gara-gara baca thread ini saya jadi ikut-ikutan nyicipin DLE-30cc, but thanks anyway . . .
dan hari ini harus saya akui, mesin ini bukannya enak, melainkan . . . . .UEENAAAKKKKK
akhirnya my first gasoline plane ISO terbang nang Lombok . . .
All Suhu Gaero, thanks buat racun yang manis ini . . . .prikitiuwwww.
DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Moderator: sudjai sarmo
- yoyokTR3
- Technical Sergeant
- Posts: 320
- Joined: 22 Apr 2009, 20:36
- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1225
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
yoyokTR3 wrote:gara-gara baca thread ini saya jadi ikut-ikutan nyicipin DLE-30cc, but thanks anyway . . .
dan hari ini harus saya akui, mesin ini bukannya enak, melainkan . . . . .UEENAAAKKKKK
akhirnya my first gasoline plane ISO terbang nang Lombok . . .
All Suhu Gaero, thanks buat racun yang manis ini . . . .prikitiuwwww.
Wah. Istrinya ikut bau bensin dong.

- yoyokTR3
- Technical Sergeant
- Posts: 320
- Joined: 22 Apr 2009, 20:36
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
wakakakak . . .tapi suer om, sesudah saya terbang pake gasser, eeehhh . . . .malah istri saya langsung belajar terbang pake pswt nitro, katanya biar pswt nitronya tetep ada ada yang nerbangin . . . .wiki-wikiiii. . .
berarti saya cukup berhasil mengembangkan hobby ini dalam skup paling kecil (suami - istri). . .weleh-weleehh . .
berarti saya cukup berhasil mengembangkan hobby ini dalam skup paling kecil (suami - istri). . .weleh-weleehh . .
- atari7up
- First Lieutenant
- Posts: 1390
- Joined: 06 May 2008, 10:10
- Location: Medan - (D.A.C)
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Setelah melihat langsung performance DLE-30cc...emang top markotop...buatannya halus, sekali start langsung hidup, idle halus , power maknyus....
YAK powered by DLE-30 cc Fasti Fitra , breakin via arahan suhu E7J aka Om Su.31





YAK powered by DLE-30 cc Fasti Fitra , breakin via arahan suhu E7J aka Om Su.31


Last edited by atari7up on 17 May 2010, 22:41, edited 1 time in total.
- Budi
- Colonel
- Posts: 2626
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
yoyokTR3 wrote:wakakakak . . .tapi suer om, sesudah saya terbang pake gasser, eeehhh . . . .malah istri saya langsung belajar terbang pake pswt nitro, katanya biar pswt nitronya tetep ada ada yang nerbangin . . . .wiki-wikiiii. . .
berarti saya cukup berhasil mengembangkan hobby ini dalam skup paling kecil (suami - istri). . .weleh-weleehh . .






selamat..... first flying gasser di lombok......
foto2nya mana
- fasti fitra
- Posts: 8
- Joined: 02 Oct 2007, 22:06
- Location: Medan
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
dle 30 topp....



- Budi
- Colonel
- Posts: 2626
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
fasti fitra wrote:dle 30 topp....
![]()
setuju.......kemarin lihat Eyang suhu 7J melakukan tuning dan modif sedikit2, idle bisa serendah 1650rpm..........
Suhu E7J, sharing dong ilmunya.......termasuk memangkas spacer karbu....
- tedyBAT
- Master Sergeant
- Posts: 439
- Joined: 16 Oct 2007, 09:05
- Location: Banjarmasin
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Kira2 apa yahh alasannya /perbaikan nya dengan muncul nya DLE-30 yang versi terbarunya ini... carbi nya masih sama atau nggak yahh

Mohon Petunjuk para suhu per gasolinan.....SUHU SU-31, PAkde JUSTINUS, Bly Ary dan yang lain2 yang dah lama pake engine ini...

Mohon Petunjuk para suhu per gasolinan.....SUHU SU-31, PAkde JUSTINUS, Bly Ary dan yang lain2 yang dah lama pake engine ini...
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
halo om tedyBAT, sedikit urun apa yang sudah saya perhatikan terhadap engine dengan side dan in line carbu, pada dasarnya ada beberapa keuntunga antara lain :
1. yang pasti cowling bisa jadi lebih rapih dengan catatan gunakan juga pitt muffler loh dan
2. carbu relatif lebih bersih karena menghisap udara dari dalam
3. selalu mendapatkan udara relatif lebih dingin jadi kayanya pembakarannya lebih baik
tapi ada tapinya yaitu lebih nambah kerjaan antara lain :
1. memposisikan engine sedemikian rupa agar ada celah antara carbu dengan firewall dan untuk itu yg sudah dilakukan oleh suhu Wisnu a.k.a. SU-31 a.k.a. E7J pada pesawat saya adalah dengan melubangi firewall jadi ada flow udara bebas dari arah fuselage
2. kalau pas membran lengket yang mengakibatkan fuel tidak bisa mengalir jalan satu2nya ya harus buka tutup canopy untuk bisa mengakses/ngebekep karburator dan/atau niup/nyedot si membran agar bisa berfungsi lagi
nah kayanya sih selama ini yang saya perhatikan cuman itu doang deh om semoga bermanfaat
salam
1. yang pasti cowling bisa jadi lebih rapih dengan catatan gunakan juga pitt muffler loh dan
2. carbu relatif lebih bersih karena menghisap udara dari dalam
3. selalu mendapatkan udara relatif lebih dingin jadi kayanya pembakarannya lebih baik
tapi ada tapinya yaitu lebih nambah kerjaan antara lain :
1. memposisikan engine sedemikian rupa agar ada celah antara carbu dengan firewall dan untuk itu yg sudah dilakukan oleh suhu Wisnu a.k.a. SU-31 a.k.a. E7J pada pesawat saya adalah dengan melubangi firewall jadi ada flow udara bebas dari arah fuselage
2. kalau pas membran lengket yang mengakibatkan fuel tidak bisa mengalir jalan satu2nya ya harus buka tutup canopy untuk bisa mengakses/ngebekep karburator dan/atau niup/nyedot si membran agar bisa berfungsi lagi
nah kayanya sih selama ini yang saya perhatikan cuman itu doang deh om semoga bermanfaat
salam
- DIMAS
- Senior Master Sergeant
- Posts: 515
- Joined: 28 Dec 2008, 19:50
- Location: Ciputat
Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.
Nambahin tapi dikit lagi...
Untuk nyetel needle agak repot, karena berada dibelakan fire wall.
Salam...
Untuk nyetel needle agak repot, karena berada dibelakan fire wall.
Salam...