Saya ingat pesawat Coro om Roni, WS 115 Chord 25 AUW 1500 berarti WL nya sekitar 52 gr/dm2 minggu lalu bisa terbang walaupun agak malu malu gitu deh. saya sempet ngojek dan memang rawan stall, sempet dive sebentar gara gara throttle saya turunin. Mengingat pesawat saya gak mungkin ngejar 25 gr/dm2 berarti saya harus tekan dibawah 50 gr/dm2 syukur syukur bisa sekitar 40 gr/dm2 atau AUW sekitar 1200 gram. karena kalau gak salah OS25LA thrust nya cuman sampai 1200 gram CMIIW
yoyonh wrote: Berarti sebetulnya bobot mati bisa sampai 1700 gram dong ya
kan itu thrust 60 % AUW baru itung2an thrust doang.. faktor lain : 1. wingloading 2. power loading
wingloading katakan di ambil 35 gr/dm2,nah utk power loading sendiri, utk bisa terbang, minimal 0,2 Watt/gr alo kedua hal diatas bisa dipenuhin ya pasti bisa terbang
bisa gak dapet 30 sampe 35 gr/dm2 ? kalo bisa, itu baru bener slow flyer , tapi jangan berharap slow flyer kayak WD ya hehehehehehee kunci terbang slow ya wingloading serendah mungkin ( kalo di elektrik ya kisaran 20 gr/dm2), lift sayap gede, stall speed rendah
kalo semakin semakin kalo saya, bisa terbang sudah seneng, bisa landing selamet seneng banget, kalo saya bisa membangun pesawat dari triplek, kawat baja, spon sandal, stiker motor, material yang ngga bisa terbang tapi kalo disusun sedemikian rupa sehingga bisa terbang, hmmmm...girangnya minta ampun...
wasiardhi wrote:kalo semakin semakin kalo saya, bisa terbang sudah seneng, bisa landing selamet seneng banget, kalo saya bisa membangun pesawat dari triplek, kawat baja, spon sandal, stiker motor, material yang ngga bisa terbang tapi kalo disusun sedemikian rupa sehingga bisa terbang, hmmmm...girangnya minta ampun...
dg belajar bareng2 disini. lama2 juga terbiasa utk itung meng itung, bahkan gak perlu pake rumus dan kalkulator lama2 dah apal patokan2nya
coba deh nanti rasa in sendiri, setelah itung2an diterapin, bakalan banyak penghematan yg dilakukan ( bobot, bahan, power set-up, dll), karakter pesawat yg dibuat akan sesuai dg target