om adhreena sudah benar ...
zaki wrote:1. tentang motor yg sudah di lilit ulang. nge TES performa ( sy sudah biasa llilit ulang dan tidak ada maslah..cuma 1 ini aja yg masalah..mungkin sy lupa ini yg berapa lilitan dan tebal tembaganya juga lupa )
KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal
SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas
kira2 kanapa ya om ..?
apa ada hubungannya dgn kabel batre yg terjepit karna tempat batre yg sempit...???2. jika kita lilit ulang motor ... ( di pakai pada pesawat yg sama )
a. jika JUMLAH LILITAN sama dgn ASLI nya tapi kawat lebih TEBAL/TIPIS 1 tingkat....apa yg berubah..? KV kah atau WATT atau apa ..?
b. jika TEBAL KAWAT sama dgn ASLI nya tapi lilitan di KURANGI / di tambah apa yg berubah ..? KV kah atau WATT atau apa ..?
3. menu ESC apa untuk mensetting supaya MOTOR berhenti saat TROTLE tertutup ..? karna yg saya milik jika kondisi terbang ..trotle CLOSE motor masih berputar softsementara itu dulu om...
maaf mungkin ini pertanyaan yg sangat clasic ..cuma sy bingung cari link yg pas nya...makasih sebelumnya

saya coba jawab tapi konseptual ya ...
om zaki harus bisa menyimpulkan sendiri jawaban akhirnya.
1. motor (normal) bisa panas karena (secara electric, bukan karena sengaja di taruh di atas kompor nyala lho ...):
a. tegangan lebih tinggi daripada desain nya. misal, motor di gulung untuk 6 volt, tapi di pakai pada 12V.
b. overload (beban lebih besar daripada seharusnya) yg di indikasikan oleh RPM yg terlalu rendah. normalnya, rpm ada di sekitar 80% kv nya. ini yg optimal.
2.
a. diameter kawat mempengaruhi resistansi motor. ini efeknya membuat motor cepat panas (kalau diameter kawat nya kecil).
semakin besar kawatnya semakin nggak panas. yg lain nggak berubah, kecuali watt
mungkin bisa turun kalau kawat kekecilan karena secara tidak langsung resistansi kawat yg besar akan mencegah daya yg masuk (dan ini otomatis akan menyebabkan kv nya nya turun). kawat
kebesaran tidak memperbesar watt. intinya : Watt = volt x ampere
Volt kan dari batt sedangkan ampere dari nilai induktansi (jumlah lilitan) dan juga resistansi kawat. kalau resistansi nya sudah kecil, ampere nya nggak akan berubah signifikan.
Idealnya, diameter kawat dibuat sebesar mungkin ... kalau perlu pake kawat dari emas/platinum ... kalau bisa malah pake super konduktor ...
b. jumlah lilitan ditentukan tegangan motor. semakin banyak lilitan, kv semakin rendah, tapi tegangan motor semakin besar.
dengan batt yg sama, maka rpm akan turun, daya juga akan turun.
motor yg sama, dg jumlah lilitan lebih sedikit tapi batt tetap, akan lebih tinggi RPM nya dan minta daya lebih besar karena sebenarnya tegangan motornya mengecil tapi diberi tegangan batt yg sama.
3. menu brake. harus di buat on. tapi ingat, ini akan bikin batt lebih boros karena saat throtle close motor tetap di beri daya untuk ngerem.