Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Post Reply
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

rickyaditya wrote:


Berdasarkan video di atas, ada beberapa hal yang perlu dicermati,yaitu :
1.Tingkat kekencangan belt tidak disebutkan harus bagaimana, karena jika asal main tarik tail boom,memang belt akan menjadi tight, tapi jika terlalu tight, ini akan memberikan beban juga bagi motor.
2.Ber-kali2 disebutkan bahwa tail blade membentuk pitch 0 deg pada saat horn servo rudder membentuk sudut 90 deg.Saya kurang sependapat dg hal ini. Logikanya,ini berkaitan dg penentuan neutral point pd rudder control, dg tail rotor membentuk sudut 0 deg, dan pada saat yg bersamaan main blade mulai berputar dan menghasilkan torque yg berlawanan arah,maka tidak akan ada hembusan angin yg dihasilkan oleh tail rotor dg pitch 0 deg, yg mana justru hembusan tersebut digunakan utk mempertahankan tail heli utk tidak terbanting.Dengan kata lain, pada saat penentuan neutral point, rotor blade seharusnya justru membentuk sudut sekian derajat, bukannya 0 deg.
3.Tidak ada demo pembuktian dr tutorial yg dibawakan..

salam,
Budiman
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by andreansyah »

:plk memang pa budiman paling good lah selalu berbagi pengalaman sangat bearti buat pemula semua termasuk sy ini ditunggu pengalaman lainnya pa :thx
User avatar
rickyaditya
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 242
Joined: 27 Nov 2009, 19:44
Location: Surabaya & Pare

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by rickyaditya »

Budiman wrote:2.Ber-kali2 disebutkan bahwa tail blade membentuk pitch 0 deg pada saat horn servo rudder membentuk sudut 90 deg.Saya kurang sependapat dg hal ini. Logikanya,ini berkaitan dg penentuan neutral point pd rudder control, dg tail rotor membentuk sudut 0 deg, dan pada saat yg bersamaan main blade mulai berputar dan menghasilkan torque yg berlawanan arah,maka tidak akan ada hembusan angin yg dihasilkan oleh tail rotor dg pitch 0 deg, yg mana justru hembusan tersebut digunakan utk mempertahankan tail heli utk tidak terbanting.Dengan kata lain, pada saat penentuan neutral point, rotor blade seharusnya justru membentuk sudut sekian derajat, bukannya 0 deg.


Sbenernya saya sependapat dgn mas bud.
Tapi setelah saya tinjau lebih lanjut. bukannya nanti waktu blade mulai berputar, dan menghasilkan torsi, gyro yg akan menghandle (melawan torsi tsb) dgn menggerakkan servo rudder?

Soalnya netral point rudder saya di 0 deg tail pitch om. Dan memang waktu hover sudah tidak ada gejala drift.

tambahan
cara saya mencari netral point rudder. (mas bud tolong koreksi jika cara saya salah)
servo rudder colok ke rx lgs, setelah tau netralnya, saya pasang horn dgn ball link membentuk 90deg (kurang lebihnya)
servo colok ke gyro. Gyro dipasang pada mode normal (non HH). Nyalakan rx.
tail blade saya lipat sehingga kedua ujungnya pada 1 arah. Nah disini klo kedua bilah t. blade belum sejajar saya mainkan linkage atau memaju - mundurkan servo mount. sampe sejajar tail bladenya.
Klo sudah tes terbang, tidak lupa mengaktifkan HH gyro (sense > 50%)
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

Mas rickyaditya,
Dengan cara yang Anda pergunakan..saat main blade mulai berputar, bagaimana kondisi helikopter?...tail tetap diam ato sebaliknya?..ini sebelum helikopter bener2 take-off ya..

