botakkeramat wrote:nganu om suhu unding maaf pertanyaan nya dasar bgt jgn diketawain wkwkkwkw untuk fuel yang dipake apa om ? trus untuk buat mancing api di combustion chamber nya apa pake spark plug ato glow plug ato yg lain nya om ? maaf skali lg pertanyaan nya aneh2
fuel mungkin pake kerosen, utk igniter iya bisa pake glow pulg biasa aja (itu yg saya liat di mikro turbin buatan pabrikan)
kerosene kalo di indonesia jadi apa ..kalo bensin yg tipe mana premium atau yg pertamax.atau etanol.ada juga yg pake gas semacam elpiji juga.penyalaan ada juga yg dibakar lewat pembuangan/nosselnya lalu nunggu mesin panas dan bekerja sempurna
iwan21 wrote: fuel mungkin pake kerosen, utk igniter iya bisa pake glow pulg biasa aja (itu yg saya liat di mikro turbin buatan pabrikan)
wuihh trus kalo untuk pelumasan nya pake oli biasa ya suhu ?
@suhu unding : kalo sudah jadi n mau diproduksi massal bisikin harganya dong haahhaa mau saya pajang n skalian tiap pagi di panesin wkakaakkaa soalnya nerbangin belum brani
Kondisi kesehatan sdh mulai membaik , coba lanjutkan lagi progres turbinnya.
Exhaust, front cover dan housing
Setelah dirangkai hasilnya seperti ini
Untuk uji coba nanti belum menggunakan pompa fuel (belum bikin) dan gantinya pakai tabung bekas gas butane yg diisi dgn fuel dan diberi udara bertekanan untuk mendorong bahan bakar.
Untuk starting tetap menggunakan gas butane sebagai pemanas awal sebelum fuel (kerosin) di injeksikan.
Mudah2an masih ada stock minyak tanah dijual di Makassar hingga enginenya sdh bisa test run
unding wrote:Mudah2an masih ada stock minyak tanah dijual di Makassar hingga enginenya sdh bisa test run
Mantafff, jangan lupa minyak tanahnya disaring pake kain halus supaya gak ada kotoran yg bikin mampet fule line
Betul suhu, cuman yg bikin saya ragu adalah bearingnya (belum keramic) jangan sampai enginenya minta rpm sekitar 100.000 baru bisa running/idle artinya bearingnya sdh rontok
unding wrote: Betul suhu, cuman yg bikin saya ragu adalah bearingnya (belum keramic) jangan sampai enginenya minta rpm sekitar 100.000 baru bisa running/idle artinya bearingnya sdh rontok
semangat suhu, test aja dulu sambil monitor rpm dan liat pembakaran udah terjadi apa belum pada rpm yg masih ditolerir bearing non keramik. kalopun belom berhasil, kan gak sia2 semua percobaannya, kendala kan udah tau apa aja yg mesti diperbaikin lagi. Juga apakah exhust nozzle nantinya tahan terhadap temperatur gas buangnya.
Anu ketinggalan pertanyaan, itu kompresor sama turbin bladenya udah dibalance belum ya ( statik dan dinamik), agak ngeri juga kalo rpm diatas 40.000 gak dibalance