Motor-ESC-Batre HOT

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Motor-ESC-Batre HOT

Post by zaki »

malam om...
numpang nanya .. mohon maap jika pernah di bahas

pertanyaannya rombongan

1. tentang motor yg sudah di lilit ulang. nge TES performa ( sy sudah biasa llilit ulang dan tidak ada maslah..cuma 1 ini aja yg masalah..mungkin sy lupa ini yg berapa lilitan dan tebal tembaganya juga lupa )

KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal

SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas

kira2 kanapa ya om ..?
apa ada hubungannya dgn kabel batre yg terjepit karna tempat batre yg sempit...???



2. jika kita lilit ulang motor ... ( di pakai pada pesawat yg sama )
a. jika JUMLAH LILITAN sama dgn ASLI nya tapi kawat lebih TEBAL/TIPIS 1 tingkat....apa yg berubah..? KV kah atau WATT atau apa ..?
b. jika TEBAL KAWAT sama dgn ASLI nya tapi lilitan di KURANGI / di tambah apa yg berubah ..? KV kah atau WATT atau apa ..?

3. menu ESC apa untuk mensetting supaya MOTOR berhenti saat TROTLE tertutup ..? karna yg saya milik jika kondisi terbang ..trotle CLOSE motor masih berputar soft


sementara itu dulu om...
maaf mungkin ini pertanyaan yg sangat clasic ..cuma sy bingung cari link yg pas nya...makasih sebelumnya :deal :deal :pis
User avatar
adhreena
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 113
Joined: 13 Aug 2007, 07:21
Location: Yogyakarta

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by adhreena »

Newbee coba menjawab om sebatas yang saya tahu, mohon dimaafkan kalo salah.
1. Kalo kabel batre yg terjepit dan diperkirakan terjadi korslet, maka hanya batre yg akan panas, kalo esc dan motor ikut panas, sepertinya ada masalah dengan motornya.
2. Yg ini sepertinya nunggu suhu roji atau suhu christofel atau suhu" yg laen yg jawab. (Maklum saya blm paham betul)
3. Kalo menu di ESC pesawat saya belum pernah tahu, karena itu merupakan imbas dari hembusan angin yg mengenai propeler, kecuali pada ESC rc car yg dilengkapi dengan break.
Cmiiw, saya ikut menunggu penjelasan dr pakarnya juga
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by christoffel »

om adhreena sudah benar ...
zaki wrote:1. tentang motor yg sudah di lilit ulang. nge TES performa ( sy sudah biasa llilit ulang dan tidak ada maslah..cuma 1 ini aja yg masalah..mungkin sy lupa ini yg berapa lilitan dan tebal tembaganya juga lupa )

KEMARIN terbang dgn siswa ( makan 4 batre )..motor & ESC sebatas hangat saja dan warna tembaga masih kuning nOrmal

SEKARANG sy pakai terbang sendiri .. pas di batre ke 2 .. motor tersendat..setelah di landing...LILITAN Hangus ..ESC panas ..BATRE Panas

kira2 kanapa ya om ..?
apa ada hubungannya dgn kabel batre yg terjepit karna tempat batre yg sempit...???




2. jika kita lilit ulang motor ... ( di pakai pada pesawat yg sama )
a. jika JUMLAH LILITAN sama dgn ASLI nya tapi kawat lebih TEBAL/TIPIS 1 tingkat....apa yg berubah..? KV kah atau WATT atau apa ..?
b. jika TEBAL KAWAT sama dgn ASLI nya tapi lilitan di KURANGI / di tambah apa yg berubah ..? KV kah atau WATT atau apa ..?

3. menu ESC apa untuk mensetting supaya MOTOR berhenti saat TROTLE tertutup ..? karna yg saya milik jika kondisi terbang ..trotle CLOSE motor masih berputar soft


sementara itu dulu om...
maaf mungkin ini pertanyaan yg sangat clasic ..cuma sy bingung cari link yg pas nya...makasih sebelumnya :deal :deal :pis

saya coba jawab tapi konseptual ya ...
om zaki harus bisa menyimpulkan sendiri jawaban akhirnya.
1. motor (normal) bisa panas karena (secara electric, bukan karena sengaja di taruh di atas kompor nyala lho ...):
a. tegangan lebih tinggi daripada desain nya. misal, motor di gulung untuk 6 volt, tapi di pakai pada 12V.
b. overload (beban lebih besar daripada seharusnya) yg di indikasikan oleh RPM yg terlalu rendah. normalnya, rpm ada di sekitar 80% kv nya. ini yg optimal.

