Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Post Reply
User avatar
titirtirtamarga
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 05 Dec 2009, 04:04
Location: Bandung
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by titirtirtamarga »

mau tanya nich newbie buat setting gyro, sy punya gyro murmer tiruan 401 asalnya dipasang dengan fitec 9257 namun ga pernah nemuin settingan yg pas servo rudder selalu nge drift. kemudian di pasangin dengan DS420 drift hilang namun ketika test terbang heli muter ke kanan secara perlahan apakah dengan menggeserkan dudukan servo rudder masalah heli muter ke kanan bisa dihilangkan?

mhn masukkannya dari suhu2, Thanks.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

titirtirtamarga wrote:mau tanya nich newbie buat setting gyro, sy punya gyro murmer tiruan 401 asalnya dipasang dengan fitec 9257 namun ga pernah nemuin settingan yg pas servo rudder selalu nge drift. kemudian di pasangin dengan DS420 drift hilang namun ketika test terbang heli muter ke kanan secara perlahan apakah dengan menggeserkan dudukan servo rudder masalah heli muter ke kanan bisa dihilangkan?

mhn masukkannya dari suhu2, Thanks.


Saya coba bantu,Pak..
Drifting disebabkan salah satunya oleh tidak tepatnya neutral point pada shaft tail rotor saat setting up gyro,cara mengatasinya,Anda harus bisa menentukan dimana letak titik netral ini berdasarkan manual book dr heli Anda sendiri, karena biasanya tiap produk tidak sama dalam hal penentuan titik netral ini.Penggeseran posisi servo rudder mungkin bisa mengatasi hal ini,asalkan servo horn tetap pd posisi 90 derajat terhadap tail boom.

salam,
Budiman
User avatar
Ekanukama
Airman
Airman
Posts: 48
Joined: 22 Feb 2009, 12:17

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Ekanukama »

:bow: :bow: :bow:
User avatar
titirtirtamarga
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 05 Dec 2009, 04:04
Location: Bandung
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by titirtirtamarga »

Budiman wrote:
titirtirtamarga wrote:mau tanya nich newbie buat setting gyro, sy punya gyro murmer tiruan 401 asalnya dipasang dengan fitec 9257 namun ga pernah nemuin settingan yg pas servo rudder selalu nge drift. kemudian di pasangin dengan DS420 drift hilang namun ketika test terbang heli muter ke kanan secara perlahan apakah dengan menggeserkan dudukan servo rudder masalah heli muter ke kanan bisa dihilangkan?

mhn masukkannya dari suhu2, Thanks.


Saya coba bantu,Pak..
Drifting disebabkan salah satunya oleh tidak tepatnya neutral point pada shaft tail rotor saat setting up gyro,cara mengatasinya,Anda harus bisa menentukan dimana letak titik netral ini berdasarkan manual book dr heli Anda sendiri, karena biasanya tiap produk tidak sama dalam hal penentuan titik netral ini.Penggeseran posisi servo rudder mungkin bisa mengatasi hal ini,asalkan servo horn tetap pd posisi 90 derajat terhadap tail boom.

salam,
Budiman


dear om budiman,

kalau typical untuk heli kelas 450 saya ambil TREX 450 V2 untuk posisi netralnya apakah dapat dilihat dari posisi Tail pitch 0 derajat?
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

titirtirtamarga wrote:
Budiman wrote:
titirtirtamarga wrote:mau tanya nich newbie buat setting gyro, sy punya gyro murmer tiruan 401 asalnya dipasang dengan fitec 9257 namun ga pernah nemuin settingan yg pas servo rudder selalu nge drift. kemudian di pasangin dengan DS420 drift hilang namun ketika test terbang heli muter ke kanan secara perlahan apakah dengan menggeserkan dudukan servo rudder masalah heli muter ke kanan bisa dihilangkan?

mhn masukkannya dari suhu2, Thanks.


Saya coba bantu,Pak..
Drifting disebabkan salah satunya oleh tidak tepatnya neutral point pada shaft tail rotor saat setting up gyro,cara mengatasinya,Anda harus bisa menentukan dimana letak titik netral ini berdasarkan manual book dr heli Anda sendiri, karena biasanya tiap produk tidak sama dalam hal penentuan titik netral ini.Penggeseran posisi servo rudder mungkin bisa mengatasi hal ini,asalkan servo horn tetap pd posisi 90 derajat terhadap tail boom.

salam,
Budiman


dear om budiman,

kalau typical untuk heli kelas 450 saya ambil TREX 450 V2 untuk posisi netralnya apakah dapat dilihat dari posisi Tail pitch 0 derajat?


Alo Pak titirtirtamarga,
Mohon maaf saya baru ngeh ada postingan Anda..maklum kadang ga sempat buka website forum kita ini..Mungkin Anda sudah menemukan jawabannya...tapi saya akan jawab de..hehehhehe..
Pada umumnya..T-Rex 450 series..mulai dari generasi 450X sampai dengan 450 SE V2...mempunyai titik netral yg sama utk rudder..titik netral nya adalah dimana posisi dr slider utk pitch control berada pada kurang lebih hampir mendekati arah tail casing..bukan sangat dekat sampai mepet lho ya,Pak...lebih cenderung saja.Hal ini memang kurang diinfokan dgn jelas pada manual book T-REx 450...

Tail pitch sama dg 0 derajat bukanlah sebagai acuan titik netral, kenapa?...karena logikanya..pitch pd tail blade haruslah membentuk sudut sekian derajat utk menghasilkan air flow yg cukup untuk menahan tail boom yg pada awalnya telah terkena efek dari torque yg berlawanan dari arah putar main blade..
Teori yg perna saya baca dr Paul Tradelius dlm bukunya yg berjudul Basics of Radio Controlled Helicopter, adalah..bahwa tail blade harus membentuk sudut 4 derajat positif sbg pedoman dr neutral point, hanya saja Om Paul ini menggunakan Heli Engine Excell60 sbg model-nya, tapi yg saya ambil cukup sederhana saja dr pernyataannya dia...bahwa tail blade harus membentuk sudut positif sekian derajat, yg mana cukup untuk melawan bantingan torque dr main blade tersebut

salam,

Budiman
User avatar
titirtirtamarga
trainee
trainee
Posts: 12
Joined: 05 Dec 2009, 04:04
Location: Bandung
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by titirtirtamarga »

nanya ah..... Gyro 401 + FUBTABA S9257, saat tx on posisi Gyro Rate 70%. Delay di Gyro 0%.

Pertanyaannya saat battery di colok, Gyro inisialisasi hasilnya kadang2 lampu di gyro suka kedip2, solusi saat ini masih reboot ulang helinya alias power on/off sampai lampu steady. padahal saat di colok heli dalam kondisi diam dan tdk ada input dr TX
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

kalo menurut saya si..itu udah biasa,Pak..ga pa2..saya punya GY 401 juga berkelakuan begitu semua..proses inisialisasi terkadang mesti dilakukan beberapa kali sampe indicator light pd gyro steady

salam,
budiman
User avatar
botakkeramat
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 18 May 2010, 18:34
Location: SUKAWATI, BALI

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by botakkeramat »

thanks om..., penjelasannya...
bisa dicoba neh =D>
User avatar
jakatawakalna
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 16 Jan 2010, 16:44
Location: bekasi

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by jakatawakalna »

info yg bagus...bagi yg punya masalah dgn tail yg kagak bisa diam...tks
User avatar
rickyaditya
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 242
Joined: 27 Nov 2009, 19:44
Location: Surabaya & Pare

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by rickyaditya »

Post Reply