Setiap produk heli memiliki penentuan neutral point yg berbeda antara satu dengan yg lain, memang saya akui ,pada helicopter 450 EP tidak perna disebutkan dengan jelas bagaimana menentukan neutral point utk rudder's control ini...namun pada beberapa produk heli Engine, seperti Hirobo Sceadu Evolution 50, ternyata memiliki perbedaan dengan produk ALIGN, yg sama kelas yaitu T-Rex 600 Nitro series...
Ini sekedar informasi buat Anda...agar Anda juga waspada terhadap hal ini...:)

Bisa jadi trik , yg disebutkan dlm video tersebut merupakan short cut dari prosedur penentuan nuetral point untuk helikopter secara umum..karena saya selama ini tidak perna menerapkan trik tersebut... :shy
Tapi daripada menjadi perdebatan yg tidak berujung... :ha3 :ha3 ..maaf... :thx ...jika trik ini mampu untuk mengatasi masalah Anda..ya silahkan untuk diterapkan ...toh yang penting masalah teratasi..bener gak,Mas?... :ha3 :ha3 :ha3 ...
Jadi saya tidak bisa mengkoreksi prosedur yang Anda jalankan tsb...yang penting happy,Mas..hehehehehhe :ha3 :ha3 :ha3


salam,
budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by sahid »

apapun teorinya sing penting nge-lock buntute :ha3 :ha3 :pis
User avatar
rickyaditya
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 242
Joined: 27 Nov 2009, 19:44
Location: Surabaya & Pare

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by rickyaditya »

Budiman wrote:Mas rickyaditya,
Dengan cara yang Anda pergunakan..saat main blade mulai berputar, bagaimana kondisi helikopter?...tail tetap diam ato sebaliknya?..ini sebelum helikopter bener2 take-off ya..

....


salam,
budiman

Kalo pake gyro seadanya, dan landing skid tanpa rubber nut, take off di lantai buntutnya pasti gerak, orientasi tail in, bisa jadi side in. Kita harus counter :D
Kalo pake 450pro super combo dan juga landing skid tanpa rubber nut ekornya tetep diam


sahid wrote:apapun teorinya sing penting nge-lock buntute :ha3 :ha3 :pis

siap
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

Mas rickyaditya,
Sudah perna coba dengan GY 401 dan 9254?...:)...

salam,
budiman
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2003
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by sahid »

rickyaditya wrote:


Kalo pake gyro seadanya, dan landing skid tanpa rubber nut, take off di lantai buntutnya pasti gerak, orientasi tail in, bisa jadi side in. Kita harus counter :D
Kalo pake 450pro super combo dan juga landing skid tanpa rubber nut ekornya tetep diam

siap


ketahuan khan kalo rubber g' sama dg gyro wk...wk.... :pis
User avatar
rickyaditya
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 242
Joined: 27 Nov 2009, 19:44
Location: Surabaya & Pare

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by rickyaditya »

Budiman wrote:Mas rickyaditya,
Sudah perna coba dengan GY 401 dan 9254?...:)...

salam,
budiman

Blm, pingin nyoba jg sebenrnya.
Soalnya di forum luar perdebatan pasangan ini dgn pasangan align seru banget.
Secara hrg hampir sama.
Menurut mas bud sama om sahid gimana?

Klo ak jujur lebih seneng Futaba karena kemudahan settingnya dibanding GP
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)

Post by Budiman »

rickyaditya wrote:
Budiman wrote:Mas rickyaditya,
Sudah perna coba dengan GY 401 dan 9254?...:)...

salam,
budiman

Blm, pingin nyoba jg sebenrnya.
Soalnya di forum luar perdebatan pasangan ini dgn pasangan align seru banget.
Secara hrg hampir sama.
Menurut mas bud sama om sahid gimana?

Klo ak jujur lebih seneng Futaba karena kemudahan settingnya dibanding GP


Kalo soal urusan rudder..saya pribadi lebih percaya kepada FUTABA... :mwr ..
memang terbukti lebih reliable buat saya...performancenya pun tidak perna mengecewakan...
:shy

salam,
budiman
Post Reply