masih kotak...[PIPER BOX]

Tampilkan karya pesawat balsa anda disini

Moderators: Ary, justinus

Post Reply
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by iwan21 »

wasiardhi wrote:
trus kalo engine, kalo ngga salah wingload beda dengan elektrik.
kalo elektrik: [data dari suhu iwan21]
1. mikro flyer : 5 s/d 10 gr/dm2
2. glider : 10 s/d 15 gr/dm2
3. Slow flyer : 15 s/d 25 gr/dm2
4. sport : 25 s/d 30 gr/dm2
sepertinya meskipun kelas slow flyer tapi wingload-nya lebih dari 25 gr/dm2


Saya ralat yg di bold, menurut suhu Christoffel dan suhu Unding, gak ada bedanya wingloading electrik dan engine :shy

( cuma mungkin karena masalah bahan aja yg menyebabkan kalo pesawat engine wingloadingnya gak bisa ringan kayak pesawat elektrik, gak tau juga sih)
User avatar
wasiardhi
Captain
Captain
Posts: 1655
Joined: 07 Apr 2010, 11:00
Location: Semarang
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by wasiardhi »

wah, ada koreksi nich.
OK berarti patokannya itu, :ide
nice info suhu.
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by yoyonh »

Saya ingat pesawat Coro om Roni,
WS 115 Chord 25 AUW 1500 berarti WL nya sekitar 52 gr/dm2
minggu lalu bisa terbang walaupun agak malu malu gitu deh.
saya sempet ngojek dan memang rawan stall, sempet dive sebentar gara gara throttle saya turunin.
Mengingat pesawat saya gak mungkin ngejar 25 gr/dm2 berarti saya harus tekan dibawah 50 gr/dm2
syukur syukur bisa sekitar 40 gr/dm2 atau AUW sekitar 1200 gram. karena kalau gak salah OS25LA thrust nya cuman sampai 1200 gram CMIIW :htg
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by iwan21 »

yoyonh wrote:syukur syukur bisa sekitar 40 gr/dm2 atau AUW sekitar 1200 gram. karena kalau gak salah OS25LA thrust nya cuman sampai 1200 gram CMIIW :htg


thrust 60 % berat pesawat aja udah bisa terbang kok, kalo 1:1 mah udah nanjak vertikal pesawatnya :ha3
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by yoyonh »

iwan21 wrote:
yoyonh wrote:syukur syukur bisa sekitar 40 gr/dm2 atau AUW sekitar 1200 gram. karena kalau gak salah OS25LA thrust nya cuman sampai 1200 gram CMIIW :htg


thrust 60 % berat pesawat aja udah bisa terbang kok, kalo 1:1 mah udah nanjak vertikal pesawatnya :ha3


:hah
Berarti sebetulnya bobot mati bisa sampai 1700 gram dong ya
User avatar
roni
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 254
Joined: 12 Mar 2007, 17:15
Location: jkt-pkl

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by roni »

iwan21 wrote:
wasiardhi wrote:
trus kalo engine, kalo ngga salah wingload beda dengan elektrik.
kalo elektrik: [data dari suhu iwan21]
1. mikro flyer : 5 s/d 10 gr/dm2
2. glider : 10 s/d 15 gr/dm2
3. Slow flyer : 15 s/d 25 gr/dm2
4. sport : 25 s/d 30 gr/dm2
sepertinya meskipun kelas slow flyer tapi wingload-nya lebih dari 25 gr/dm2


Saya ralat yg di bold, menurut suhu Christoffel dan suhu Unding, gak ada bedanya wingloading electrik dan engine :shy

( cuma mungkin karena masalah bahan aja yg menyebabkan kalo pesawat engine wingloadingnya gak bisa ringan kayak pesawat elektrik, gak tau juga sih)


jd :pyg ....................jadi sebenernya berapa batasan wingloading slow flyer utk engine itu suhu...?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by iwan21 »

yoyonh wrote: :hah
Berarti sebetulnya bobot mati bisa sampai 1700 gram dong ya



kan itu thrust 60 % AUW baru itung2an thrust doang..
faktor lain :
1. wingloading
2. power loading

wingloading katakan di ambil 35 gr/dm2,nah utk power loading sendiri, utk bisa terbang, minimal 0,2 Watt/gr
alo kedua hal diatas bisa dipenuhin ya pasti bisa terbang
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by iwan21 »

roni wrote:jd :pyg ....................jadi sebenernya berapa batasan wingloading slow flyer utk engine itu suhu...?


bisa gak dapet 30 sampe 35 gr/dm2 ? :mwr
kalo bisa, itu baru bener slow flyer , tapi jangan berharap slow flyer kayak WD ya hehehehehehee
kunci terbang slow ya wingloading serendah mungkin ( kalo di elektrik ya kisaran 20 gr/dm2), lift sayap gede, stall speed rendah
User avatar
wasiardhi
Captain
Captain
Posts: 1655
Joined: 07 Apr 2010, 11:00
Location: Semarang
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by wasiardhi »

kalo semakin :htg semakin :pyg
kalo saya, bisa terbang sudah seneng, bisa landing selamet seneng banget,
kalo saya bisa membangun pesawat dari triplek, kawat baja, spon sandal, stiker motor, material yang ngga bisa terbang tapi kalo disusun sedemikian rupa sehingga bisa terbang, hmmmm...girangnya minta ampun... :ha3
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: masih kotak...[PIPER BOX]

Post by iwan21 »

wasiardhi wrote:kalo semakin :htg semakin :pyg
kalo saya, bisa terbang sudah seneng, bisa landing selamet seneng banget,
kalo saya bisa membangun pesawat dari triplek, kawat baja, spon sandal, stiker motor, material yang ngga bisa terbang tapi kalo disusun sedemikian rupa sehingga bisa terbang, hmmmm...girangnya minta ampun... :ha3



dg belajar bareng2 disini. lama2 juga terbiasa utk itung meng itung, bahkan gak perlu pake rumus dan kalkulator lama2 dah apal patokan2nya

coba deh nanti rasa in sendiri, setelah itung2an diterapin, bakalan banyak penghematan yg dilakukan ( bobot, bahan, power set-up, dll), karakter pesawat yg dibuat akan sesuai dg target
Post Reply