christoffel wrote:kalau untuk nyabut yg sudah pasti rusak sih bisa pake solder biasa, malah ada yg bisa cabut hanya pake korek api (sumpah, saya lihat sendiri). untuk pasangnya memang ada solder khusus yg pake angin panas (bukan uap). sayang sekali kantor saya lagi libur, jadi nggak bisa foto barang nya .... ini ada gambar dari google
agak susah kalau nggak biasa om. mending minta tolong ke tukang service HP, ini yg saya pernah lihat sendiri tukang service HP nya cewe, ganti IC SMD nya cuman pake korek gas, dan berhasil ...
untuk mengetahui mosfet yg sdh hangus/rusak gimana caranya om chris...??
ini yg agak sulit. perlu sedikit pengetahuan elektronik, minimal tahu cara kerja mosfet. secara gampang nya, dilihat dulu visual nya hangus atau nggak. kalau nggak ada tanda2 visual, bisa di cek saat running apakah di output yg bersangkutan ada keluar pulsa. yg paling mantap, cabut mosfetnya, cari data nya lalu di test. untuk mosfet tipe N, kaki source nya di sambung ke ground, kaki gate nya diberi tegangan minimal 5V, lalu diukur resistansi antara kaki source dan drain nya harus jadi impedansi rendah. untuk tipe P kaki gate nya diberi tegangan -5V atau lebih rendah.
Waduuh..kalo bicara soal elektronik, apalagi soal bongkar membongkar ilmu sy blum nyampe om.... terpaksa dech ESC yg udah ada 4 yg rusak langsung di LEMBIRU aja...
Om BG ini sebagian koleksi Solder Angin saya kebetulan sedikit bisa utak atik HP. tp blm pernah bongkar ESC krn blm pernah ada yg rusak hee
ada beberapa type Hot Blower dari yg mulai buat bongkar IC sampe bongkar Conector plastik dimana plastik tidak leleh tpi timah leleh (aneh sih memang tpi itu adanya, awalnya sy juga heran, knp timah leleh tp plastik malah ga leleh) mungkin suhu crist lebih bs detail menerangkan monggo...
mandiridjaya wrote:Om BG ini sebagian koleksi Solder Angin saya kebetulan sedikit bisa utak atik HP. tp blm pernah bongkar ESC krn blm pernah ada yg rusak hee
ada beberapa type Hot Blower dari yg mulai buat bongkar IC sampe bongkar Conector plastik dimana plastik tidak leleh tpi timah leleh (aneh sih memang tpi itu adanya, awalnya sy juga heran, knp timah leleh tp plastik malah ga leleh) mungkin suhu crist lebih bs detail menerangkan monggo...
Wuiiih...asyik juga ya kalo punya kelengkapan alat kayak Om MJ...bisa bongkar ini itu...hehehehe
galih sundayana wrote:berawal dari niat mengganti konektor batrey yang baru dibeli.. lalu saya gunting kabelnya dan kelalaian pun terjadi,,,dua kabel terkoneksi oleh gunting,,,,hasilnya... batrey mati dan esc mngeluarkan bau terbakar dan tidak berfungsi.... penasaran dengan kejadian tersebut,saya bongkar batrey nya dan ternyata,salah satu lempengan di salah satu sel ada yg terputus (maaf belum tau apa namanya).. sayang dengan batrey baru yang sama sekali belum terpakai,,akhirnya saya coba untuk memperbaiki dengan cara mensolder bagian yg putus tadi,,,lalu saya bungkus lagi seadanya saya tes batrey nya ke dinamo tamiya,,,dan ternyata hidup... tp saya masih belum berani coba pasang di pesawat bikinan saya,takut esc nya kebakar lagi... untuk suhu2,,mohon pendapatnya,,,apakah batrey ini aman untuk digunakan???
waduh sama om ane pernah kejadian spt ini cuma wkt itu ane blm keracunan aero,msh di hoby laen yg sama2 memakai baterai yg sama, tp baterai ane selamet kok, kurang tau kl di esc nya, maklum newby di hoby ini om, maaf jg kl ada yg salah dipenulisan ane