Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by christoffel »

nggak perlu right thrust lagi ...
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 315
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by Adilgun »

ini yg di cari :ok ...hehe..makasih om.. :thx
User avatar
itwilly
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1173
Joined: 14 Mar 2008, 10:11
Location: Purwakarta
Contact:

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by itwilly »

Adilgun wrote:om kalo propelernya yang kontra rotating ngaruh gak ke right trust?


christoffel wrote:nggak perlu right thrust lagi ...


jadi untuk pesawat dengan motor di depan, cukup beli propeller yang kontra rotating, jadi nggak perlu mikirin right thrust lagi.

betul kan p christ ?

:thx :thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by christoffel »

motor di depan atau di belakang sama saja.
kalau contra rotating, momen puntir nya sudah saling menghilangkan.
User avatar
itwilly
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1173
Joined: 14 Mar 2008, 10:11
Location: Purwakarta
Contact:

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by itwilly »

christoffel wrote:motor di depan atau di belakang sama saja.
kalau contra rotating, momen puntir nya sudah saling menghilangkan.


p chris, ini berlaku untuk single motor aja kan ? untuk twin motor nggak berlaku ?

:thx :thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1292
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by christoffel »

selama counter rotating, ya meskipun single (saya asumsikan yg dimaksud single ini lokasi motornya ya ...) atau twin atau triplet atau berapapun, tetep aja nggak perlu right thrust.
right thrust itu untuk meng-kompensasi momen puntir dari putaran prop. lha kalau sudah counter rotating, momen puntir nya nol, trus apa yg mau di kompensasi lagi ?

cuman apa ya ada twin yg bener2 counter rotating ? adanya juga single motor di taruh di sayap kiri dan kanan, dibuat berlawanan arah putar ...
User avatar
Arya m 1991
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 05 Nov 2012, 13:09
Location: Bandung

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by Arya m 1991 »

Terlalu banyak right thrust apakah pengaruh thdp melintir kanan??
Minggu kemarin gagal terbang dg sempurna krn begitu take off bawaannya ngeroll ke kanan
Pesawat trainer engine 25
Kira2 terbang kurang dari 1 menit engine mogok tepat di atas landasan, dan bisa glide lurus ga ada gejala belok kanan
Teman ada yg bilang mungkin sayapnya twist, tp sy liat ga ada kemiringan..
Rapih, aileron netral
Ada yg bisa bantu?? :D
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by iwan21 »

itwilly wrote:
christoffel wrote:motor di depan atau di belakang sama saja.
kalau contra rotating, momen puntir nya sudah saling menghilangkan.


p chris, ini berlaku untuk single motor aja kan ? untuk twin motor nggak berlaku ?

:thx :thx


pake contra rotating artinya motornya sepasang, bisa 2 motor coaxial bisa 2 motor terpisah ( depan- belakang atau kiri-kanan), bukan prop yg normal atau reverse
Om Willy kayaknya ketuker sama propeler yg CW dan CCW nih dimana yg dimaksud om Wily adalah pake prop counter single motor , bukan ini, tapi counter rotating yang dimaksud adalah motornya 2 dg 2 prop yg muter berlawanan arah ( liat thread homemade motor coaxial saya deh)
Post Reply