DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
yoyokTR3
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 320
Joined: 22 Apr 2009, 20:36

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by yoyokTR3 »

gara-gara baca thread ini saya jadi ikut-ikutan nyicipin DLE-30cc, but thanks anyway . . .

dan hari ini harus saya akui, mesin ini bukannya enak, melainkan . . . . .UEENAAAKKKKK
akhirnya my first gasoline plane ISO terbang nang Lombok . . .


All Suhu Gaero, thanks buat racun yang manis ini . . . .prikitiuwwww.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1225
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by justinus »

yoyokTR3 wrote:gara-gara baca thread ini saya jadi ikut-ikutan nyicipin DLE-30cc, but thanks anyway . . .

dan hari ini harus saya akui, mesin ini bukannya enak, melainkan . . . . .UEENAAAKKKKK
akhirnya my first gasoline plane ISO terbang nang Lombok . . .


All Suhu Gaero, thanks buat racun yang manis ini . . . .prikitiuwwww.


Wah. Istrinya ikut bau bensin dong. :)
User avatar
yoyokTR3
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 320
Joined: 22 Apr 2009, 20:36

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by yoyokTR3 »

wakakakak . . .tapi suer om, sesudah saya terbang pake gasser, eeehhh . . . .malah istri saya langsung belajar terbang pake pswt nitro, katanya biar pswt nitronya tetep ada ada yang nerbangin . . . .wiki-wikiiii. . .
berarti saya cukup berhasil mengembangkan hobby ini dalam skup paling kecil (suami - istri). . .weleh-weleehh . .
User avatar
atari7up
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1390
Joined: 06 May 2008, 10:10
Location: Medan - (D.A.C)
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by atari7up »

Setelah melihat langsung performance DLE-30cc...emang top markotop...buatannya halus, sekali start langsung hidup, idle halus , power maknyus.... :smt023 :smt023 :smt023




YAK powered by DLE-30 cc Fasti Fitra , breakin via arahan suhu E7J aka Om Su.31

Image


Image
Last edited by atari7up on 17 May 2010, 22:41, edited 1 time in total.
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Budi »

yoyokTR3 wrote:wakakakak . . .tapi suer om, sesudah saya terbang pake gasser, eeehhh . . . .malah istri saya langsung belajar terbang pake pswt nitro, katanya biar pswt nitronya tetep ada ada yang nerbangin . . . .wiki-wikiiii. . .
berarti saya cukup berhasil mengembangkan hobby ini dalam skup paling kecil (suami - istri). . .weleh-weleehh . .



=D> =D> =D> =D> =D> =D>

selamat..... first flying gasser di lombok......

foto2nya mana
User avatar
fasti fitra
Posts: 8
Joined: 02 Oct 2007, 22:06
Location: Medan

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by fasti fitra »

dle 30 topp....

:bow: :bow:
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2626
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by Budi »

fasti fitra wrote:dle 30 topp....

:bow: :bow:




setuju.......kemarin lihat Eyang suhu 7J melakukan tuning dan modif sedikit2, idle bisa serendah 1650rpm..........


Suhu E7J, sharing dong ilmunya.......termasuk memangkas spacer karbu....
User avatar
tedyBAT
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 16 Oct 2007, 09:05
Location: Banjarmasin
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by tedyBAT »

Kira2 apa yahh alasannya /perbaikan nya dengan muncul nya DLE-30 yang versi terbarunya ini... carbi nya masih sama atau nggak yahh

Image

Mohon Petunjuk para suhu per gasolinan.....SUHU SU-31, PAkde JUSTINUS, Bly Ary dan yang lain2 yang dah lama pake engine ini...
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by toto »

halo om tedyBAT, sedikit urun apa yang sudah saya perhatikan terhadap engine dengan side dan in line carbu, pada dasarnya ada beberapa keuntunga antara lain :

1. yang pasti cowling bisa jadi lebih rapih dengan catatan gunakan juga pitt muffler loh dan
2. carbu relatif lebih bersih karena menghisap udara dari dalam
3. selalu mendapatkan udara relatif lebih dingin jadi kayanya pembakarannya lebih baik

tapi ada tapinya yaitu lebih nambah kerjaan antara lain :

1. memposisikan engine sedemikian rupa agar ada celah antara carbu dengan firewall dan untuk itu yg sudah dilakukan oleh suhu Wisnu a.k.a. SU-31 a.k.a. E7J pada pesawat saya adalah dengan melubangi firewall jadi ada flow udara bebas dari arah fuselage
2. kalau pas membran lengket yang mengakibatkan fuel tidak bisa mengalir jalan satu2nya ya harus buka tutup canopy untuk bisa mengakses/ngebekep karburator dan/atau niup/nyedot si membran agar bisa berfungsi lagi

nah kayanya sih selama ini yang saya perhatikan cuman itu doang deh om semoga bermanfaat

salam
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 515
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Post by DIMAS »

Nambahin tapi dikit lagi...
Untuk nyetel needle agak repot, karena berada dibelakan fire wall.

Salam...
Post Reply