om agus, ayolah di terbangin plane engine nya, nanti saya sm pak eric bantuin deh, kita keroyok rame2, niscaya aman deh, daripada berdebu hehe, ayo minggu sore take off dari idec
Karena yg di timbang itu pesawat 3d, jadi biasanya dibuat agak tail heavy dikit supaya lebih mudah masuk ke stall area kayak hover dan harrier, kalau pesawat trainer ya baiknya ditimbang sampai posisinya lurus horizontal
ipin17 wrote:Karena yg di timbang itu pesawat 3d, jadi biasanya dibuat agak tail heavy dikit supaya lebih mudah masuk ke stall area kayak hover dan harrier, kalau pesawat trainer ya baiknya ditimbang sampai posisinya lurus horizontal
ipin17 wrote:Karena yg di timbang itu pesawat 3d, jadi biasanya dibuat agak tail heavy dikit supaya lebih mudah masuk ke stall area kayak hover dan harrier, kalau pesawat trainer ya baiknya ditimbang sampai posisinya lurus horizontal
ada juga low wing yang disebut trainer om... kalau hiwing memang berkarakter sengat stabil terutama yang pesawat ada dihedral, makanya sering disebut pesawat trainer karena lbh mudah diterbangkan
tapi inget loh tidak semua highwing itu kategorinya trainer kecuali apabila wingnya seperti yang di sebutkan oleh suhu pa'de Syafik di penjelasannya di atas ... kata kuncinya dihedral ............ makanya pesawat2 penumpang kenapa kok terbangnya bisa pecicilan alias lemot banget walaupun bentuk sayapnya swept back kuncinya karena lihat saja tuh sayapnya njengat dari mulai yg nempel di fusulage ke arah wing tip alias punya dihedral lumayan
waduh ilmu dri pakde toto sangat berguna banget. apa melanggar hak cipta utk menjiplak alat timbangnya uda ada rencana nih pak ipin nerbangin plane enjin nya.ini pak erik yg akan bantu carikan cg nya.