2.
a. diameter kawat mempengaruhi resistansi motor. ini efeknya membuat motor cepat panas (kalau diameter kawat nya kecil).
semakin besar kawatnya semakin nggak panas. yg lain nggak berubah, kecuali watt mungkin bisa turun kalau kawat kekecilan karena secara tidak langsung resistansi kawat yg besar akan mencegah daya yg masuk (dan ini otomatis akan menyebabkan kv nya nya turun). kawat kebesaran tidak memperbesar watt. intinya : Watt = volt x ampere
Volt kan dari batt sedangkan ampere dari nilai induktansi (jumlah lilitan) dan juga resistansi kawat. kalau resistansi nya sudah kecil, ampere nya nggak akan berubah signifikan. Idealnya, diameter kawat dibuat sebesar mungkin ... kalau perlu pake kawat dari emas/platinum ... kalau bisa malah pake super konduktor ...
b. jumlah lilitan ditentukan tegangan motor. semakin banyak lilitan, kv semakin rendah, tapi tegangan motor semakin besar.
dengan batt yg sama, maka rpm akan turun, daya juga akan turun.
motor yg sama, dg jumlah lilitan lebih sedikit tapi batt tetap, akan lebih tinggi RPM nya dan minta daya lebih besar karena sebenarnya tegangan motornya mengecil tapi diberi tegangan batt yg sama.

3. menu brake. harus di buat on. tapi ingat, ini akan bikin batt lebih boros karena saat throtle close motor tetap di beri daya untuk ngerem.
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by ahmadbenny »

Super sekali om cristoffel..............saya mo tanya juga nh om,heli saya pake motor 3550kv,esc pake 40a,pinion 11T,esc terkadang panas,terkadang cuma hangat,kra2 apanya om yang bermasalah...........terima kasih :pyg :pyg
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by christoffel »

wahduh, iya juga ya, yg diatas baru untuk motor panas.
ok, ini untuk yg lain nya

esc panas : arus yg ke motor terlalu besar.
batt panas : arus yg keluar dari batt terlalu besar.

tidak ada lagi penyebab lainnya. jadi silahkan diperiksa kembali sesuai penyebab di atas..
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by Budiman »

Nambahin dikit,
ESC panas bisa juga disebabkan oleh proses pendinginan yg tidak optimal serta untuk kebanyakan kasus pada heli EP 450 adalah prosentase throttle curve yg tidak sesuai dg pitch curve main blade
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by zaki »

:plk :plk

super sekali om.... menambah pengetahuan ...



jika masih ada yg mau menambahkan silakan..bia makin ngelotok seputar motor esc dan batre :ide
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by ahmadbenny »

Budiman wrote:Nambahin dikit,
ESC panas bisa juga disebabkan oleh proses pendinginan yg tidak optimal serta untuk kebanyakan kasus pada heli EP 450 adalah prosentase throttle curve yg tidak sesuai dg pitch curve main blade

Ideal'y yang lebih besar yang mana suhu......??? :htg :htg pitch curve atau throtel curve,atau sama nilainya antara pitch sama throtel curve......???? :thx :thx :thx
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by Budiman »

ahmadbenny wrote:
Budiman wrote:Nambahin dikit,
ESC panas bisa juga disebabkan oleh proses pendinginan yg tidak optimal serta untuk kebanyakan kasus pada heli EP 450 adalah prosentase throttle curve yg tidak sesuai dg pitch curve main blade

Ideal'y yang lebih besar yang mana suhu......??? :htg :htg pitch curve atau throtel curve,atau sama nilainya antara pitch sama throtel curve......???? :thx :thx :thx

Sekarang berapa throttle curve dan berapa degree pitch main blade Anda,Om?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Motor-ESC-Batre HOT

Post by christoffel »

Budiman wrote:Nambahin dikit,
ESC panas bisa juga disebabkan oleh proses pendinginan yg tidak optimal serta untuk kebanyakan kasus pada heli EP 450 adalah prosentase throttle curve yg tidak sesuai dg pitch curve main blade

ini juga benar, tapi sebenarnya sama saja penyebab asal nya karena arus ke motor terlalu besar.
yg saya tebalkan di atas itu menyebabkan motor overload sehingga menarik arus terlalu besar.
ini sebab nya saya minta om zaki menyimpulkan sendiri, karena saya kan nggak lihat pesawatnya.
Post Reply