DIY Paratrike/parabuggy

Pesawat swayasa , paralayang dan balon udara

Moderators: wa2n, christoffel

Post Reply
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

:ha3 :ha3 :ha3
kalau anginnya kencang masih bisa keangkat om jus ...
Lift sebanding dengan kwadrat kecepatan angin ...
Kalau angin kurang kencang, masih ada yg 12 meter .... hehehe
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by didin »

christoffel wrote:sama2 om ...
nb: yg 5.5m itu sudah bisa buat bergelantungan / kite-jump ....
hati2 kalau angin cukup kenceng bisa ke-seret/ke-angkat ...


Pekanbaru itu Riau Daratan, nyaris anginnya cuma sepoi-sepoi. Olahraga Kite-buggy kayaknya nggak cocok.
Kite 5.5m belum pas juga kalau kasih power.

:ha3 :ha3 :ha3
User avatar
ekozxx
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 633
Joined: 10 Jul 2008, 00:04
Location: Bekasi

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by ekozxx »

justinus wrote:
christoffel wrote:sama2 om ...
nb: yg 5.5m itu sudah bisa buat bergelantungan / kite-jump ....
hati2 kalau angin cukup kenceng bisa ke-seret/ke-angkat ...


Kalo pak Eko apa masih bisa keangkat?


Nah itu masalahnya, bisa2 talinya putus :ha3 :ha3 :ha3 , jd cuma bisa ngiler.. :ngl :ngl :ngl
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by christoffel »

waduh ... tali standart nya kemampuan tarik 280 kg, ada 4 utas. masa om eko lebih dari 1 ton ....
:ha3 :ha3 :ha3
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by jamespaulus »

christoffel wrote:
ekozxx wrote:teorinya begini, power engine (11.2HP @7200RPM untuk dle111) setelah direduksi (misalnya 1:2) akan jadi 22.4HP@3600RPM


koreksi sedikit ya Chris, reduction nggak merubah output power ya. Ingat input output harus selalu constant.
jadi reduksi 1:2 output power nya tetap 11.2 horsepower.
Torque nya yang berubah. jadi dua kali.
makin besar reduksi torsi nya makin besar...makanya bisa swing propeller lebih besar.
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by jamespaulus »

didin wrote:
christoffel wrote:menurut hitungan saya engine dle111 atau dle170 ini cocok dipakai karena masih bisa thrust besar dg kecepatan yg memadai.
disamping itu, karena konfigurasinya 2 cylinder dengan sudut nol derajat pada posisi 180 derajat, memang getarannya jadi minim (kedua piston bergerak bersamaan dg arah berlawanan, jadi saling menghilangkan). yg masih nggak enak, karena belum ada onboard starter nya ...


Om chris.....mau nanya, Engine pesawat ini mampu terbang berapa lama ya...?
Gimana cara ngatasi kemungkinan engine mati di udara...?
Onboard starter menurut saya suatu keharusan...


Onboard starter untuk DL /DLE engine sudah ada yang bikin tuh. coba browse di youtube deh. saya pernah lihat. dia bikin pake turnigy outrunner , reduction gear, sama one way bearing.
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by didin »

jamespaulus wrote:Onboard starter untuk DL /DLE engine sudah ada yang bikin tuh. coba browse di youtube deh. saya pernah lihat. dia bikin pake turnigy outrunner , reduction gear, sama one way bearing.


Salam kenal jamespaulus.
Betul...setelah saya search, sudah ada yg DIY onboard starter, khususnya untuk mesin gassoline yang ukuran besar.

Mong ngomong....apakah jamespaulus pemain power paraglider juga?
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by toto »

didin wrote:
jamespaulus wrote:Onboard starter untuk DL /DLE engine sudah ada yang bikin tuh. coba browse di youtube deh. saya pernah lihat. dia bikin pake turnigy outrunner , reduction gear, sama one way bearing.


Salam kenal jamespaulus.
Betul...setelah saya search, sudah ada yg DIY onboard starter, khususnya untuk mesin gassoline yang ukuran besar.

Mong ngomong....apakah jamespaulus pemain power paraglider juga?



pa'lik didin tolong dong link nya soalnya nyari2 kok belon nemu mana internet lelet banget dan untuk om james paulus salam kenal asyik tuh di new zealand kalau enggak salah populer untuk para gliding dan soaring ya .....



salam
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by didin »

toto wrote:pa'lik didin tolong dong link nya soalnya nyari2 kok belon nemu mana internet lelet banget dan untuk om james paulus salam kenal asyik tuh di new zealand kalau enggak salah populer untuk para gliding dan soaring ya .....
salam


Untuk link how to nya....sudah tercecer entah dimana pak de Toto,
yang ini link video nya http://www.youtube.com/watch?v=oHKZb8lIMfs
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Post by toto »

terima kasih info nya dan se andai nya ketemu how to nya ojo lali ya pa'lik jadi bikin ngeces aja pengen bikin tuh on board starter mumpung lagi itu nganu itu loh ..... :shy



salam
Post Reply