christoffel wrote:tali2 di jok bisa sebagai demper juga ya
betul suhu ..., rangka samping juga ada dikit ngeper suhu ...
tapi gak pengen punya gak kebeli
soalnya suhu beli accecories multicopter terus sih ... hehehe ... lha wong ini habisnya masih lebih murah dari harga pesawat big-scale koq ...
itu kan gak bisa tandem
tinggal bikin trike yg tandem aja suhu ... memang kalau tandem lebih enak untuk dipakai belajar. pakai ini juga bisa koq, cuman belajar teori dulu, trus coba ground-handling. lebih bagus lagi kalau bisa nambah jam terbang dulu di simulator ... saya pribadi menyarankan untuk coba main foil-kite dulu, sangat membantu untuk memahami karakter canopy nya (efek brake, efek belok, recovery kalau canopy terlipat, perubahan lift, dll), kebanyakan pemain paraglider yg extreem juga pemain kite-foil ....
apa harus tau dasar2 terjun payung
bukan terjun payung suhu, paragliding ...
untuk gas di kaki ya?
gas ada di tangan, pake kabel gas motor. di sambi sama nyetir ...
belok full ngandelin payung ya? di tarik2 talinya gitu ya
betul sekali, prinsip pengendaliannya mirip elevon ...
prinsip dasarnya :
brake ada dua, kiri dan kanan, masing2 di tangan kiri dan tangan kanan. kalau di tarik, leading edge yg bersesuaian akan turun (seperti aileron), cuman disini efek drag nya lebih dominan daripada lift nya (karena CG terlalu jauh di bawah CoL, jadi seperti pesawat yg sangat10x high wing), jadi kalau brake kiri di tarik payung malah belok ke kiri dan sebaliknya.
kalau dua2 brake ditarik bersamaan (seperti flap) maka payung akan ngerem, disamping itu lift juga bertambah (seperti efek elevator), jadi payung akan naik tapi juga tambah pelan, kalau diterus2in bisa stall ....