Catatan, selang dari Vent Line ini gak mesti masuk ke Kotak Jangkrik, botol, balsa, dll berbentuk kotak.
Ada juga yg selangnya dimasukin aja ke fuselage melalui firewall, dibiarin ngelewer di dalem fuselage... ???

Ada yg kotak segi 4 disamping engine box

Pokoknya begitulah.., yg jelas Lobang VENT aslinya yg cuma lobang tok itu, kita sambung pipa dan selang lah..., terserah mau dimasukkin kemana.
Tp katanya gak boleh diluar fuselage menghadap depan (melawan airflow) ???
Kalo diluar fuselage ada yg disambung/bikin seperti "Pitot Tube" tapi lobangnya bukan diujung seperti umumnya "Pitot Tube",
kayak gini:

Kalo ini males ah.., ntar bicara teory Pitot.., Static, Dynamic Pressure.., bla bla bla...
Begitulah..., setelah itu baru Carburator setel ulang.., dan terbang deh...
Terus gimana P.Toto ???, Gimana rasanya Bolak/Balik overshoot ???
...maap kemarin itu pake Kotak Jangkrik diem2

Last edited by su-31 on 15 Oct 2009, 23:11, edited 2 times in total.
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Ini kebetulan praktek kotak jangrik di DLE-30.
Saya tertarik juga pingin tau/bahas the Story behind the Kotak Jangkrik.
Jadi selanjutnya kita mong-omong soal small gasoline engine disini deh ya, gak mesti cuma DLE-30 aja.
Yg pasti, jangan ngomongin Miyabi lagi ya..., nanti di jewer sama oom WR lho !
Saya tertarik juga pingin tau/bahas the Story behind the Kotak Jangkrik.
Jadi selanjutnya kita mong-omong soal small gasoline engine disini deh ya, gak mesti cuma DLE-30 aja.
Yg pasti, jangan ngomongin Miyabi lagi ya..., nanti di jewer sama oom WR lho !
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Ary wrote:...ekualisasi tekanan membran...
Haaa ini, ngomongin mbok ya kayak "Gasoline-Guru" gitu itu lho...



Ayo oom pakar2 lainnya...gimana ?
- kula
- Senior Master Sergeant
- Posts: 695
- Joined: 17 Jan 2007, 19:06
- Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
lanjooottt....menarik sekali utk disimak..
- dino
- Major
- Posts: 1791
- Joined: 07 Jun 2008, 18:23
- Location: jatim park
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
ayo om kula..... dicicipi gasolinenya......para suhu sdh buka2 an tuch.....



