[ASK] All about accu kering (lead-acid battery) ?

Moderators: unding, ajo.naim

User avatar
mainblade
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

[ASK] All about accu kering (lead-acid battery) ?

Post by mainblade »

Bung sekalian, sewaktu bongkar gudang, ogut menemukan accu kering 12v 17ah, & diukur pake tester dapat teg. 12.10 volt. Ini accu kayaknya udah gak kepake sekitar 3-4 bulan, bekas jump starter mobil. Ketahuan gak sih ini accu masih oke ato nggak ? Kalau mau di charge apakah harus menggunakan charger accu ? Saya punya charger digital e-station 301 (bisa u/ lipo, nimh & nicd tapi gak ada ket. u/ lead acid) bisa dipake gak ya ? Mohon bantuan pencerahannya. TQ.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

e-Station itu kan bisa charge pb... itu kan sama dengan Lead Acid...
Saya juga punya Lead Acid 14A saya charge dengan Imax B5... Kalau tegangan masih diatas 12V saya rasa masih bagus pak... mobil aja bisa distarter kalau tegangan aqqunya masih diatas 12v

Cara pa;ing mudah lagi kalau ngecharge pb/lead acid, pake adaptor AC-DC (bukan wall charger) yang 1,5A langsung dicolokkan kabel +/- ke lead acid selama 2 jam cukup... itu kata orang yang jual battery kering/lead acid
User avatar
mainblade
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

Post by mainblade »

Bung Syafik, saya coba pasang charger saya di aki kering tsb, cuman bunyi 'tit' sebentar LCD tidak tampil, itu aki habis ato rusak ya, logikanya harusnya bisa ya, karena voltage masih 12.10 volt. Pak, kalau LIPO kan kita gak boleh pake 1 cel dibawah 3 volt, kalau aki kering ini minimum berapa volt ?
Untuk e-station saya emang keluaran lama kali ya, jadi di manual ato body charger gak ada ket. u/ pb, di menunya juga gak ada, kalau dipaksa bisa gak ya ?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Kalo Pb setau saya enggak boleh dibawah 10,8 volt...kalo kurang dari itu mungkin ada sel yg sudah rusak
User avatar
ajo.naim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 100
Joined: 07 Mar 2007, 13:58
Location: Palembang / Pekanbaru
Contact:

Post by ajo.naim »

mainblade wrote:Bung Syafik, saya coba pasang charger saya di aki kering tsb, cuman bunyi 'tit' sebentar LCD tidak tampil, itu aki habis ato rusak ya, logikanya harusnya bisa ya, karena voltage masih 12.10 volt. Pak, kalau LIPO kan kita gak boleh pake 1 cel dibawah 3 volt, kalau aki kering ini minimum berapa volt ?
Untuk e-station saya emang keluaran lama kali ya, jadi di manual ato body charger gak ada ket. u/ pb, di menunya juga gak ada, kalau dipaksa bisa gak ya ?


Mungkin batterynya sudah terlalu kosong, sehingga nyedot arus banyak dari charger. Chargernya nggak sanggup dan LCDnya jadi blank.
Kalau aki Pb simple aja chargernya, cukup pakai adaptor 13.8 V.

Atau paralelkan saja dengan aki mobil, dibawa jalan2 seharian, pasti penuh tuh akinya.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

mainblade wrote: ...kalau aki kering ini minimum berapa volt ?
Untuk e-station saya emang keluaran lama kali ya, jadi di manual ato body charger gak ada ket. u/ pb, di menunya juga gak ada, kalau dipaksa bisa gak ya ?


Kalau saya biasanya set minimum power di 11v
Coba pb nya di charge dulu aja pak... paling gampang pake adaptor 12-13.8v. mungkin itu pbnya sdh nggak kuat

Saya juga punya charger e-station 301, biasa tak pake ngecharge pb juga... apa beda ya...

Image
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

ajo.naim wrote:Atau paralelkan saja dengan aki mobil, dibawa jalan2 seharian, pasti penuh tuh akinya.



Hati2 om dg cara ini, ada temen dikantor pake cara ini, akibatnya ?, aki keringnya meledak selagi mobilnya jalan...hi seyeeemmm, bisa2 disangka bawa bahan peledak ...... #-o #-o
User avatar
ajo.naim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 100
Joined: 07 Mar 2007, 13:58
Location: Palembang / Pekanbaru
Contact:

Post by ajo.naim »

iwan21 wrote:
ajo.naim wrote:Atau paralelkan saja dengan aki mobil, dibawa jalan2 seharian, pasti penuh tuh akinya.


Hati2 om dg cara ini, ada temen dikantor pake cara ini, akibatnya ?, aki keringnya meledak selagi mobilnya jalan...hi seyeeemmm, bisa2 disangka bawa bahan peledak ...... #-o #-o


Mungkin sistem charging mobilnya nggak pakai regulator lagi, alias sudah dimodif pakai sistem cut-off mobil jadul. Kalau mobil tahun 90an keatas kan sudah ada regulator.
Yang gampang modal Rp 3000, cas aja di tukang dinamo
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Eh kok jadi aki kering ya ?, padahal batere Pb/Lead acid itu kan pake cairan...he he he ...
User avatar
mainblade
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

Post by mainblade »

Syafik wrote:
mainblade wrote: ...kalau aki kering ini minimum berapa volt ?
Untuk e-station saya emang keluaran lama kali ya, jadi di manual ato body charger gak ada ket. u/ pb, di menunya juga gak ada, kalau dipaksa bisa gak ya ?


Kalau saya biasanya set minimum power di 11v
Coba pb nya di charge dulu aja pak... paling gampang pake adaptor 12-13.8v. mungkin itu pbnya sdh nggak kuat

Saya juga punya charger e-station 301, biasa tak pake ngecharge pb juga... apa beda ya...

Image


Bung Syafik, emang beda saya punya gak ada 'dx'-nya cuman '301' ](*,)
Kalau gitu nge-charge PB harus pake charger aki dunk !! Duit lagi deh... #-o
Post Reply